4 Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak dengan Mudah

4 Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak dengan Mudah

Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak
Tips dan Trik

Tidak jarang kursor pada laptop tiba-tiba mengalami error sehingga Anda perlu memahami cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak untuk dapat memperbaikinya sendiri. Kursor merupakan sebuah penunjuk kecil yang ada pada layar monitor dan dapat digerakkan dengan menggunakan touchpad atau mouse.

Ketika kursor tidak dapat bergerak tentunya Anda tidak dapat menggunakan laptop karena kursor merupakan komponen salah satu komponen yang paling penting untuk dapat membawa Anda menjelajahi apa yang ada di bergerak?

Apa Penyebab Kursor Mouse Tidak Bergerak pada Laptop?

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak, Anda perlu mengetahui beberapa penyebabnya terlebih dahulu. Penyebab kursor laptop tidak dapat bergerak bisa dikarenakan oleh faktor internal dan juga eksternal. Adapun penyebab kursor laptop tidak bergerak adalah sebagai berikut:

  • Fungsi touchpad yang ada pada function keys belum diaktifkan
  • Terjadi error pada sistem operasi laptop
  • Driver touchpad atau mouse belum di-update
  • Mouse belum terpasang dengan betul
  • Terjadi kerusakan komponen pada touchpad atau mouse
  • Touchpad laptop yang kotor

Bagaimana Cara Memperbaiki Kursor Laptop Tidak Bergerak Dengan Efektif?

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab kursor laptop tidak bergerak, maka berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai cara mengatasinya, yaitu:

1. Periksa Mouse Eksternal Anda

Jika Anda menggunakan mouse eksternal atau USB, coba periksa terlebih dahulu perangkat tersebut. Caranya adalah Anda tinggal mencabut mouse eksternal tersebut dan menggunakan touchpad laptop.

Jika kursor laptop masih bergerak saat menggunakan touchpad, berartinya penyebab kursor laptop yang tidak bergerak ada pada mouse eksternal Anda.

Segera ganti mouse eksternal Anda dengan yang baru.

2. Bersihkan Touchpad Laptop

TouchpadF
laptop harus dibersihkan secara berkala agar tidak terjadi penumpukan kotoran yang dapat menghilangkan sensitifitas sentuhan jari Anda. Cara untuk membersihkannya sangat mudah sekali. Anda bisa menggunakan kuas kecil untuk membersihkan bagian sela-sela touchpad dan untuk bagian touchpad itu sendiri bisa dengan menggunakan kain lap bersih.

Anda juga bisa menambahkan sedikit alkohol untuk mengusap permukaan touchpad agar kuman dan bakteri dapat mati, khususnya di tengah masa pandemi saat ini yang mengharuskan Anda untuk ekstra dalam menjaga kebersihan.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

3. Mengaktifkan Kembali USB Mouse

Apabila Anda menggunakan mouse USB atau wireless, maka bisa saja penyebab kursor laptop tidak bergerak akibat USB mouse tersebut tidak terbaca. Jika demikian, silakan cabut USB terlebih dahulu kemudian sambungkan lagi dengan perangkat laptop Anda. Bagi Anda yang menggunakan mouse wireless, pastikan mouse yang digunakan masih memiliki baterai.

4. Lakukan Update untuk Driver Mouse

Salah satu hal yang bisa saja menimbulkan error pada kursor laptop Anda adalah dikarenakan error pada driver mouse. Anda bisa mendapatkan software untuk driver mouse melalui website resmi merek serta spesifikasi laptop yang digunakan. Anda cukup melakukan download dan kemudian instal software tersebut, setelahnya driver mouse tersebut akan langsung terbaca otomatis oleh laptop Anda.

5. Periksa Mouse Properties

Salah satu penyebab utama kursor tidak bergerak adalah karena pengaturan. Untuk mengatasinya, buka control panel lalu masuk pada menu ‘Hardware and Sound’.

Dalam menu tersebut, pilih ‘Mouse’ lalu masuk ke tab ‘Device Settings’. Di sana, Anda akan menemukan nama device ‘Synaptics’ atau ‘Touchpad’.

Pilih ‘Enable’, ‘Apply’, lalu klik ‘OK’

Baca juga: 5 Cara Mematikan Touchpad Pada Laptop dengan Mudah

6. Perhatikan Tombol Fungsi Pada Laptop

Keyboard laptop memiliki banyak tombol fungsi terpasang. Anda cukup menekan tombol FN dengan tombol kombinasi lainnya untuk mengatur laptop Anda.

Salah satunya adalah tombol pengaturan touchpad. Tombol ini biasanya berfungsi untuk menyalakan atau mematikan touchpad laptop.

Untuk mengatasi kursor laptop yang tidak bergerak, Anda tinggal mencari tombol yang berfungsi untuk mengatur touchpad. Tombol ini biasanya terletak pada tombol F7 dan F9. Untuk menyalakan touchpad laptop, tekan tombol FN + F7 atau F9 sesuai dengan pengaturan tombol di keyboard laptop Anda.

7. Bawa Ke Service Center

Masalah kursor yang tidak dapat bergerak pada laptop mayoritas terjadi akibat permasalahan pada touchpad. Namun, apabila kerusakan pada touchpad sudah parah, Anda tidak dapat membiarkan begitu saja dengan menggunakan mouse USB ataupun wireless. Anda harus segera membawa laptop tersebut ke service center.

Touchpad yang rusak dan dibiarkan begitu saja mempunyai potensi untuk merusak perangkat komputer lain. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda menservis laptop tersebut terlebih dahulu dan bila laptop tersebut masih memiliki garansi aktif, maka Anda bisa memanfaatkannya.

Baca juga: 5 Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop

Gunakan Laptop Darurat dari Indorental untuk Kebutuhan Mendesak

Ketika laptop Anda harus diservis, maka tentunya proses servis membutuhkan beberapa waktu. Jika ketiga cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak di atas tidak membuahkan hasil dan Anda membutuhkan laptop saat ini juga, silakan hubungi Indorental untuk menggunakan jasa sewa laptop Jakarta yang bisa digunakan ketika laptop Anda sedang berada di service center.

Baca juga: 4 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard