Simak 7 Cara Memperbaiki Mouse yang Tidak Bisa Bergerak dan Penyebabnya!

Simak 7 Cara Memperbaiki Mouse yang Tidak Bisa Bergerak dan Penyebabnya!

cara memperbaiki mouse yang tidak bisa bergerak
Tips dan Trik

Rasanya pasti kesal saat hendak menyelesaikan sebuah pekerjaan yang membutuhkan waktu cepat dan kehadiran mouse yang selama ini sangat membantu kinerja Anda mendadak tidak berfungsi semestinya. Memang terbilang sedikit susah jika Anda harus mengandalkan touchpad yang ada pada laptop saja. Lantas bagaimana cara memperbaiki mouse yang tidak bisa bergerak?

Jangan panik, coba ketahui beberapa hal yang dapat menjadi penyebab mouse rusak. Sehingga Anda juga dapat menjadi paham soal cara memperbaiki mouse yang tidak bisa bergerak menjadi kembali normal lagi. Yuk, baca selengkapnya lewat artikel kali ini!

Apa Saja Penyebab Mouse yang Tidak Bisa Bergerak?

Secara tiba-tiba mouse milik Anda tidak dapat bergerak padahal sudah menyala? Tenang, jangan panik terlebih dahulu ya. Kenali beberapa penyebabnya di bawah ini: 

1. Port USB Tidak Kompatibel

Penyebab mouse tidak dapat bergerak salah satunya adalah karena port usb yang berbeda tipe. Hal ini mempengaruhi terhalangnya satu port untuk terhubung dengan port yang lainnya. Sehingga, mengakibatkan kursor pada mouse Anda tidak berfungsi semestinya. Seperti yang diketahui juga bahwa port USB memiliki beberapa tipe. Jadi, pastikan Anda telah menggunakan port yang sesuai ya.

2. Ada Kabel Mouse yang Putus

Pastinya di dalam mouse terdapat berbagai komponen yang berfungsi untuk mendukung proses bekerjanya dari perangkat satu ini. Salah satunya ialah kehadiran kabel. Perlu Anda ketahui juga soal kabel yang ada di perangkat mouse terdiri dari empat kabel yang memiliki fungsi berbeda antara satu sama lain. Kabel warna merah adalah kabel power, lalu warna putih dan hijau adalah kabel data, dan warna hitam yang berfungsi sebagai ground

Apabila masalah yang Anda alami adalah mouse sudah dalam kondisi menyala namun tidak berfungsi bisa jadi hal tersebut disebabkan karena adanya salah satu kabel data yang putus. 

3. Fungsi Optical Rusak

Pasti sudah tidak asing bukan melihat mouse yang dapat tersambung tanpa menggunakan kabel ke PC atau komputer? Memang saat ini telah banyak mouse yang mulai menggunakan sistem optik berupa sinar infrared untuk mendeteksi pergerakan. 

Nah, jika fungsi optik pada infrared mengalami kerusakan, maka sudah bisa dipastikan bahwa kursor tidak akan bisa bergerak. Pada kasus ini biasanya lebih mudah dikenali karena tombol klik dan scroll masih bisa berfungsi normal. 

4. Port Usb Komputer/Laptop Rusak

Penyebab kursor pada mouse yang tidak berfungsi bukan selalu tandanya mengalami kerusakan ya. Melainkan bisa jadi port USB pada komputer atau laptop Anda yang justru mengalami kerusakan. Hal ini tentu akan membuat mouse tetap sanggup menyala namun tidak berfungsi. Sebab, bagian power masih mengalirkan arus.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Dengan Mudah

Bagaimana Cara Memperbaiki Mouse yang Tidak Bisa Bergerak?

Jangan langsung beranggapan jika mouse Anda tidak bisa berfungsi semestinya langsung dianggap rusak total. Anda masih bisa mencoba sederet cara di bawah ini untuk memperbaikinya : 

1. Cek Konektivitas USB

Langkah pertama untuk mengatasi kursor tidak bergerak melalui mouse jika mendadak rusak adalah Anda bisa melakukan pengecekan terhadap konektivitas USB terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Cukup mudah, Anda dapat mencabut dan memasang kembali kabel mouse ke laptop. Lalu lihat, apakah mouse Anda sudah berhasil bergerak atau belum. Namun, apabila masih saja tidak bisa, cara lain yang patut Anda coba ialah memasangkan mouse pada port USB lain. 

2. Aktifkan Mouse

Jika secara tiba-tiba kursor mouse Anda tidak dapat digerakkan pada laptop atau komputer, jangan panik. Coba lakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan lihat apakah perangkat mouse sudah berhasil diaktifkan atau belum. Aktifkan mouse dengan langkah-langkahnya berikut ini :

  • Buka control panel lalu pilih mouse.
  • Lalu, arahkan ke sebelah kanan, tepatnya ke tab akhir. Kemudian, pastikan apakah perangkat sudah aktif atau belum.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Layar Laptop Bergerak Sendiri?

3. Cek Mouse Properties

Mouse yang tidak berfungsi bisa juga disebabkan oleh pengaturan mouse laptop yang belum tersambung. Untuk menyambungkannya, Anda dapat mencoba langkah-langkah ini:

  • Klik tombol Windows lalu pilih Start Menu.
  • Ketikkan Control Panel dan klik Hardware and Sound
  • Pilih bagian Mouse dan masuk ke tab Device Settings
  • Pilih Enable kemudian klik Apply
  • Terakhir, klik OK untuk menyimpannya 

4. Uninstall Driver Touchpad

Jika beberapa cara memperbaiki mouse laptop di atas tadi masih saja belum berhasil, maka Anda bisa mencoba cara yang satu ini. Cobalah untuk uninstall driver touchpad. Berikut caranya:

  • Arahkan pada kolom search start menu, lalu ketik device manager dan buka.
  • Klik bagian driver touchpad.
  • Lalu klik bagian kanan driver, kemudian pilih uninstall.

Dapat dikatakan cara ini cukup efektif dan aman dalam mengatasi masalah mouse Anda ketika tidak bisa bergerak. Karena setelah dilakukannya restart maka driver touchpad akan secara otomatis terinstall ulang.

5. Periksa Enhance Pointer Precision

Enhance pointer precision adalah opsi pada laptop atau komputer yang dirancang untuk meningkatkan responsivitas gerakan kursor di layar. Namun, pada beberapa laptop, fitur ini dapat mengakibatkan masalah dengan gerakan kursor yang tidak optimal.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mematikan opsi enhance pointer precision. Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur tersebut:

  • Cari “Control Panel” di kolom Search pada taskbar laptop.
  • Klik menu “Hardware and Sound”.
  • Pilih opsi “Mouse”.
  • Buka tab “Pointer Options”.
  • Di bagian kotak “Motion”, Anda akan menemukan opsi “Enhance pointer precision”.
  • Hapus centang pada opsi “Enhance pointer precision”, lalu klik “OK”.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Not Responding dengan Mudah pada Aplikasi

6. Gunakan Fitur Troubleshoot

Troubleshoot merupakan fungsi yang bertujuan untuk menemukan dan mengatasi beragam masalah yang mungkin terjadi pada laptop. Fungsinya juga dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki masalah kursor yang tidak dapat bergerak.

Anda dapat menggunakan fitur troubleshoot untuk mengidentifikasi penyebab ketidakmampuan kursor bergerak dengan mencari “Troubleshoot Settings” melalui kolom pencarian. Kemudian, pilih “Hardware and Devices” dan jalankan troubleshooter.

Setelah proses pemindaian selesai, layar akan menampilkan daftar masalah terkait perangkat keras di laptop.

7. Update Driver Mouse

Driver mouse yang rusak sering menjadi penyebab utama kursor mouse yang tidak bergerak. Jika mengalami masalah ini, disarankan untuk secara rutin memperbarui driver mouse di laptop Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbarui driver mouse:

  • Cari “Device Manager” menggunakan kolom pencarian di taskbar laptop.
  • Klik “Mice and other pointing devices”.
  • Pilih tab “Driver”.
  • Klik “Update Driver”.
  • Jika Anda belum memiliki software driver pada laptop, pilih “Search automatically for drivers”. Tetapi, jika sudah memiliki software driver pada laptop, pilih opsi “Browse my computer for drivers”.

Demikian penjelasan cara memperbaiki mouse yang mendadak tidak dapat bergerak dan apa yang menjadi penyebabnya. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda, ya!

Apakah Anda membutuhkan perlengkapan teknologi dengan kualitas yang terjamin namun harga tidak membuat menangis? Tentunya, Anda bisa menyerahkan semua keinginan tersebut kepada IndoRental, perusahaan dengan fokus pada bidang IT dan memberikan pelayanan terkait sewa berbagai perangkat teknologi. 

Sesuaikan juga spesifikasi perangkatnya berdasarkan kebutuhan dan keinginan Anda. Yuk, segera hubungi tim IndoRental untuk mendapatkan konsultasi gratis dan layanan sewa yang mudah sekaligus cepat!