5 Cara Membuat Proyektor Sederhana Tanpa Kaca Pembesar

5 Cara Membuat Proyektor Sederhana Tanpa Kaca Pembesar
Tips dan Trik

Apakah Anda mengetahui cara membuat proyektor sederhana tanpa kaca pembesar? Ya, sebenarnya Anda bisa membuat proyektor sederhana sendiri di rumah untuk digunakan menonton berbagai video dan film melalui smartphone.

Seluruh cara yang diberikan di bawah ini sebaiknya Anda lakukan secara keseluruhan agar hasil yang didapatkan semakin maksimal dan sesuai keinginan. Tanpa perlu berlama-lama lagi, inilah cara membuat proyektor sederhana di rumah tanpa kaca pembesar.

Cara Membuat Proyektor Sederhana Tanpa Kaca Pembesar

Ada lima cara untuk bisa membuat proyektor sederhana tanpa kaca pembesar. Pada dasarnya, peran kaca pembesar dalam sistem kerja proyektor sangatlah penting. Kaca pembesar ini membuat gambar yang ditampilkan ke layar atau dinding menjadi semakin besar dan lebar. Namun jika tidak memiliki kaca pembesar, Anda tetap bisa membuat proyektor.

1. Siapkan Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Untuk memulai proses pembuatan proyektor sederhana, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan:

  • Kotak sepatu
  • Bohlam lampu
  • Smartphone
  • Kertas karton hitam
  • Cutter
  • Pensil/pulpen
  • Tang
  • Double tape
  • Casing smartphone
  • Air
  • Lem

Seluruh alat dan bahan di atas harus Anda persiapkan agar proses pembuatan proyektor sederhana ini berjalan lancar. Saatnya melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Mulai Potong Kotak Sepatu

Kotak sepatu menjadi medium utama dari proyektor sederhana ini. Anda bisa mulai mempersiapkan kotak sepatu yang sudah tidak digunakan. Potong bagian samping kotak sepatu menyerupai bentuk bohlam lampu. Tempelkan saja bohlam lampu itu lalu berikan garis menggunakan pulpen agar bisa menyerupai bentuknya. Kemudian potong sesuai garis menggunakan cutter sehingga bohlam lampu itu dapat muat di dalamnya. Namun jangan langsung memasang bohlam lampu di dalamnya. Lapisi dulu kotak sepatu dengan seluruh kertas karton hitam.

Baca juga: cara membuat background panggung dengan proyektor

3. Siapkan Bohlam Lampu

Jika kotak sepatu sudah terlapisi dengan sempurna, baru Anda pasang bohlam lampu di posisinya dengan lem. Tapi ada satu hal yang harus Anda lakukan terlebih dulu. Apa itu? Lepaskan tutup lampu yang merupakan bagian kelistrikannya. Pastikan semuanya terlepas, termasuk bagian di dalam bohlam. Lakukan ini menggunakan tang. Dengan hasil ini, bohlam akan diisi oleh air sebagai medium proyektor nanti.

Bohlam lampu yang sudah terbuka sekaligus sudah memiliki tempat yang pas di kotak sepatu bisa Anda pasangkan menggunakan lem. Tunggu hingga semuanya kering.

4. Memanfaatkan Tutup Kotak Sepatu

Kotak sepatu pasti memiliki tutup yang dapat Anda manfaatkan untuk menjadi dudukan dari smartphone. Potong kotak sepatu dengan ukuran sedikit lebih besar dari smartphone Anda. Kemudian lapisi dengan karton hitam.

Agar smartphone bisa terpasang dengan baik di tutup kotak sepatu itu, gunakan double tape untuk memasang casing smartphone. Jika sudah, maka Anda dapat menaruh smartphone di dalam casing tanpa harus terjatuh.

5. Siapkan Seluruh Peralatan yang Telah Dibuat

Sekarang waktunya menyiapkan seluruh peralatan yang telah dibuat. Letakkan smartphone di dalam casing, lalu siapkan juga video yang ingin dimainkan. Anda bisa meletakkannya di dalam kotak sepatu. Tentunya mengarah ke bohlam lampu. Namun jangan lupa juga untuk mengisi bohlam lampu dengan air.

Kemudian matikan lampu ruangan dan selamat, Anda telah membuat proyektor sederhana di rumah. Mudah, bukan?

Jika memang Anda membutuhkan proyektor dengan kualitas terbaik, khususnya untuk kebutuhan perkantoran hingga pameran, jangan ragu untuk menghubungi IndoRental. Anda bisa menyewa proyektor sesuai kebutuhan dengan mudah di sini. Dengan informasi cara membuat proyektor sederhana tanpa kaca pembesar, kunjungi sewa proyektor Jakarta dari IndoRental sekarang juga.

Baca juga: cara membersihkan lensa proyektor