Cara Membuat Link WA untuk Disematkan pada Bio Instagram

cara-membuat-link-wa
Tips dan Trik

Cara membuat link WA atau WhatsApp seperti pada biodata Instagram Business ternyata sangatlah mudah. Hanya dengan sebuah link, pelanggan Anda dapat langsung terhubung dengan WhatsApp Anda tanpa harus menyimpan kontak bisnis Anda terlebih dahulu. Lebih hebatnya lagi, link WhatsApp ini juga bisa menyimpan pesan otomatis Anda. Jadi ketika ada pelanggan yang mengunjungi link WhatsApp Anda, mereka akan langsung terhubung dengan WhatsApp bisnis Anda dan juga mereka akan langsung mendapatkan pesan otomatis seperti pesan selamat datang ataupun form pemesanan apabila Anda merupakan pemilik online shop.

Cara Membuat Link WA

Membuat link WhatsApp sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan nomor WhatsApp yang digunakan untuk bisnis Anda dan juga pesan otomatis jika ingin menambahkannya. Berikut ini 2 cara membuat link WhatsApp yang dapat Anda ikuti.

1. Membuat Link WhatsApp Melalui Link Generator

Ada banyak website link generator yang dapat Anda gunakan untuk membuat link WhatsApp bisnis Anda. Beberapa website link generator yang dapat Anda gunakan adalah sebagai berikut:

Anda bisa menemukan website untuk membuat link WhatsApp generator lainnya melalui mesin pencari. Dengan menggunakan website link generator, biasanya website-website tersebut memberikan opsi untuk Anda melakukan custom link seperti: websitelinkgenerator.com/NamaBisnisAnda. Mudah dan menarik, kan

2. Membuat Link WhatsApp Melalui WhatsApp Langsung

Cara kedua yang bisa Anda lakukan, jika Anda tidak ingin melalui website link generator, Anda bisa menggunakan WhatsApp langsung untuk membuat link WhatsApp bisnis Anda. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengisi nomor telepon Anda pada bagian akhir url berikut ini:

“https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorWhatsAppBisnisAnda”

Sebagai contoh, Anda tinggal mengisi nomor WhatsApp bisnis Anda seperti ini:

“https://api.whatsapp.com/send?phone=0821987654321”

Hal yang perlu Anda ingat dalam memasukkan nomor WhatsApp Anda pada link di atas adalah jangan menggunakan strip pada nomor Anda seperti ‘0821-987-654-321’ karena hal tersebut akan membuat link WhatsApp menjadi tidak berfungsi. Link di atas merupakan link WhatsApp dengan halaman kosong, tanpa pesan otomatis.

Nah, jika Anda ingin menambahkan pesan otomatis, Anda bisa menggunakan format link berikut ini:

“https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorWhatsAppBisnisAnda&text=PesanOtomatisAnda”

Sebagai contoh jika Anda ingin menyematkan pesan otomatis seperti:

“Selamat datang di WhatsApp PT.IndoRental
Ada yang bisa kami bantu?”

Maka bentuk link yang dapat Anda buat adalah:

“https://api.whatsapp.com/send?phone=0821987654321&text=Selamat%20datang%20di%20WhatsApp%20PT.IndoRental%0AAda%20yang%20bisa%20kami%20bantu?”

Anda perlu menggunakan %20 sebagai spasi dan %0A sebagai enter dalam membuat pesan otomatis pada link di atas. Lalu, setelah link tersebut selesai dibuat, Anda perlu menyingkat link WhatsApp bisnis Anda dengan menggunakan bit.ly. Anda perlu menyingkat link WhatsApp bisnis Anda karena keterbatasan karakter pada bio Instagram. Bit.ly dapat mempersingkat seluruh link WhatsApp bisnis Anda seperti di atas menjadi bit.ly/kodeunik atau Anda bisa mengganti kode unik dari bit.ly sesuai yang Anda inginkan.

Link WhatsApp Bisnis Anda Siap Disematkan pada Bio Instagram Anda

Setelah Anda selesai dalam membuat link WhatsApp bisnis Anda, Anda tinggal meng-copy link WhatsApp Anda pada bagian website di bio Instagram Anda. Mudah sekali, kan? Dengan informasi cara membuat link WA dan ternyata juga memerlukan tablet yang dapat mendukung kegiatan bisnis, Anda dapat melakukan sewa tablet di IndoRental dengan harga yang terjangkau dan tentunya kualitas terjamin.