Bagaimana Cara Membuat Link Google Drive untuk Dishare?

Bagaimana Cara Membuat Link Google Drive untuk Dishare?

cara membuat link google drive
Tips dan Trik

Di masa pandemi ini, seluruh aktivitas sehari-hari kita baik yang sedang bersekolah, kuliah, ataupun bekerja banyak melibatkan Google Drive yang digunakan untuk menyimpan hasil pekerjaan untuk kemudian dibagikan kepada orang lain. Namun, tidak jarang orang yang masih belum paham mengenai cara membuat link G-Drive.

Biasanya, setelah seluruh tugas dan pekerjaan telah selesai dikerjakan, maka file akan disimpan ke dalam Google Drive entah dalam bentuk file satuan ataupun folder. Kemudian, Anda hanya perlu menyalin link dari file atau folder tersebut dan siapapun yang menerima link tersebut dapat mengakses data yang ada di dalamnya.

Menyimpan hasil tugas atau pekerjaan melalui Google Drive juga dinilai lebih mudah dan efisien dibandingkan jika Anda harus mengirimkannya melalui email. Hal ini dikarenakan Google Drive memiliki berbagai fitur yang sangat berguna dan tentunya memudahkan siapapun, khususnya di masa pandemi yang mengharuskan semua orang untuk bekerja secara online.

Lalu, bagaimana cara membuat link G – Drive tersebut? Apakah sulit untuk membuat link Google Drive yang ingin dibagikan kepada orang lain?

Melalui artikel ini, IndoRental akan membantu Anda dengan memberikan panduan lengkap mengenai cara membuat link G – Drive. Silakan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Tahapan Cara Membuat Link GDrive

Dalam membuat link Google Drive, setidaknya ada 3 tahapan yang perlu Anda lakukan, yakni:

1. Membuat Link

Pertama-tama, untuk membuat link, Anda bisa langsung menuju ke file atau folder yang ada di dalam Google Drive. Selanjutnya, Anda bisa pilih bagian ‘Share’ atau ‘Bagikan’ dan nanti akan muncul bagian link yang bisa diambil.

Selain melalui bagian ‘Share’ tersebut, sebenarnya Anda bisa saja langsung menyalin link pada kolom URL browser. Namun, tentu akan lebih baik apabila Anda melalui bagian ‘Share’ agar dapat melakukan beberapa pengaturan sebelum link tersebut dibagikan.

Baca juga: Cara Membuat Link Google Meet dengan Mudah

2. Membagikan Link

Setelah melihat link Google Drive yang diinginkan, maka untuk membagikan link tersebut Anda hanya perlu mengklik bagian ‘Copy’ atau ‘Salin’ dan link sudah otomatis tersimpan dan siap untuk dibagikan. Untuk membagikannya, Anda hanya perlu melakukan paste di manapun link tersebut ingin dibagikan.

Link Google Drive yang telah disalin dapat dibagikan di manapun Anda inginkan. Anda bisa menyematkan link tersebut pada aplikasi chat, email, hingga media sosial.

Baca juga: 2 Cara Membuat Link Zoom Meeting Reguler dan Terjadwal

3. Pengaturan Link

Hal terakhir yang perlu Anda pahami dalam membuat link Google Drive adalah pengaturan link. Di dalam bagian ‘Get Link’, Anda akan menemukan pengaturan tentang siapa saja yang dapat mengakses link tersebut.

Anda dapat mengubahnya pengaturan link tersebut sesuai dengan kebutuhan. Di sana, akan terdapat 2 pilihan pengaturan, yaitu:

  • Restricted: Siapapun tidak dapat mengakses link tersebut tanpa adanya persetujuan dari Anda. Jika mereka ingin mengakses link tersebut, mereka harus mengajukan request dan Anda dapat memberikan approval melalui email.
  • Anyone with the link: Siapapun yang memiliki link bebas untuk mengakses file atau folder yang ada di dalamnya. Mereka tidak perlu mengajukan request untuk meminta approval dari Anda.

Ternyata mudah sekali bukan untuk membuat link Google Drive? Kami yakin, Anda pasti bisa langsung membuat link Google Drive tersebut setelah mengikuti panduan di atas.

Jadi, itulah informasi seputar cara membuat link Google Drive yang perlu Anda ketahui. Bila ada keperluan untuk penggunaan laptop selama masa pandemi ini, Anda dapat langsung menghubungi IndoRental karena kami memiliki jasa sewa laptop yang dapat digunakan kapanpun.

Baca juga: Cara Membuat Link WA untuk Disematkan pada Bio Instagram