Kenali Perbedaan Lenovo Thinkpad dan Ideapad, Agar Tidak Salah Pilih!

Kenali Perbedaan Lenovo Thinkpad dan Ideapad, Agar Tidak Salah Pilih!

perbedaan lenovo thinkpad dan ideapad
Teknologi

Apakah Anda tertarik menggunakan laptop Lenovo? Laptop ini dikenal sebagai brand laptop dengan teknologi yang canggih, tetapi dibanderol dengan harga terjangkau. Thinkpad dan Ideapad merupakan dua model terlaris dari laptop Lenovo ini. Namun, belum banyak yang mengetahui perbedaan Lenovo Thinkpad dan Ideapad tersebut. Nah, supaya Anda memilih laptop sesuai dengan kebutuhan, ada baiknya memahami perbedaan kedua laptop tersebut. 

Laptop Lenovo Thinkpad

Lenovo Thinkpad dirancang sebagai seri laptop yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis. Jadi, meski memiliki tampilan sederhana, Thinkpad dibekali spesifikasi tinggi atau memiliki fitur unik yang tidak ada pada seri laptop lain. Berikut ini penjelasan mengenai spesifikasinya.

1. Desain

Lenovo Thinkpad didesain lebih sederhana, tipis, dan minimalis, lantaran fokus pada fungsi laptop untuk membantu berbagai pekerjaan penggunanya. Dari segi desain, kebanyakan orang memilih Thinkpad seri X atau T standar. Desain minimalis ini yang kemudian menjadikan laptop ini populer di kalangan penggunanya. 

2. Performa

Thinkpad memiliki masa baterai yang sangat kuat dan memiliki prosesor Intel yang berkualitas tinggi. Mayoritas Thinkpad hadir dengan RAM 8GB, tetapi Anda bisa meningkatkannya jika diperlukan. Fitur-fitur ini yang kemudian membuat Thinkpad berada pada jajaran laptop terbaik, karena kinerjanya yang tinggi.

Baca Juga: Temukan 6 Rekomendasi Tablet Murah dan Bagus untuk Kerja dan Kegiatan Sehari-hari

3. Prosesor

Laptop ini cenderung menggunakan prosesor berkualitas tinggi. Sebagai contoh, untuk seri X1 Carbon menggunakan minimal prosesor Intel Core i5. Ada juga seri yang menggunakan AMD seperti Thinkpad T14. Seri AMD yang digunakan yaitu AMD Ryzen 7 PRO 4750U yang tergolong prosesor 8 inti yang kuat.

4. Layar dan Audio

Thinkpad hadir dengan ukuran layar rata-rata 14 inci, tetapi ada juga ukuran 13,3 inci dan 15,6 inci. Ukuran layar ini cocok untuk Anda yang bekerja kantoran maupun mahasiswa, lantaran memiliki ukuran layar standar. Sementara itu, arsitektur Audio Thinkpad dirancang dengan Audio Definisi Tinggi (HD) yang menghasilkan suara jelas dan jernih.

Baca Juga: 4 Cara Cek Layar Laptop Rusak atau Aman

5. Seri Thinkpad

Laptop ini terbagi menjadi beberapa seri yang bisa dipertimbangkan sesuai kebutuhan. Dari berbagai series yang ada, Lenovo Thinkpad X Series yang paling banyak diminati lantaran memiliki kualitas yang tinggi untuk menunjang berbagai pekerjaan. Seperti X1 Carbon dikenal sebagai ultrabook yang paling ringan dan hadir dengan RAM 16 GB. 

Selain X series, ada juga beberapa series Lenovo Thinkpad lainnya. Berikut beberapa series tersebut. 

  • Thinkpad E Series yang tersedia dengan ukuran 14 inci dan 15,6 inci. Untuk model dan desainnya terlihat sama dengan Thinkpad yang lain. Hanya saja untuk harganya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.
  • Thinkpad L Series dikenal sebagai laptop yang paling hemat energi dari seri Lenovo. Seri ini merupakan peningkatan dari spesifikasi Seri E. Seri ini cukup tahan banting, sehingga cocok dibawa bepergian.
  • Thinkpad T Series dirancang dengan spesifikasi mumpuni, seperti lebih awet dan tahan lama, terutama dari segi baterai. Selain X Series, T Series menjadi seri yang paling diminati lantaran berkualitas tinggi. 
  • Thinkpad P Series dirancang untuk Anda yang berprofesi sebagai desainer dan arsitek yang membutuhkan spesifikasi laptop tinggi dan kuat. 
  • Yoga Series merupakan gabungan dari seri Thinkpad dan Yoga. Laptop ini merupakan laptop 2-in-1 yang dapat dikonversi menjadi tablet. 

Baca Juga: Memahami 9 Cara Membersihkan Laptop bagian Dalam dengan Benar

Laptop Lenovo Ideapad

Perbedaan Lenovo Thinkpad dan Ideapad yang paling ketara yaitu pada penggunaannya. Jika Thinkpad cenderung digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan bisnis, maka Ideapad dikenal sebagai laptop yang dapat menunjang kebutuhan pekerjaan sehari-hari. Laptop seri ini bisa juga digunakan oleh mahasiswa untuk mengerjakan berbagai tugas. Untuk lebih mengenal kelebihannya, mari simak spesifikasinya berikut ini.

1. Desain

Desain Ideapad dirancang lebih menarik, seperti lebih ramping dan cukup ringan untuk dibawa ke mana-mana sepanjang hari. Desain yang ringan ini tentu cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi, baik itu sebagai mahasiswa maupun karyawan.

2. Performa

Lenovo Ideapad memiliki performa yang baik untuk digunakan menunjang kebutuhan sehari-hari. Meski memiliki RAM yang lebih kecil dari Thinkpad yaitu 4GB, laptop ini bisa membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dokumentasi dengan baik. 

3. Prosesor

Laptop seri Ideapad dilengkapi dengan prosesor campuran, yaitu Intel dan AMD. Untuk AMD menggunakan AMD Ryzen 5 yang dapat menunjang berbagai pekerjaan menjadi lebih cepat di kelasnya. Untuk Intel biasanya menggunakan Intel Core i3. 

Baca Juga: 7 Urutan Processor AMD dari Terendah Hingga Tertinggi

4. Layar dan Audio

Tampilan layar Ideapad umumnya cukup bagus dan menarik, mengingat layarnya juga cukup kontras. Untuk audionya menggunakan koneksi Lenovo dengan Dolby, speaker internal yang berkualitas baik di kelasnya. 

5. Seri Ideapad

Lenovo Ideapad cenderung digunakan oleh pengguna dengan kebutuhan casual, seperti dokumentasi, input data sederhana, dan lain sebagainya. Untuk seri Ideapad sendiri terdiri dari 4 series, yaitu Ideapad S Series, Ideapad Gaming 3 Series, Ideapad C Series B, dan Ideapad L Series. Berikut ini masing-masing penjelasan series tersebut.

  • Lenovo Ideapad S Series dirancang lebih ringan dengan menggabungkan masa pakai baterai lebih lama serta desain yang lebih modern. 
  • Lenovo Ideapad Gaming 3 Series dilengkapi dengan prosesor i7 berkualitas tinggi dan kartu grafis Nvidia GTX. Laptop seri ini hadir bagi Anda yang hobi gaming, tetapi memiliki dana terbatas, karena seri ini dibanderol dengan harga yang terjangkau.
  • Ideapad C Series B pertama kali diluncurkan pada 2019 dengan seri C340. Laptop ini bisa dikonversikan menjadi tablet yang membuatnya banyak diminati semenjak pertama kali diluncurkan. 
  • Ideapad L Series memiliki RAM yang cukup tinggi dengan mempertimbangkan kebutuhan pada gamers. Laptop seri ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 dengan seri L340 dengan harga menengah. 

Apakah Anda sudah menentukan akan menggunakan seri Lenovo yang mana? Perbedaan Lenovo Thinkpad dan Ideapad terletak pada spesifikasinya. Oleh sebab itu, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. 

Baca Juga: 4 Cara Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Kerja

Apabila kebutuhan Anda untuk pekerjaan yang berkaitan dengan bisnis seperti desain, maka bisa memilih Thinkpad. Sedangkan kebutuhan yang lebih casual seperti pengetikan bisa menggunakan Ideapad. Namun, bila Anda belum memiliki dana yang cukup untuk memiliki salah satunya, bisa sewa laptop di IndoRental dengan durasi peminjaman yang beragam untuk keperluan pribadi atau perusahaan.

Tersedia beragam spesifikasi laptop, mulai dari core i3 hingga i7, termasuk laptop seri Lenovo. Anda bisa menyewa laptop Lenovo di IndoRental mulai harian, mingguan, dan bulanan. Untuk penyewaan berjumlah banyak seperti event besar, Anda bisa mendapatkan harga khusus. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi IndoRental sekarang juga untuk mendapat informasi lebih lanjut.