6 Perbedaan HDMI dan VGA yang Wajib Anda Ketahui

6 Perbedaan HDMI dan VGA yang Wajib Anda Ketahui

perbedaan hdmi dan vga
Teknologi

Perbedaan HDMI dan VGA termasuk hal mendasar yang perlu Anda ketahui, terlebih jika Anda hobi dengan bidang video editing. HDMI sendiri dapat diartikan sebagai sarana untuk mendukung metode transfer audio dan video tanpa proses kompresi. 

Sementara itu, VGA merupakan sarana digital untuk mengirimkan data visual ke layar atau monitor. Kedua sarana di atas memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja perbedaannya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Kabel HDMI?

Kabel HDMI merupakan temuan teknologi terbaru yang memudahkan penggunanya untuk melakukan transfer data antar perangkat dengan cepat dan tepat. Untuk komponen port HDMI sendiri didesain sebagai teknologi berstandar interface multimedia yang dapat difungsikan sebagai media transmisi. 

Teknologi HDMI ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2002. Kemudian pada tahun 2003, kabel HDMI diproduksi secara massal dan mulai diedarkan secara luas kepada masyarakat. Untuk fungsinya sendiri, HDMI digunakan sebagai konektor antar perangkat. Hanya dengan menggunakan kabel tunggal, Anda dapat mentransfer data berbasis audio dan video beresolusi tinggi. 

HDMI termasuk interface yang mengacu pada digital. HDMI mampu menampilkan multimedia berupa video yang disertai dengan audio. Suara dari audio tersebut dikirim menggunakan 8 kanal. Video yang ditampilkan pun beresolusi tinggi hingga 1080 pixel. Kualitas dari video HDMI ini sangat baik, sehingga sesuai untuk grafik atau video dengan resolusi tinggi. 

HDMI memiliki beberapa tipe, di antaranya ada tipe A, C, dan D yang memiliki 19 pin. Sementara itu, tipe C memiliki 29 pin. Meski memiliki jumlah yang lebih banyak dari VGA, bentuk dari HDMI jauh lebih kecil.

Untuk tipe C dan D mempunyai port yang berukuran lebih kecil dari tipe A dan B, sehingga lebih banyak disematkan pada device yang lebih kecil. Sebagai contoh ada ultrabook, tablet, dan ponsel. 

Baca Juga: Ketahui Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Kabel Data

Apa Itu Kabel VGA?

Kabel VGA bisa dikatakan sebagai konektor tertua yang sudah ada sejak era komputer cembung. Kabel ini dapat mentransmisikan sinyal video analog. Kabel VGA memiliki sekrup kecil di samping sisi kabel untuk menghubungkan CPU komputer ke monitor LCD, proyektor, hingga TV. 

Saat digunakan, VGA dapat menampilkan resolusi maksimum 650 x 480 pixel. Untuk menampilkan grafik beresolusi tinggi, Anda perlu menambahkan VGA eksternal. Namun, seiring perkembangannya, jenis-jenis VGA Card saat ini bisa menampilkan ukuran besar seperti 2048 x 1536 pixel. Untuk resolusi VGA yang terbaru bahkan bisa menampilkan format 16 : 9.

Kualitas video yang ditampilkan VGA tergantung dengan panjang kabel, konektor, dan kualitas kabel. Namun, tampilan video dari VGA tidak bisa jernih lantaran meski dengan pixel yang beresolusi sama dengan HDMI. Hal ini karena data yang ditransfer secara analog memengaruhi kualitas video.

Apa Saja Perbedaan HDMI dan VGA?

Bagi Anda yang memerlukan konektor untuk mentransfer video dan audio, penting untuk memahami perbedaan HDMI dan VGA. Tujuannya supaya Anda bisa menentukan konektor yang hendak digunakan. Secara umum, berikut perbedaan dari kedua konektor tersebut.

1. Proses Membaca Data

VGA dirancang menggunakan analog berupa kode dan hanya bisa menyampaikan video visual saja tanpa audio. Sementara itu, HDMI mengacu pada data digital berupa nilai satu dan nol. HDMI ini bisa membaca data video pada visual dan audio dengan lebih jelas.

2. Resolusi

Untuk VGA, resolusi yang ditampilkan memang lebih rendah. Resolusi terbesar VGA tanpa tambahan VGA eksternal yaitu 1366 x 768 pixel. Berbeda dengan HDMI yang mampu menghasilkan resolusi tinggi hingga 3840 x 2400 pixel pada tipe B.

Baca Juga: Tidak Sulit, Begini Cara Transfer File dari Laptop ke Laptop dengan Kabel USB

3. Bentuk Konektor

Apabila dilihat dari bentuknya, VGA memiliki ukuran yang lebih besar dengan jumlah pin yang lebih sedikit. Untuk HDMI, bentuknya lebih kecil dan tipis, tetapi pin yang disematkan lebih banyak. Meski lebih kecil, HDMI dapat memberikan kualitas video dengan resolusi yang bagus.

4. Jumlah Pin

Untuk konektor VGA terdiri dari 15 pin yang merupakan konektor DE-15. Sementara itu, HDMI memiliki beberapa jenis port seperti tipe A, B, C, dan D dengan jumlah pin yang berbeda-beda. Tipe B memiliki 29 pin, selain B memiliki 19 pin.

5. Kabel Konektor

Bentuk VGA yang besar berpengaruh juga pada kabelnya yang cenderung tebal dan besar. Sementara itu, HDMI hanya memerlukan kabel kecil yang seukuran dengan kabel charger yang biasa Anda gunakan untuk charging ponsel. 

6. Harga di Pasaran

Harga kabel HDMI lebih tinggi dibandingkan kabel VGA. Ini wajar saja, karena HDMI memberikan keuntungan yang lebih, seperti resolusi video yang lebih baik. Di samping itu, VGA cenderung dijual lebih rendah daripada HDMI. Intinya, harga yang tinggi tentu menentukan kualitas dari barang tersebut.

Apakah sudah cukup jelas perbedaan HDMI dan VGA sebagai konektor yang mentransmisikan video? Anda bisa memilih salah satunya sesuai dengan laptop yang Anda gunakan. Pasalnya, beberapa laptop tidak menyediakan port untuk VGA. 

Jika laptop yang digunakan untuk mentransfer data video tersebut mengalami kendala dan tidak bisa dinyalakan, Anda jangan panik. Ada lndoRental untuk sewa laptop sebagai alternatif solusi yang bisa Anda lakukan. 

Di IndoRental tersedia beragam spesifikasi laptop, mulai dari core i3 hingga i7. Anda bisa sewa laptop harian, mingguan, dan bulanan. Untuk penyewaan berjumlah banyak seperti event besar, Anda bisa mendapatkan harga khusus. 

Baca Juga: 3 Cara Menyambungkan Laptop Ke Proyektor

Hubungi IndoRental sekarang juga untuk mendapat informasi lebih lanjut dan rasakan pengalaman sewa laptop terjangkau dan berkualitas hanya bersama kami.