4 HP Samsung Tahan Air, Ini Daftarnya!

4 HP Samsung Tahan Air, Ini Daftarnya!

hp samsung tahan air
Teknologi

Seiring dengan perkembangan zaman yang terjadi dalam bidang teknologi, kini semakin banyak perusahaan-perusahaan elektronik yang berlomba untuk menciptakan perangkat elektronik dengan berbagai keunggulan. HP Samsung tahan air merupakan salah satu contoh produk hasil dari perkembangan dalam bidang teknologi. 

Bukan Samsung namanya jika mereka tidak melakukan perkembangan dalam perangkat elektronik yang dimilikinya. Mulai dari menciptakan smartphone dengan model fold, flip, hingga menciptakan kamera tele yang dapat membantu para pengguna untuk melakukan zoom yang sangat jauh.

Bahkan, saat ini pihak Samsung juga mulai mengeluarkan lini ponsel yang tahan air. Memiliki ponsel yang tahan air sendiri tentu menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh para pengguna, karena mereka tidak perlu merasa khawatir lagi jika handphone mereka tercemplung atau terkena cipratan air.

Ingin tahu apa saja yang termasuk ke dalam HP Samsung tahan air? Simak penjelasan artikel dari IndoRental berikut ini untuk mengetahuinya!

4 HP Samsung Tahan Air

Dalam menghadapi persaingan yang ketat dari produsen ponsel lainnya, Samsung selalu berhasil untuk menonjol dengan segala inovasi mutakhir yang dimilikinya. Seluruh klaim yang disebutkan oleh pihak Samsung sendiri sudah dapat dibuktikan oleh para penggunanya. 

Salah satunya adalah sertifikasi tahan air untuk beberapa perangkat smartphone yang dikeluarkan oleh pihak Samsung. Terdapat beberapa smartphone Samsung yang sudah memiliki sertifikasi IP, yang merupakan kode untuk ketahanan terhadap air. Contohnya adalah IP68, IP67, dan lain sebagainya. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi HP Samsung tahan air dengan harga dan fitur menarik yang dapat Anda ketahui.

1. Samsung Galaxy A34 5G

Samsung Galaxy A34 5G merupakan perangkat ponsel lanjutan dari lini Samsung Galaxy A33 5G. Ponsel satu ini sendiri dihadirkan di Indonesia pada tahun 2023 dengan klaim sertifikat tahan air IP67.

Smartphone satu ini telah dijamin oleh pihak Samsung akan tahan debu dan aman untuk direndam di kolam air tawar dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit. Hal ini juga memiliki arti, bahwa Samsung Galaxy A34 5G akan aman ketika terkena cipratan air hujan.

Tak hanya itu, Samsung Galaxy A34 juga dilengkapi dengan jaminan update software hingga 5 tahun. Para pengguna juga akan berkesempatan untuk mendapatkan update Android 17 dan dukungan sistem keamanan hingga 2028. Untuk mendapatkan smartphone satu ini, Anda perlu menyiapkan anggaran sekitar Rp5 juta. 

Baca Juga: Inilah Spesifikasi Samsung Galaxy M30S dan Harganya

2. Samsung Galaxy A54 5G

HP Samsung tahan air selanjutnya adalah Samsung Galaxy A54 5G yang sudah memiliki sertifikat tahan air IP67, yang memiliki arti bahwa ponsel satu ini tahan debu dan air di semua sisi hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. 

Salah satu keunggulan lainnya yang dimiliki oleh ponsel satu ini terletak pada kamera yang dimilikinya. Kamera depan dan kamera utama yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A54 dapat merekam video hingga 4K 30fps, dan 1080p 60fps.

Bahkan, Samsung Galaxy A54 juga sudah dilengkapi dengan stabilisasi video (EIS) dengan kamera utama yang juga memiliki stabilisasi gambar (OIS). Smartphone satu ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang gemar membuat konten.

3. Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G merupakan salah satu smartphone keluaran Samsung yang saat ini sedang ramai dibicarakan oleh para masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan kemampuan yang dimiliki oleh kamera Samsung Galaxy S23 Ultra yang dapat melakukan zoom hingga 100x. 

Ponsel pintar keluaran Samsung satu ini dinilai sangat cocok digunakan bagi para pengguna yang gemar mendatangi acara musik. Karena melalui smartphone satu ini, para pengguna bisa mendapatkan hasil gambar yang bagus walaupun dari jarak yang jauh. 

Tak hanya itu, Samsung Galaxy S23 Ultra 5G juga memiliki beberapa keunggulan lainnya, seperti sudah memiliki sertifikasi IP68 yang tahan air dan debu, memiliki lapisan pelindung Gorilla Glass Victus 2 pada layar dan bagian belakang, hingga memiliki berat yang ringan sekitar 167 gram.

4. Samsung Galaxy Z Fold4 5G

HP Samsung tahan air selanjutnya hadir pada lini ponsel premium yang dikeluarkan oleh pihak Samsung, yaitu Samsung Galaxy Z Fold4 5G. Smartphone satu ini hadir dengan peringkat IPX8, yang memiliki arti bahwa ponsel ini tahan untuk terendam air hingga 1,5 meter selama 30 menit. Namun, ponsel satu ini tidak tahan akan debu.

Huruf “X” pada IPX8 memiliki arti bahwa ponsel satu ini tidak memiliki sertifikasi tahan debu. Hal ini sendiri merupakan hal yang wajar, karena produsen ponsel lipat belum bisa membuat desain yang tahan debu, sehingga ponsel aman dari debu yang masuk ke dalam engsel.

Namun tidak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa menggunakan ponsel satu ini di luar ruangan bahkan saat sedang turun hujan. Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh ponsel satu ini adalah penggunaan bahan material aluminium armor untuk rangka yang membuatnya tahan lama. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP Samsung 4G Dibawah 1 Juta RAM 3GB Terbaik

3 Tips Merawat HP Tahan Air

Jika Anda berencana untuk membeli HP Samsung tahan air, maka Anda perlu mengetahui beberapa tips dalam merawat HP yang tahan air. Hal ini sendiri diperlukan, agar Anda dapat menggunakan smartphone yang sudah Anda beli pada jangka waktu yang panjang.

Adapun beberapa tips merawat HP tahan air yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Mengenali Sertifikasi Ponsel

Hal pertama adalah dengan mengenali sertifikasi ponsel yang Anda miliki. Ponsel yang diklaim tahan air dan debu sendiri biasanya akan dilengkapi dengan sertifikasi khusus yang diberi nomor tiga kode dari IEC (International Electrotechnical Commission) sebagai sistem untuk memperjelas tingkat keamanan peralatan elektronik.

Sertifikasi yang biasanya digunakan pada saat ini adalah IP67 dan IP68. Kode IP sendiri memiliki arti sebagai perlindungan internasional, dan angkat 6 memiliki arti perangkat terlindung dari debu, dan angka 7 atau 8 adalah kode tahan air.

2. Hindari Terkena Air Garam

Tips selanjutnya adalah hindari HP Anda dari air garam. Hal ini dilakukan karena garam dapat menumpuk di sisi-sisi ponsel, termasuk lubang pengisi daya dan port earphone, dan dapat merusak lapisan kedap air.

Jika ponsel Anda secara tidak sengaja atau secara terpaksa terkena air garam, maka Anda harus segera membilasnya dengan air bersih.

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP Oppo 3 Jutaan dan Tips Memilihnya

3. Hindari HP dari Air Berarus Deras

Smartphone yang diklaim tahan air biasanya akan dibatasi tingkat kedalamannya. Hal ini dikarenakan, ponsel tahan air tidak dapat menahan tekanan air di luar batas kemampuan yang dimilikinya.

Jika Anda menjatuhkan ponsel dari ketinggian, atau mencoba melompat ke dalam kolam dengan ponsel Anda, dan ponsel Anda menyentuh permukaan kolam, maka tekanan air akan cukup kuat untuk menyebabkan air masuk ke dalam ponsel Anda. 

Demikianlah informasi mengenai HP Samsung tahan air yang dapat Anda ketahui. Melalui penjelasan di atas, Anda dapat mengetahui beberapa rekomendasi HP Samsung yang tahan air serta mengetahui tips merawat HP yang tahan air.

Jika Anda membutuhkan HP Samsung tahan air untuk menunjang acara yang akan Anda selenggarakan, Anda bisa menggunakan jasa penyewaan handphone Android seperti IndoRental.

IndoRental sendiri merupakan sebuah website yang menyediakan jasa penyewaan terhadap perangkat elektronik yang Anda butuhkan untuk menunjang berbagai macam kegiatan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim IndoRental di sini.