10 Perbedaan DDR4 dan DDR5, Panduan untuk Memilih Jenis RAM yang Tepat

10 Perbedaan DDR4 dan DDR5, Panduan untuk Memilih Jenis RAM yang Tepat

perbedaan ddr4 dan ddr5
Teknologi

Dalam dunia komputasi modern, pemilihan jenis RAM menjadi salah satu keputusan penting yang harus diambil oleh para pengguna. Dua jenis RAM yang paling umum digunakan saat ini adalah DDR4 dan DDR5. Namun, bagi sebagian orang, perbedaan antara keduanya mungkin tidak begitu jelas. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa perbedaan DDR4 dan DDR5.

Indorental akan membantu Anda memahami secara mendalam perbedaan antara DDR4 dan DDR5, serta memberikan panduan yang dapat membantu dalam memilih jenis RAM yang tepat sesuai dengan kebutuhan komputasi Anda. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Saja Perbedaan DDR4 dan DDR5?

Berikut ini, kita akan mengeksplorasi delapan perbedaan utama antara DDR4 dan DDR5 yang dapat membantu Anda membuat keputusan:

1. Kecepatan Transfer Data 

DDR5 menawarkan peningkatan signifikan dalam kecepatan transfer data dibandingkan DDR4. DDR4 memiliki kecepatan transfer data yang berkisar antara 1600 hingga 3200 MT/s (megatransfer per detik). Sebaliknya, DDR5 dimulai dengan kecepatan minimum 4800 MT/s dan dapat meningkat hingga 8400 MT/s atau lebih pada model-model yang lebih tinggi.

Kecepatan yang lebih tinggi ini berarti DDR5 dapat mengirim dan menerima data lebih cepat, meningkatkan kinerja keseluruhan sistem terutama dalam aplikasi yang memerlukan transfer data besar seperti gaming, rendering 3D, dan aplikasi ilmiah.

2. Kapasitas Per Modul

Salah satu keunggulan utama DDR5 adalah kemampuannya untuk mendukung kapasitas per modul yang jauh lebih besar dibandingkan DDR4. Sementara DDR4 umumnya memiliki kapasitas modul maksimum sekitar 32GB, DDR5 mampu mendukung modul dengan kapasitas hingga 128GB. 

Peningkatan kapasitas ini memungkinkan pengguna untuk memperluas memori sistem mereka jauh melampaui batas DDR4, yang sangat berguna untuk aplikasi yang memerlukan memori besar seperti virtualisasi, pengolahan data besar (big data), dan pengeditan video resolusi tinggi.

3. Efisiensi Daya 

DDR5 dirancang untuk lebih efisien dalam penggunaan daya dibandingkan DDR4. Tegangan operasi DDR5 lebih rendah, yaitu 1.1V, dibandingkan dengan DDR4 yang memiliki tegangan operasi 1.2V. 

Tegangan yang lebih rendah ini berarti DDR5 lebih hemat energi, yang tidak hanya mengurangi konsumsi daya tetapi juga mengurangi panas yang dihasilkan. Hal ini sangat penting dalam lingkungan server dan pusat data di mana penghematan energi dapat mengurangi biaya operasional secara signifikan dan meningkatkan umur panjang komponen.

Baca Juga: Pelajari 7 Cara Transfer File dari Windows ke iPad

4. Bandwidth

Melalui arsitektur yang ditingkatkan, DDR5 menawarkan bandwidth yang lebih tinggi dibandingkan DDR4. Bandwidth yang lebih tinggi memungkinkan transfer data yang lebih cepat antara RAM dan CPU. DDR5 dapat mencapai bandwidth hingga 51.2 GB/s per modul, dibandingkan dengan DDR4 yang maksimum sekitar 25.6 GB/s. 

Peningkatan bandwidth ini sangat bermanfaat untuk aplikasi yang memerlukan performa tinggi, seperti rendering grafis, simulasi ilmiah, dan game yang intensif secara grafis, di mana respons dan kecepatan transfer data menjadi kritis.

5. Arsitektur Kanal Memori

Salah satu inovasi utama dalam DDR5 adalah pengenalan arsitektur kanal memori ganda (dual-channel) per modul. Setiap modul DDR5 memiliki dua kanal memori independen, berbeda dengan DDR4 yang hanya memiliki satu kanal memori per modul. 

Ini berarti DDR5 dapat mengirim dan menerima data lebih efisien karena dapat melakukan dua operasi baca/tulis secara bersamaan. Hasilnya adalah peningkatan kinerja memori keseluruhan, terutama dalam beban kerja yang membutuhkan akses memori yang cepat dan efisien.

6. Latensi

Meskipun DDR5 menawarkan kecepatan yang lebih tinggi, latensi atau waktu akses memori sedikit lebih tinggi dibandingkan DDR4. Latensi ini adalah waktu yang diperlukan untuk mengakses data yang tersimpan di memori. 

Pada DDR5, peningkatan kecepatan dan bandwidth umumnya mengompensasi latensi yang sedikit lebih tinggi ini dalam aplikasi dunia nyata, tetapi dalam beberapa aplikasi khusus yang sangat sensitif terhadap latensi, perbedaan ini mungkin lebih terasa. Namun, secara keseluruhan, peningkatan performa DDR5 lebih banyak dibandingkan peningkatan latensi.

Baca Juga: Ketahui Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Kabel Data

7. Chip Memori

DDR5 menggunakan teknologi chip memori yang lebih maju dengan ukuran yang lebih kecil dan kepadatan yang lebih tinggi. Ini memungkinkan produsen untuk membuat modul RAM dengan kapasitas yang lebih besar tanpa menambah ukuran fisik modul. 

Chip memori yang lebih kecil dan lebih padat ini juga dapat membantu dalam mengurangi biaya produksi dalam jangka panjang, meskipun harga awal DDR5 mungkin lebih tinggi daripada DDR4 karena teknologi baru yang digunakan.

8. ECC (Error-Correcting Code) 

DDR5 mendukung fitur ECC on-die, yaitu mekanisme koreksi kesalahan yang terintegrasi langsung pada chip memori. Fitur ini meningkatkan keandalan dan stabilitas memori dengan mendeteksi dan mengoreksi kesalahan bit tunggal secara otomatis, tanpa memerlukan modul memori khusus yang biasanya lebih mahal. 

Sementara DDR4 juga mendukung ECC, implementasi umumnya memerlukan modul memori ECC khusus, yang digunakan terutama di server dan workstation. ECC on-die pada DDR5 membuatnya lebih andal untuk digunakan dalam berbagai aplikasi tanpa memerlukan perangkat keras tambahan.

9. Prefetch Buffer

Prefetch buffer adalah jumlah data yang diambil oleh memori dari DRAM dalam satu siklus. DDR4 memiliki prefetch buffer 8n, yang berarti dalam satu siklus memori dapat mengambil 8 unit data. 

DDR5, di sisi lain, meningkatkan prefetch buffer menjadi 16n, yang berarti dapat mengambil 16 unit data dalam satu siklus. Peningkatan ini memungkinkan DDR5 untuk mengakses dan mentransfer data lebih cepat dan efisien, memberikan kinerja yang lebih baik terutama dalam aplikasi yang membutuhkan akses data cepat dan berkelanjutan.

Baca Juga: Pahami 4 Cara Sharing Data antara Komputer dan Laptop dengan Mudah

10. Penanganan Burst Length

DR5 memiliki burst length yang lebih panjang dibandingkan dengan DDR4. Burst length adalah jumlah data yang ditransfer dalam satu operasi baca/tulis. DDR4 memiliki burst length sebesar 8, sedangkan DDR5 meningkatkannya menjadi 16. 

Burst length yang lebih panjang memungkinkan DDR5 untuk mentransfer lebih banyak data dalam satu operasi, yang membantu meningkatkan throughput dan efisiensi transfer data. Hal ini sangat bermanfaat dalam aplikasi yang memerlukan pemrosesan data yang berkelanjutan dan intensif, seperti pemrosesan video, simulasi ilmiah, dan beban kerja AI/machine learning.

Dari penjelasan perbedaan antara DDR4 dan DDR5 di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa DDR5 menawarkan berbagai peningkatan signifikan dibandingkan DDR4 dalam hal kecepatan transfer data, kapasitas per modul, efisiensi daya, bandwidth, arsitektur kanal memori, dan fitur-fitur teknis lainnya. Oleh karena itu, pemilihan jenis RAM yang tepat harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik, anggaran, dan kompatibilitas sistem pengguna.

Jika Anda sedang mencari solusi untuk kebutuhan komputasi sementara atau proyek jangka pendek, mempertimbangkan layanan sewa laptop atau sewa komputer di Indorental adalah langkah yang tepat. Melalui pilihan perangkat terbaru yang dilengkapi RAM DDR4 dan DDR5, Indorental siap mendukung berbagai kebutuhan Anda, mulai dari pekerjaan kantor, presentasi, hingga proyek teknologi canggih. 

Tidak perlu khawatir tentang biaya besar untuk perangkat baru, dengan menyewa perangkat IT dan Multimedia di Indorental, Anda bisa mendapatkan teknologi terkini tanpa beban biaya tinggi. Hubungi Indorental sekarang juga untuk konsultasi dan penawaran terbaik sesuai kebutuhan Anda!

Sumber:

  • https://www.corsair.com/us/en/explorer/diy-builder/memory/is-ddr5-better-than-ddr4/#:~:text=DDR4%20and%20DDR5%20Key%20Differences&text=One%20of%20the%20main%20differences,speeds%20of%20up%20to%206400Mhz.
  • https://www.tomshardware.com/features/ddr5-vs-ddr4-is-it-time-to-upgrade-your-ram 

banner-indorental-diskon-untuk-sewa-perusahaan