Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Pro yang Harus Diketahui!

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Pro yang Harus Diketahui!

kelebihan dan kekurangan xiaomi 12 pro
Teknologi

Xiaomi 12 Pro telah menjadi salah satu smartphone yang paling ditunggu-tunggu pada tahun 2022. Keberadaan berbagai fitur canggih dan desain yang elegan membuat Xiaomi 12 Pro memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengguna smartphone. Sebelum memutuskan untuk membelinya, Anda perlu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro. 

IndoRental sudah mengumpulkan berbagai informasi penting yang harus Anda ketahui seputar Xiaomi 12 Pro. Tidak hanya informasi sekilasnya saja tetapi juga kelebihan dan kekurangannya supaya Anda bisa melakukan pertimbangan yang menyeluruh. Semoga informasi ini membantu Anda melihat lebih dalam tentang spesifikasi smartphone satu ini! 

Sekilas Tentang HP Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro adalah smartphone flagship terbaru dari Xiaomi yang release pada bulan Januari 2022. Smartphone ini hadir dengan desain elegan dan modern yang terbuat dari bahan kaca, aluminium, serta memiliki layar AMOLED 6,81 inci yang resolusinya QHD+ (3200 x 1440 piksel). 

Layar tersebut terlindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus yang menawarkan perlindungan terbaik terhadap goresan dan benturan. Sementara itu Xiaomi 12 Pro memiliki spesifikasi prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 5G yang membuat smartphone ini sangat cepat dan mampu menjalankan aplikasi yang berat tanpa hambatan berarti. 

Untuk performa grafis, smartphone ini terdorong oleh GPU Adreno 730 sehingga pengguna bisa menikmati game dan konten multimedia dengan lancar serta mulus. Belum berhenti di sana, smartphone ini juga memiliki RAM 12GB atau 16GB serta penyimpanan internal 256GB atau 512GB.

Secara keseluruhan, Xiaomi 12 Pro merupakan smartphone flagship alias HP unggulan yang sangat baik dengan spesifikasi yang sangat tinggi. Smartphone ini cocok untuk Anda yang membutuhkan performa kuat dan kamera yang mumpuni untuk mengambil berbagai gambar.

Baca Juga : 4 Kelebihan Printer Laserjet dan Kekurangannya

Bagaimana Spesifikasi Xiaomi 12 Pro?

Sebelum memutuskan akan membeli Xiaomi 12 Pro, penting untuk mengetahui spesifikasi yang ada di dalam smartphone ini. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari Xiaomi 12 Pro.

1. Layar

Xiaomi 12 Pro memiliki layar AMOLED 6,81 inci dengan resolusi 1440 x 3200 piksel. Layar ini juga terlindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus yang membuatnya tahan terhadap goresan dan benturan.

2. Kamera

Xiaomi 12 Pro memiliki empat kamera belakang dengan sensor utama 50MP, lensa ultra-wide 20MP, kamera telefoto 8MP, dan kamera makro 5MP. Di samping itu, smartphone ini juga memiliki kamera selfie 20MP yang mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi. 

HP ini memiliki sistem kamera belakang yang terdiri dari 3 lensa, yaitu kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX766, kamera ultra-wide 48MP dengan sensor Sony IMX586, dan kamera telefoto 48MP dengan 5x zoom optik. Sistem kamera belakang ini mampu menghasilkan foto yang sangat detail serta berkualitas tinggi.

3. Baterai

Xiaomi 12 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat 120W. Kapasitas baterai yang cukup besar akan membuat smartphone mampu bertahan dalam penggunaan yang cukup lama.

4. Konektivitas

Xiaomi 12 Pro dilengkapi dengan berbagai fitur konektivitas, seperti Wi-Fi, bluetooth, NFC, dan dukungan 5G. Di samping itu, smartphone ini juga memiliki port USB-C untuk pengisian daya dan transfer data.

5. Prosesor

HP ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 5G yang sangat bertenaga dengan teknologi 5 nanometer. Keberadaan prosesor ini membuat Anda mampu menjalankan berbagai aplikasi berat secara bersamaan dengan lancar.

6. RAM dan Memori Internal

Xiaomi 12 Pro memiliki RAM sebesar 12GB dan memori internal sebesar 256GB. Jumlahnya yang cukup besar akan membuat Anda mampu menyimpan banyak file dan aplikasi, serta menjalankan berbagai aplikasi berat dengan lancar.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Processor Intel Xeon

Apa Saja Kelebihan Xiaomi 12 Pro?

Kalau melihat dari berbagai spesifikasinya di atas, sebenarnya Anda jadi bisa tahu apa saja kelebihan smartphone satu ini. Kapasitas baterainya yang besar, kamera berkualitas tinggi dan masih banyak lagi. 

Semua komponen yang sudah disematkan di dalam Xiaomi 12 Pro dapat dipastikan unggul dari smartphone lainnya. Coba perhatikan kelebihan apa saja yang bisa Anda dapatkan di bawah ini. 

1. Kinerja yang Cepat dan Responsif

Xiaomi 12 Pro dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan salah satu jenis chipset terbaik di pasaran. Chipset ini mampu memberikan performa yang sangat cepat dan responsif saat menjalankan aplikasi atau game yang berat. Selain itu Xiaomi 12 Pro juga dilengkapi dengan RAM LPDDR5 yang tidak kalah efisien dalam mengakses data.

2. Kamera Berkualitas Tinggi

Xiaomi 12 Pro memiliki kamera utama 108 MP yang dilengkapi dengan lensa 7P dan aperture f/1.75. Kamera ini mampu mengambil foto berkualitas tinggi dengan detail yang sangat baik dan bokeh yang halus. Selain itu Xiaomi 12 Pro juga dilengkapi dengan kamera ultra-wide 13 MP dan kamera telefoto 8 MP yang mampu melakukan zoom hingga 5x.

3. Layar AMOLED 120Hz

Xiaomi 12 Pro dilengkapi dengan layar AMOLED 120Hz yang sangat responsif dan nyaman untuk digunakan. Layar ini juga dilengkapi dengan resolusi 2400 x 1080 piksel dan memiliki tingkat kecerahan yang sangat baik.

4. Baterai yang Awet

Xiaomi 12 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mampu bertahan seharian dengan penggunaan normal. Selain itu Xiaomi 12 Pro juga dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 120W yang mampu mengisi baterai dari 0-100% dalam waktu kurang dari 30 menit.

5. Desain yang Elegan

Xiaomi 12 Pro memiliki desain yang elegan dengan bahan belakang yang terbuat dari kaca dan frame yang terbuat dari aluminium. Selain itu Xiaomi 12 Pro juga dilengkapi dengan layar yang hampir tanpa bezel dan memiliki rasio layar-ke-badan yang sangat tinggi. Anda pasti akan sangat puas menggunakan smartphone tersebut.

6. Fitur Lengkap

Xiaomi 12 Pro dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap seperti sensor sidik jari di layar, NFC, Wi-Fi 6E, bluetooth 5.2, dan masih banyak lagi. Selain itu Xiaomi 12 Pro juga sudah menggunakan sistem operasi MIUI 13 yang berbasis Android 12 serta dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.

Baca Juga : 3 Cara Cek Frekuensi Jaringan Di HP Android Dan Iphone

Apa Saja Kekurangan Xiaomi 12 Pro?

Meskipun Xiaomi 12 Pro memiliki beberapa kelebihan yang sangat menarik, namun ada beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui. Pastikan Anda tidak hanya mencari tahu kelebihan tetapi juga kekurangannya berikut ini. 

1. Harga yang Mahal

Xiaomi 12 Pro merupakan smartphone flagship yang memiliki spesifikasi tinggi sehingga harganya cukup mahal. Harga Xiaomi 12 Pro bisa mencapai Rp 15 jutaan sehingga terbilang mahal oleh pengguna dengan budget terbatas.

2. Tidak Memiliki Jack Audio 3.5mm

Xiaomi 12 Pro tidak tidak memiliki jack audio 3.5mm sehingga pengguna perlu menggunakan adaptor atau earphone nirkabel untuk mendengarkan musik dan melakukan panggilan telepon.

3. Tidak Memiliki Slot MicroSD

Xiaomi 12 Pro tidak memiliki slot microSD sehingga pengguna tidak dapat menambahkan memori untuk menambahkan kapasitas penyimpanan. Hal ini bisa menjadi kendala bagi pengguna yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

4. Tidak Memiliki Daya Tahan Air dan Debu yang Baik

Xiaomi 12 Pro tidak memiliki sertifikasi tahan air dan debu yang baik. Meskipun memiliki perlindungan IP53, namun spesifikasinya masih terbilang kurang untuk standar smartphone flagship.

5. Tidak Memiliki Headphone Bawaan

Xiaomi 12 Pro tidak memiliki headphone bawaan sehingga pengguna perlu membeli headphone nirkabel atau menggunakan adaptor untuk mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon.

Dalam hal kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro, tentunya setiap pengguna memiliki pandangan yang berbeda-beda. Namun bagi mereka yang mencari handphone Android dengan kamera canggih dan performa yang cepat maka Xiaomi 12 Pro dapat menjadi pilihan tepat. 

Namun, jika Anda belum memiliki cukup uang untuk membelinya, ada IndoRental yang menyediakan layanan sewa handphone Android berkualitas. IndoRental menawarkan berbagai pilihan handphone Android dengan harga yang terjangkau dan proses yang mudah. 
Melalui sewa HP di IndoRental, Anda bisa tetap melakukan berbagai aktivitas dengan lancar. Jadi segera hubungi tim IndoRental untuk sewa HP yang Anda butuhkan sekarang!