3 Masalah Kamera Laptop Tidak Berfungsi dan Solusinya

3 Masalah Kamera Laptop Tidak Berfungsi dan Solusinya

kamera laptop tidak berfungsi
Tips dan Trik

Salah satu masalah yang paling mengganggu saat melakukan video conference adalah kamera laptop tidak berfungsi saat hendak dinyalakan. Siapa yang tidak panik ketika dihadapkan dengan masalah tersebut, terutama menjelang waktu acara yang semakin dekat. Tenang saja, masalah seperti ini masih bisa diselesaikan sendiri tanpa harus dibawa ke tukang servis laptop.

Selalu ada penyebab dari masalah pada laptop, jadi lebih baik cari tahu dulu alasan kameranya tidak berfungsi. Masalahnya pun masih berputar pada fitur dan konfigurasi yang terpasang di kamera laptop. Tidak perlu panik, karena kamera laptop yang rusak masih merupakan masalah kecil yang bisa diselesaikan sendiri.

Indorental akan menguraikan penyebab dan solusi yang harus dilakukan apabila Anda menemukan masalah kamera ini.

Apa Penyebab Kamera Laptop Tidak Berfungsi?

Kamera laptop bawaan yang sudah terpasang biasanya tidak memerlukan konfigurasi setelah dibeli. Jadi, Anda bisa langsung menggunakannya untuk keperluan video conference ataupun kegunaan lainnya.

Sayangnya, seringkali muncul beberapa drama yang berkaitan dengan masalah kamera laptop tidak berfungsi. Penyebabnya bermacam-macam, tapi ujung masalahnya hampir selalu sama. Kamera laptop yang tidak berfungsi ini biasanya berakar dari masalah yang terletak pada konfigurasinya.

Jangan buru-buru memesan kamera eksternal atau mencari alternatif yang lebih ekstrim, karena masalah kamera laptop mati ini masih bisa diperbaiki sendiri di rumah. Cukup cari tahu penyebabnya dan Anda bisa menerapkan solusi yang harus dilakukan untuk memperbaikinya.

Penyebab kamera laptop mati yang bermacam-macam tentunya membutuhkan solusi yang berbeda pula. Pasalnya, penyebab masalah kamera laptop ini tidak berada pada bagian atau part yang sama. Ada yang terletak pada hardware-nya, ada pula yang terletak di bagian software-nya. Tidak mungkin melakukan perbaikan pada komponen hardware padahal masalahnya terletak di software, bukan?

Kemungkinan penyebab masalah kamera laptop tidak berfungsi ada tiga, mulai dari kamera yang tidak aktif hingga kesalahan saat konfigurasinya. Indorental akan menjelaskan lebih rinci mengenai ketiga penyebab tersebut serta solusi yang harus dilakukan.

1. Kamera Tidak Aktif atau Mati

Masalah ini terjadi karena kamera di laptop masih dalam keadaan mati alias tidak aktif. Bisa jadi ada yang tidak sengaja menonaktifkannya dan membuat fitur kamera tidak bisa bekerja. Kamera nonaktif ini berakar dari masalah pengaturan di laptopnya, jadi kalau sudah disetel nonaktif, otomatis tidak bisa nyala di aplikasi apapun.

2. Driver Kamera yang Belum Dipasang

Penyebab masalah kamera laptop tidak bekerja yang kedua ini terletak pada hardware-nya. Biasanya, masalah ini terjadi setelah melakukan install ulang Windows pada suatu laptop untuk menghilangkan virus di dalamnya. Driver kamera pun tidak terpasang karena tidak kompatibel dengan versi terbaru Windows, membuat webcam tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Kesalahan pada Konfigurasi Kamera

Penyebab terakhir adalah kesalahan pada konfigurasi kamera laptopnya. Pengaturan kamera yang tidak sesuai dengan kondisi laptop tentu saja membuat webcam menjadi tidak berfungsi dengan baik. Bagi pemilik laptop dengan OS Windows 10, pengaturan konfigurasi kamera ini terletak pada menu ‘Privacy’.

Baca Juga: 6 Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Online Meeting

Bagaimana cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi di Windows?

Setelah mengetahui berbagai alasan yang mungkin jadi penyebab kamera laptop tidak berfungsi, sekarang saatnya Anda mempelajari cara untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa solusi mengatasi kamera laptop tidak berfungsi yang dapat Anda coba terapkan:

1. Update Driver Kamera

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, driver dapat menjadi penyebab kamera laptop tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, Anda bisa langsung menginstall atau melakukan update driver kamera laptop.

Anda bisa melakukannya dengan mencari driver kamera laptop Anda di internet. Tinggal masukkan kata kunci merek dan seri laptop Anda dan sertakan kata kunci ‘webcam driver’. Setelah menemukannya, download driver tersebut dan lakukan pemasangan. Setelah selesai, lakukan restart agar perubahan pada laptop Anda dapat segera diimplementasikan.

Jika Anda tidak ingin bersusah payah mencari dan melakukan install manual, Anda bisa melakukan update driver melalui device manager laptop Anda.

Untuk melakukannya, masuk ke dalam Control Panel. Dalam kolom pencarian, ketika ‘Device Manager’. Anda akan menemukan jendela berisikan perangkat apa saja yang sudah terinstall pada laptop Anda. Cari perangkat kamera laptop dan klik kanan. Pilih opsi ‘Update Driver Software’.

Anda akan menemukan pilihan untuk melakukan update manual dengan memilih file driver atau mencarinya secara otomatis di internet. Pilih cari secara otomatis di internet. Tunggu sejenak sampai proses instalasi driver selesai.

Restart laptop Anda untuk memastikan pemasangan driver berhasil dengan sempurna.

Baca Juga: Begini 6 Cara Mengatasi Laptop Restart Lama

2. Mengaktifkan Kamera

Terkadang, cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi hanyalah sesederhana mengaktifkannya.

Mengaktifkan kamera laptop sangatlah simpel. Kembali buka device manager. Klik kanan pada perangkat kamera laptop Anda dan pilih ‘Enable’. Lakukan restart laptop dan kamera laptop Anda akan aktif.

3. Betulkan Pengaturan Webcam

Kalau ternyata kamera Anda sudah aktif dengan driver paling baru tapi tetap tidak bisa berfungsi, berarti ada yang salah dengan pengaturan kamera laptop Anda.

Untuk membetulkannya, masuk pada bagian pengaturan laptop Windows Anda. Klik logo Windows dan pilih ‘Settings’. Pada menu pengaturan, Anda akan menemukan pilihan ‘Privacy’. Klik opsi tersebut.

Di bagian Privacy’, Anda dapat menemukan opsi kamera di sebelah kiri. Klik opsi tersebut. Pada tampilan baru, klik ‘Change’. Anda akan menemukan bagian ‘Camera access for this device’ dan ‘Allow apps to access your camera’. Nyalakan kedua bagian tersebut.

4. Izinkan Penggunaan Kamera

Kalau ternyata pengaturan kamera Anda sudah benar tapi ternyata kamera laptop tetap tidak berfungsi, maka bisa jadi ada kesalahan pada izin penggunaan kamera.

Untuk memperbaiki hal ini, Anda harus melakukan pengaturan ulang pada masing-masing aplikasi. Misalnya, jika Anda menggunakan Google Meet, Anda dapat menemukan logo kamera pada bar pencarian.

Klik logo tersebut dan Anda akan menemukan dua opsi: ‘Continue allowing’ dan ‘Always block camera and microphone access’. Pastikan Anda mencentang ‘Continue allowing’ agar aplikasi Google Meet dapat mengakses kamera Anda.

5. Menginstall Ulang Laptop

Kalau ternyata seluruh cara di atas sudah Anda coba dan kamera laptop Anda tidak berfungsi, maka Anda bisa mencoba opsi menginstall ulang laptop Anda. Dengan melakukan install ulang, Anda dapat memastikan kalau setiap komponen dan perangkat laptop Anda dapat kembali berfungsi seperti sedia kala.

Pastikan saja Anda telah mencadangkan data-data penting sebelum melakukan cara ini.

6. Membetulkan Laptop

Jika seluruh cara di atas sudah dicoba dan kamera laptop masih mati, cobalah membawanya ke tukang servis. Sembari menunggu laptopnya selesai diperbaiki, Anda bisa sewa laptop di Indorental agar pekerjaannya tidak terhambat dan selesai dengan tepat waktu. Anda pun terbebas dari masalah kamera laptop tidak berfungsi dengan menggunakan laptop dari Indorental.