Begini Cara Scan Banyak di Epson L3110 dengan Mudah

Begini Cara Scan Banyak di Epson L3110 dengan Mudah

Tips dan Trik

Apabila Anda sering melakukan scanning dokumen dalam jumlah banyak, maka printer Epson L3110 bisa menjadi pilihan yang tepat. Printer ini memiliki kelebihan dalam melakukan scan secara cepat dan akurat. Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan printer Epson L3110, mari simak cara scan banyak di Epson L3110 dengan mudah di bawah ini. 

Sekilas tentang Printer Epson L3110

Epson L3110 merupakan printer multifungsi yang memiliki kemampuan print, scan, dan copy. Printer ini menggunakan teknologi EcoTank yang dapat menghasilkan cetakan dengan kualitas tinggi dan efisien dalam penggunaan tinta. 

Printer Epson L3110 dapat mencetak hingga 7.500 halaman hitam putih dan 6.000 halaman berwarna dalam satu botol tinta. Tidak ketinggalan, printer ini juga dilengkapi dengan fitur scan yang memudahkan Anda dalam proses scanning dokumen dalam jumlah banyak dengan cepat. 

Cara Scan Banyak di Epson L3110 dengan Mudah

Di era digital saat ini, kebutuhan untuk melakukan scanning dokumen sudah menjadi hal yang sangat penting, terutama dalam dunia kerja. Namun, jika jumlah dokumen yang perlu di scan banyak, mungkin akan menjadi pekerjaan yang memakan waktu dan melelahkan jika dilakukan secara manual. Untuk itu, dengan hadirnya printer multifungsi seperti Epson L3110, proses scanning dokumen menjadi lebih mudah dan efisien. Mari cek cara-cara scan berikut ini. 

1. Siapkan Dokumen yang Akan di Scan

Sebelum memulai proses scanning, pastikan dokumen yang akan di scan telah disiapkan. Pastikan juga dokumen tersebut dalam kondisi yang baik dan tidak rusak atau sobek. Anda perlu memastikan juga dokumen diletakkan pada posisi yang benar agar hasil scanning dapat terlihat lebih jelas dan akurat. Anda juga dapat mengatur ukuran dan posisi dokumen yang akan di scan sesuai dengan kebutuhan menggunakan aplikasi Epson Scan 2. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Tinta Warna Tidak Keluar pada Printer Epson L3110

2. Buka Aplikasi Epson Scan 2

Setelah mempersiapkan dokumen dan memposisikannya dengan benar pada flatbed scanner, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Epson Scan 2. Aplikasi ini biasanya sudah terpasang pada komputer atau laptop Anda setelah menginstal driver printer Epson L3110.

Epson Scan 2 memiliki berbagai macam fitur untuk mengatur jenis dan kualitas scanning, ukuran dokumen, serta mengatur banyaknya dokumen yang akan di scan secara bersamaan. Melalui aplikasi ini, proses scanning dokumen dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

3. Atur Pengaturan Scanning

Pada aplikasi Epson Scan 2, pilih opsi “Scan” kemudian pilih “Custom”. Anda dapat menentukan pengaturan scanning sesuai kebutuhan, seperti jenis dokumen, resolusi, dan format file. Pastikan juga memilih opsi “Multiple pages” agar Anda dapat melakukan scanning dokumen dalam jumlah banyak.

4. Mulai Proses Scanning

Setelah pengaturan scanning telah selesai, klik “Scan” untuk memulai proses scanning. Pastikan dokumen yang akan di scan ditempatkan dengan rapi pada tempat scanning dan ikuti instruksi pada aplikasi Epson Scan 2. Jika Anda ingin melakukan scanning dokumen dalam jumlah banyak, cukup tambahkan dokumen pada tempat scanning dan klik “Scan” kembali.

Cara Scan Agar Tidak Terpotong

Ketika melakukan proses scanning dokumen, terkadang hasil scanning yang diperoleh terpotong atau tidak lengkap. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti posisi dokumen yang tidak tepat pada flatbed scanner, ukuran dokumen yang tidak sesuai, atau pengaturan scanning yang kurang akurat. Agar hasil scanning dokumen terlihat lebih lengkap dan akurat, Anda dapat mengikuti beberapa cara scan agar tidak terpotong berikut ini. 

1. Atur Ukuran Dokumen

Pada aplikasi Epson Scan 2, pilih opsi “Scan” kemudian pilih “Custom”. Pada bagian “Preview”, atur ukuran dokumen yang akan di scan sesuai dengan ukuran dokumen yang sesungguhnya. Hal ini dilakukan agar dokumen yang di scan tidak terpotong atau hilang pada bagian tepi dokumen. Hasil scanning dokumen pun akan tampak lebih jelas. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Kertas Nyangkut di Printer Epson L360

2. Sesuaikan Posisi Dokumen

Pastikan dokumen yang akan di scan ditempatkan dengan rapi pada tempat scanning dan tidak terlalu dekat atau terlalu jauh dari tempat scanning. Hal ini dilakukan agar hasil scanning dapat terlihat jelas dan tidak terpotong. 

Anda juga dapat mengecek posisi dokumen pada preview yang tersedia di aplikasi Epson Scan 2 sebelum melakukan proses scanning. Jika posisi dokumen sudah sesuai, maka Anda dapat melanjutkan proses scanning dengan mengatur pengaturan scanning yang sesuai dengan kebutuhan dokumen yang akan di scan

3. Pilih Opsi “Auto” pada “Document Table Size”

Pada aplikasi Epson Scan 2, pilih opsi “Scan” kemudian pilih “Custom”. Pada bagian “Document Table Size”, pilih opsi “Auto”. Hal ini dilakukan agar aplikasi Epson Scan 2 dapat menyesuaikan ukuran dokumen yang di scan dengan tepat dan tidak terpotong. Anda juga dapat mengatur ukuran dokumen secara manual pada bagian “Document Size” jika dibutuhkan.

4. Gunakan Fitur Cropping

Jika hasil scanning masih terpotong pada bagian tepi dokumen, Anda dapat menggunakan fitur cropping pada aplikasi Epson Scan 2. Melalui fitur ini, Anda dapat memotong bagian yang tidak diperlukan pada hasil scanning, sehingga dokumen dapat terlihat lebih jelas dan lengkap.

Saat Anda mengikuti langkah-langkah di atas, maka Anda dapat melakukan scanning dokumen dalam jumlah banyak dengan mudah dan cepat menggunakan printer Epson L3110. Alhasil, cara scan banyak di Epson L3110 ini dapat mempermudah pekerjaan sehari-hari Anda. 

Baca Juga: Cara Reset Printer HP Ink Tank 315 dengan Baik dan Benar

Jika proses scan dokumen ini dilakukan untuk keperluan event besar, Anda bisa mengandalkan IndoRental untuk sewa printer dalam jumlah banyak. Bagi Anda yang menyelenggarakan event di Kota Bandung dan sekitarnya, IndoRental menyediakan sewa printer Epson tipe L3110 dengan harga sewa mulai dari Rp400.000 untuk sewa harian.

Anda bisa sewa printer sesuai dengan kebutuhan Anda, harian, mingguan, hingga bulanan. Anda ingin mendapatkan harga sewa khusus? Tentu saja bisa, hubungi IndoRental dan sewa printer sekarang juga!