4 Cara Menghidupkan Tablet yang Mati Total

4 Cara Menghidupkan Tablet yang Mati Total

cara menghidupkan tablet yang mati total
Teknologi

Adakah cara menghidupkan tablet yang mati total? Tablet merupakan perangkat portabel dengan spesifikasi yang hampir sama dengan komputer. Tablet dapat dioperasikan dengan sistem layar sentuh menggunakan jari tangan, stylus, atau pena digital. Jika dibandingkan dengan smartphone, tablet memiliki layar yang lebih besar dan performa yang lebih baik. 

Seperti perangkat pada umumnya, tablet juga memiliki kelemahan. Pertama, Anda tidak dapat melakukan panggilan maupun pertukaran pesan dengan nomor telepon sebab tablet dirancang sebagai komputer portabel yang praktis. Kedua, dari segi kapasitas baterai, tablet memiliki daya tahan rendah sehingga lebih cepat habis. 

Apabila Anda pernah mengalami kondisi tablet yang mati total dan tidak dapat menyala, hal ini merupakan salah satu permasalahan yang timbul akibat sistem software di dalamnya masih dalam perkembangan. Lalu apa yang dapat dilakukan untuk menghidupkan tablet yang mati total? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini untuk menemukan jawabannya.  

Baca Juga: Jangan Terlewatkan, Ini Dia 4 Rekomendasi Tablet Terbaik untuk Game.

Apa Penyebab Tablet Mati Total?

Sebelum mencoba menghidupkan tablet, alangkah baiknya untuk mengenali penyebab matinya tablet terlebih dahulu. Umumnya, tablet yang mati total disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Kerusakan pada kabel cas. 

2. Port untuk cas tablet dalam kondisi yang kotor tertutup debu atau terkena air, sehingga tablet tidak dapat melakukan pengecasan secara maksimal.

3. Rusak pada bagian layar.

4. Kondisi tablet terlalu panas atau terlalu dingin.

5. Kesalahan pada software yang belum dirancang secara sempurna, sehingga sistem mengalami freeze pada mode mati.

6. Terdapat kerusakan atau permasalahan pada komponen tablet di dalamnya. 

Beberapa permasalahan di atas dapat disebabkan oleh kebiasaan menggunakan tablet hingga daya baterai benar-benar kosong dan tablet mati. Sehingga sangat tidak disarankan untuk memaksa penggunaan perangkat saat baterai sudah hampir habis. Perhatikan pula perawatan tablet. Layar adalah komponen utama agar tablet dapat dioperasikan, maka dari itu hindari tindakan yang dapat merusaknya. 

Bagaimana Cara Menghidupkan Tablet Yang Mati Total?

Penyebab kecil tablet yang mati total dapat diatasi secara mandiri, namun harus berhati-hati dan teliti. Sedangkan pada permasalahan besar terutama kerusakan pada komponen tablet sebaiknya ditangani oleh teknisi ahli agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih besar. Adapun cara yang dapat Anda lakukan untuk menghidupkan tablet yang mati total adalah: 

Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas Anda! Berikut 5 Rekomendasi Tablet untuk Kerja

1. Coba Sambungkan dengan Pengisi Daya

Cara menghidupkan tablet yang mati total pertama adalah sambungkan dengan pengisi daya. Pastikan kabel yang digunakan berfungsi dengan baik dan area port pada tablet dalam keadaan bersih. Setelah disambungkan, tunggu beberapa saat untuk memastikan daya terisi dan coba hidupkan. 

Jika berhasil, berarti penyebab tablet yang mati total adalah daya baterai habis dan pada pengisian yang dilakukan sebelumnya, kabel tidak terhubung. Penyebabnya dapat berupa kabel yang rusak, port dalam keadaan kotor, atau bahkan stop kontak yang tidak menghubungkan aliran listrik dengan baik.

2. Melakukan Power Cycle

Kondisi layar yang tidak dapat menyala belum tentu menunjukkan bahwa tablet mati, namun ada kemungkinan bahwa layar terhenti pada mode mati dan tidak dapat menyala. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melakukan power cycle dengan menekan tombol power selama 30 detik hingga satu menit. 

Dengan begitu, perangkat akan mati dan Anda dapat menyalakan kembali dengan cara yang sama. Namun perlu diingat bahwa setiap produk tablet memiliki cara dan kebijakan power cycle masing-masing. Pastikan untuk membaca paduan power cycle dari setiap produk secara lebih jelas sebelum melanjutkan langkah ini.

Baca Juga: Daftar Lengkap Tablet untuk Anak Terbaru

3. Sambungkan dengan Laptop atau Komputer 

Apabila cara di atas belum dapat mengatasi permasalahan tablet yang mati total, maka cara lain yang dapat dilakukan adalah menyambungkan tablet dengan laptop atau komputer. Ada dua hal yang dapat dilakukan yaitu troubleshoot dan melakukan update software.

Troubleshoot adalah cara yang dilakukan dengan menyambungkan tablet dengan perangkat lain dan membiarkan tablet mengisi daya selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, cabut kabel pada tablet dan masukkan kembali setelah beberapa detik. Pada saat ini, tekan tombol power dan tahan dalam beberapa detik. Klik pada pilihan restart dan tunggu hingga proses selesai. 

Namun, apabila permasalahan timbul akibat software yang belum di update, Anda dapat melakukan update software setelah tablet menyala agar kondisi tablet yang mati total tidak terjadi lagi. 

4. Lakukan Reset

Salah satu komponen yang menjadi faktor tablet mati total adalah RAM dan ROM yang terlalu penuh. Cara utama yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah reset perangkat. Konsekuensinya, seluruh data di dalam tablet akan hilang dan tablet akan kembali pada setelan pabrik seperti saat pertama kali dibeli. 

Disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu sebelum reset data. Jika sudah, lakukan langkah-langkah untuk reset tablet dengan sistem android di bawah ini:

  • Pertama, tekan tombol power dan volume down secara bersamaan selama beberapa detik. 
  • Kedua, gunakan tombol volume up dan down untuk memilih menu recovery mode
  • Ketiga, tekan kembali tombol power dan klik pada pilihan wipe data/factory reset. Lalu tekan OK dengan tombol power.
  • Terakhir, klik yes dan tunggu beberapa saat. Melalui proses tersebut, tablet Anda telah kembali pada setelan awal.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tablet untuk Menggambar Digital

Jadi, apakah Anda telah menemukan cara menghidupkan tablet yang mati total yang sesuai dengan permasalahan tablet? Jika belum, berarti terdapat kerusakan pada komponen lain di dalamnya. Untuk mengatasi permasalahan komponen tersebut, kunjungi teknisi ahli dan lakukan servis. 

Saat tablet dalam masa perbaikan dan Anda membutuhkan unit tablet untuk menyelesaikan pekerjaan, tidak perlu khawatir. Sewa tablet dengan mudah dan cepat sesuai dengan yang Anda butuhkan di IndoRental. IndoRental dipercaya banyak individu dan instansi untuk menyewakan perangkat IT dan multimedia yang berkualitas dengan total unit tersewa lebih dari 20.000. 

Tidak perlu ragu, kunjungi website IndoRental sekarang juga dan temukan berbagai kebutuhan perangkat digital dengan segala spesifikasi dan harga yang terjangkau. Semoga informasi cara menghidupkan tablet yang mati total di atas dapat membantu.