Begini Cara Mengatur Cahaya Laptop Anda

Begini Cara Mengatur Cahaya Laptop Anda

cara mengatur cahaya laptop
Tips dan Trik

Apakah Anda mengetahui bagaimana cara mengatur cahaya laptop Anda? Jika Anda belum mengetahuinya, maka ini saatnya Anda untuk mempelajari cara mengaturnya. Pengaturan cahaya pada laptop memiliki beberapa kegunaan. Pertama, pengaturan cahaya membantu untuk membuat tampilan layar laptop menjadi terlihat saat Anda berada di ruangan dengan sinar matahari yang banyak. Kedua, pengaturan cahaya membantu Anda untuk menyesuaikan kecerahan layar laptop saat Anda berada di tempat yang gelap. 

Tujuan untuk menaikkan atau menurunkan kecerahan layar laptop Anda adalah untuk menyesuaikannya dengan mata Anda. Apalagi saat ini, dengan semua kegiatan yang kita lakukan di depan laptop atau komputer, mata kita menjadi terasa lebih lelah setelah menatap layar laptop berjam-jam. Hal ini karena tingkat kecerahan yang tidak sesuai dengan keadaan lingkungan di mana kita berada akan membuat mata Anda perih dan membuat kepala Anda pusing. 

Misalnya saat tingkat kecerahan laptop tinggi, namun sekeliling ruangan kita gelap. Jika keadaan seperti ini berlanjut dalam jangka waktu yang panjang, mata Anda akan mengalami kerusakan. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa cara untuk mengatur cahaya laptop. Saat Anda berada pada ruangan yang sangat gelap, Anda bahkan bisa mengubah cahaya laptop ke dalam night mode

5 Cara Mengatur Cahaya Laptop Dengan Mudah

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatur pencahayaan layar laptop Anda. Cara apa pun yang Anda pilih tidak menjadi masalah. Gunakan cara yang paling nyaman untuk Anda. 

1. Manual

Anda dapat membukanya dengan menekan tombol Windows dan pilih pengaturan. Selanjutnya pergi ke bagian “System” dan klik “Display”. Jika sudah, maka akan muncul tulisan “Brightness and color”. Pada bagian bawah dari tulisan tersebut terdapat garis rentang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Baca Juga: 3 Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Pada Windows 10

Arahkan ke kiri untuk menurunkan pencahayaan dan arahkan ke kanan untuk meningkatkan pencahayaan. Jika Anda sedang dalam ruangan yang tidak memiliki cukup pencahayaan, maka Anda dapat memilih “Night light”. Untuk cara cepat ke pengaturan, Anda dapat langsung menekan tombol Windows + I. Lalu lanjutkan dengan tahap yang sama.

2. Otomatis Dengan Mode Hemat Baterai

Tekan tombol Windows + I untuk langsung menuju tab pengaturan. Setelah itu klik “System”. Cari pilihan “Battery”. Jika sudah, Anda dapat langsung menggulir ke bawah pada bagian yang bertuliskan “turn battery saver on automatically at”. Pada bagian bawah tulisan tersebut Anda bisa memilih pada sisa berapa persen penyimpanan baterai dijalankan. Jangan lupa untuk mencentang “Lower screen brightness while in battery saver”, agar pencahayaan laptop Anda akan menurun secara otomatis saat mode battery saver dinyalakan.

 Baca Juga: Bagaimana Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop?

3. Adaptive Brightness

Jika laptop Anda memiliki sensor pencahayaan, maka Anda dapat menyalakan fitur ini. Caranya adalah menekan tombol Windows + I. Pergi ke bagian “System” dan klik “Display”. Jika Anda melihat ada pilihan “adaptive brightness” maka Anda dapat mencentangnya atau mengalihkannya ke mode aktif. Jika pilihan tersebut tidak ada, maka laptop Anda tidak memiliki fitur ini. 

4. Menggunakan Slider

Ada cara yang lebih mudah, Anda dapat langsung mengarahkan kursor ke bagian bawah kanan yang memiliki simbol baterai. Setelah itu Anda dapat langsung mengatur pencahayaan sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Menggunakan Keyboard

Cara lainnya yang lebih mudah adalah saat keyboard pada laptop Anda memiliki tombol pengaturan pencahayaan yang disimbolkan dengan simbol matahari. Untuk penggunaannya, Anda tinggal menekan tombol “fn” + “simbol matahari”. Simbol matahari yang lebih kecil untuk merendahkan pencahayaan, sebaliknya yang lebih besar untuk meninggikan pencahayaan.

Bagaimana? Mudah bukan mengatur pencahayaan layar laptop Anda? Semoga kelima cara mengatur cahaya laptop di atas dapat membantu Anda untuk menyesuaikan kecerahan layar laptop, agar mata Anda tidak lagi sakit saat menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama.

Akan tetapi jika laptop Anda tidak bisa mengatur pencahayaan karena ada kerusakan tertentu, Anda bisa menyewa laptop yang disediakan oleh IndoRental. Kami menyediakan beberapa jenis laptop yang dapat Anda pilih di mana pun Anda berada. Tidak hanya sewa laptop Jakarta, tetapi juga sewa laptop Bandung telah tersedia di IndoRental. Segera kunjungi IndoRental untuk memilih laptop yang ingin Anda sewa. Demikian pembahasan kali ini mengenai cara mengatur cahaya laptop Anda, untuk artikel bermanfaat lainnya Anda dapat mengunjungi website kami.