5 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 8

5 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 8

cara mengatasi blue screen windows 8
Tips dan Trik

Bingung kenapa laptop windows 8 Anda tiba-tiba blue screen? Blue Screen of Death (BSOD) secara umum cukup banyak dialami pengguna Windows, termasuk Windows 8. Ketika blue screen terjadi, laptop akan tiba-tiba mati dan menampilkan layar biru dengan pesan kesalahan. 

Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Kondisi ini tentu sangat mengganggu, terutama saat Anda sedang bekerja atau menggunakan laptop untuk keperluan penting lainnya. 

Supaya laptop Anda dapat kembali berfungsi dengan normal, coba perhatikan cara mengatasi blue screen Windows 8 di bawah ini!

5 Penyebab Blue Screen pada Windows

Blue screen alias Blue Screen of Death (BSOD) pada Windows 8 dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Memahami penyebab utama dari masalah ini dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi dan mengatasinya dengan lebih efektif. Berikut beberapa penyebab umum dari blue screen pada Windows 8 yang perlu Anda pelajari.

1. Driver yang Tidak Kompatibel

Driver adalah perangkat lunak yang memungkinkan sistem operasi untuk berkomunikasi dengan perangkat keras. Jika driver tidak kompatibel dengan Windows 8 atau bahkan mengalami kerusakan, hal ini bisa menyebabkan blue screen

Masalah ini umumnya terjadi setelah Anda menginstal perangkat keras baru atau memperbarui driver yang ada. Driver yang usang atau tidak diperbarui dengan benar juga bisa menjadi sumber masalah.

2. Masalah Memori (RAM)

RAM yang bermasalah atau rusak juga sering menjadi penyebab blue screen. RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara yang diperlukan oleh sistem dalam menjalankan berbagai aplikasi. 

Jika RAM tidak berfungsi dengan baik maka sistem tidak dapat menyimpan dan mengakses data dengan benar yang pada akhirnya mengakibatkan crash. Masalah RAM bisa disebabkan oleh modul yang rusak, koneksi yang tidak baik, atau overclocking yang berlebihan. 

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Fingerprint di Laptop Windows 10 dan 11 dengan Mudah

3. Overheating

Overheating atau panas berlebih pada komponen komputer bahkan juga bisa salah satu penyebab umum blue screen. Ketika suhu komponen seperti CPU terlalu tinggi, maka mesin tidak dapat berfungsi dengan optimal dan dapat menyebabkan sistem crash

4. Masalah pada Hard Disk

Hard disk yang mengalami bad sector atau kesalahan dalam file system bisa membuat sistem operasi tidak dapat membaca atau menulis data dengan benar yang akhirnya menyebabkan crash. Masalah ini sering disebabkan oleh usia hard disk yang sudah tua atau penggunaan yang berlebihan. 

5. Infeksi Malware

Malware atau virus jelas dapat merusak file sistem dan mengganggu kinerja laptop yang pada akhirnya bisa menyebabkan blue screen. Infeksi malware yang parah dapat merusak registry Windows, menghapus file penting, atau bahkan mengubah pengaturan sistem tanpa sepengetahuan Anda. 

Baca Juga: Begini 5 Cara Cek Keaslian Windows yang Anda Punya

5 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 8

Apabila semua hal tersebut terjadi pada laptop, lalu bagaimana cara Anda mengatasi blue screen dengan baik dan benar? Senang Anda bertanya, berikut penjelasan lengkap cara mengatasi blue screen dengan baik. 

1. Memperbarui Driver

Driver yang usang atau tidak kompatibel jelas perlu diganti dengan yang baru. Anda dapat memperbarui driver melalui Device Manager dengan mengklik kanan pada perangkat yang ingin diperbarui, lalu memilih “Update driver”. 

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi situs web produsen perangkat keras untuk mengunduh driver terbaru yang kompatibel dengan Windows 8. Pastikan untuk selalu memperbarui driver secara rutin untuk mencegah masalah yang serupa pada masa mendatang.

2. Memeriksa dan Mengganti RAM

Jika Anda mencurigai bahwa RAM laptop adalah penyebab utama blue screen, maka tak ada salahnya untuk menggunakan alat diagnostik seperti Windows Memory Diagnostic untuk memeriksa kondisi RAM. 

Jalankan alat ini untuk mendeteksi kesalahan pada RAM. Jika alat tersebut menemukan masalah, Anda mungkin perlu mengganti modul RAM yang rusak. Pastikan untuk membeli RAM yang kompatibel dengan motherboard dan sesuai dengan kebutuhan sistem Anda. Mengganti RAM yang rusak dapat meningkatkan stabilitas sistem dan mencegah terjadinya blue screen di masa mendatang.

3. Membersihkan Komputer dari Debu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, overheating termasuk penyebab umum blue screen yang perlu dihindari. Salah satu cara paling efektif untuk melakukannya ialah dengan membersihkan komputer dari debu. 

Debu yang menumpuk di dalam casing dapat menghalangi aliran udara dan menyebabkan komponen seperti CPU menjadi terlalu panas. Jadi pastikan juga ventilasi di casing tidak tersumbat dan kipas berfungsi dengan baik untuk menjaga suhu komputer tetap rendah.

Baca Juga: Cara Sharing Printer Windows 10 Dengan Mudah

4. Menghapus Malware

Malware dapat merusak file sistem dan menyebabkan blue screen. Untuk mengatasi ini, lakukan pemindaian penuh dengan perangkat lunak antivirus yang selalu diperbarui. Pastikan antivirus yang Anda gunakan dapat mendeteksi dan menghapus berbagai jenis malware. Setelah pemindaian selesai, ikuti instruksi untuk menghapus atau mengkarantina malware yang ditemukan. Selain itu, pastikan firewall diaktifkan dan hindari mengunduh perangkat lunak dari sumber yang tidak tepercaya untuk mencegah infeksi malware pada masa mendatang.

5. Melakukan Instalasi Ulang Windows

Kemudian Anda juga bisa mencoba melakukan instalasi ulang Windows 8. Instalasi ulang akan menghapus semua data di partisi sistem, jadi pastikan Anda mencadangkan semua data penting sebelum melanjutkan. 

Gunakan media instalasi Windows 8 yang asli untuk melakukan instalasi ulang dan ikuti petunjuk di layar. Instalasi ulang dapat mengatasi masalah perangkat lunak yang tidak kompatibel dan memberikan sistem yang bersih.

Jadi itu dia berbagai penyebab dan cara mengatasi blue screen pada Windows 8. Semoga Anda mendapati cara-cara terbaik untuk mengatasi blue screen sehingga produktivitas pekerjaan tidak menurun.

Namun jika semua upaya tersebut tidak berhasil atau Anda tidak ingin repot dengan masalah teknis, mempertimbangkan untuk sewa laptop Windows dari Indorental bisa menjadi solusi yang tepat. 

Indorental menyediakan berbagai pilihan laptop Windows dengan kondisi prima, siap pakai, dan bebas dari masalah teknis seperti blue screen. Dengan menyewa laptop dari Indorental, Anda bisa fokus pada pekerjaan tanpa khawatir terganggu oleh masalah laptop. Kalau begitu langsung kunjungi Indorental sekarang dan temukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
banner-indorental-diskon-untuk-sewa-perusahaan