Begini 5 Cara Cek Keaslian Windows yang Anda Punya

Begini 5 Cara Cek Keaslian Windows yang Anda Punya

cara cek keaslian windows
Tips dan Trik

Sedang merencanakan pembelian laptop atau PC komputer baru? Sebelum Anda deal dengan penjual, pastikan perangkat yang dibeli sudah memiliki sertifikasi Windows yang asli. Selain bertanya kepada penjual, Anda bisa ikut memeriksanya dengan mengecek keaslian Windows. Cara cek keaslian Windows sebenarnya mudah saja. Indorental sudah mengumpulkan cara praktis untuk mengeceknya dengan mudah. Langsung simak informasi lengkapnya di bawah ini!

4 Dampak Tidak Memiliki Sertifikasi Windows yang Asli

Sebelum membahas cara untuk memverifikasi keaslian Windows, mari pahami apa saja dampak sertifikasi Windows yang Palsu berikut ini. 

1. Risiko Penjara dan Denda

Menggunakan versi bajakan Windows bukan hanya melanggar hukum, tetapi juga dapat berujung pada sanksi hukum serius. Pasalnya kebijakan lisensi perangkat lunak Microsoft jelas menyatakan bahwa setiap pengguna harus menggunakan salinan yang asli dan memiliki lisensi yang valid. Tak main-main, seseorang yang kedapatan menggunakan sertifikasi Windows palsu dapat masuk penjara dan harus membayar denda pelanggaran yang besar hingga Rp4 miliar. 

2. Kinerja Perangkat Menurun

Perangkat lunak bajakan dapat mengakibatkan kinerja perangkat Anda menurun. Biasanya, versi bajakan Windows tidak mendapatkan pembaruan keamanan dan perbaikan bug yang diperlukan untuk menjaga performa optimal. Hal ini jelas dapat menyebabkan sistem operasi menjadi lambat dan tidak responsif sehingga mengganggu produktivitas Anda.

Baca Juga: Pelajari 7 Cara Transfer File dari Windows ke iPad

3. Tidak Bisa Melakukan Update Software

Salah satu manfaat utama menggunakan versi asli Windows ialah akses ke pembaruan perangkat lunak yang teratur. Dengan menggunakan versi bajakan, Anda tidak hanya melewatkan fitur-fitur baru, tetapi juga tidak mendapatkan pembaruan keamanan penting yang diperlukan untuk melindungi sistem perangkat dari ancaman cyber.

4. Meningkatnya Risiko Terkena Serangan

Penggunaan versi bajakan Windows meningkatkan risiko terkena serangan cyber. Tanpa pembaruan keamanan yang tepat, sistem Anda rentan terhadap malware, virus, dan serangan cyber lainnya. Tentunya hal ini dapat mengancam data pribadi Anda, informasi sensitif, bahkan kinerja perangkat secara keseluruhan.

Baca Juga: Mengenal Cara Balik Layar Laptop Windows dengan Mudah

Jadi Bagaimana Cara Cek Keaslian Windows?

Dampak tak adanya sertifikasi Windows ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah yang berujung pada penurunan produktivitas. Hal ini tentu tak bisa dibiarkan begitu saja. Apa lagi kalau hal ini terjadi pada laptop atau PC komputer yang baru saja dibeli, sangat merugi bukan? Jadi pastikan Anda tahu bagaimana cara mengecek keaslian Windows dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini. 

1. Memeriksa Notifikasi Perangkat

Salah satu cara paling sederhana untuk memeriksa keaslian Windows Anda adalah dengan memeriksa notifikasi perangkat yang mungkin muncul pada layar. Microsoft sering mengirimkan notifikasi kepada pengguna yang menggunakan versi Windows yang asli. Jika Anda tidak melihat notifikasi semacam itu maka bisa jadi Windows dalam perangkat yang dimiliki palsu.

2. Adanya Pembaruan Software Secara Berkala

Windows asli akan secara teratur menerima pembaruan software dari Microsoft. Jika sistem Anda secara konsisten menerima pembaruan yang diperlukan maka jelas bahwa Windows dalam perangkat tersebut asli. Pembaruan tersebut mencakup tidak hanya pembaruan keamanan, tetapi juga pembaruan fitur dan perbaikan bug, yang semuanya penting untuk menjaga sistem Anda tetap aman dan berjalan dengan baik.

Baca Juga: Cara Sharing Printer Windows 10 Dengan Mudah

3. Tak Sering atau Bahkan Tak Pernah Terkena Serangan Siber

Pengguna Windows asli sering kali memiliki pengalaman yang berbeda ketika datang ke serangan siber. Windows asli menerima pembaruan keamanan teratur sehingga risiko terkena serangan siber biasanya lebih rendah daripada pengguna Windows bajakan. Jika Anda jarang atau bahkan tidak pernah mengalami serangan siber yang signifikan maka tandanya Windows dalam perangkat tersebut asli. 

4. Tidak Akan Ada Masalah Saat Install Ulang

Saat menginstal ulang Windows atau melakukan upgrade ke versi yang lebih baru, Windows asli biasanya tidak akan mengalami masalah aktivasi. Hal ini dikarenakan lisensi sudah terdaftar di server Microsoft dan dapat dengan mudah diaktivasi kembali setelah instalasi ulang. Jika ternyata ditemukan masalah saat mencoba mengaktifkan Windows setelah instal ulang, berarti Windows pada perangkat Anda kemungkinan besar palsu. 

5. Tak Bisa Melakukan Pengaduan Ke Customer Servis 

Microsoft menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik untuk seluruh pengguna Windows asli. Jika memiliki masalah dengan aktivasi atau memiliki pertanyaan lain tentang keaslian Windows, tentu setiap pengguna dapat langsung menghubungi layanan pelanggan Microsoft untuk mendapatkan bantuan. Namun jika Windows pada perangkat ternyata bajakan maka pengguna tidak akan memiliki akses ke layanan pelanggan ini.

Jadi itu dia berbagai cara cek keaslian Windows yang bisa Anda lakukan. Melalui penjelasan di atas semoga Anda bisa menemukan perangkat elektronik yang tepat dengan sertifikasi Windows yang asli sehingga produktivitas bekerja dapat meningkat. 

Ketika mencari perangkat elektronik untuk bekerja, Anda tak perlu melakukannya dengan terburu-buru. Pasalnya ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan selain mengecek keaslian Windows. Anda tentunya perlu mencari laptop yang memiliki semua spesifikasi yang dibutuhkan. Makin banyak faktor yang Anda pertimbangkan maka makin tepat juga pemilihan laptop yang dibutuhkan. 

Apabila tak cukup hanya dengan mencari atau membandingkan informasi yang tersedia di internet, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dengan melakukan sewa laptop di Indorental. Anda hanya perlu mencari tipe dan merek laptop yang diinginkan, kemudian hubungi tim Indorental. 

Tipe laptop yang tersedia di Indorental sangat beragam sehingga Anda bisa menemukan perangkat yang diincar. Hal ini bahkan tak hanya berlaku untuk laptop. Indorental juga menyediakan jasa sewa berbagai perangkat elektronik berkualitas yang bisa disewa dalam periode waktu fleksibel. 

Tak berhenti di sana, Indorental bahkan bisa menyewakan beragam perangkat elektronik dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan acara Anda dengan harga yang terjangkau. Apabila membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai perangkat apa saja yang disewakan, Anda bisa langsung mengeceknya di katalog Indorental. Jangan ragu juga melakukan konsultasi apabila dibutuhkan, langsung saja hubungi tim Indorental untuk menemukan perangkat elektronik yang diinginkan!