3 Cara Menyambungkan Laptop Ke Proyektor

Cara Menyambungkan Laptop Ke Proyektor
Tips dan Trik

Kebutuhan perangkat teknologi memang harus terpenuhi pada saat ini. Ada beberapa perangkat yang Anda gunakan sehari-hari. Salah satunya adalah laptop. Dengan ukuran lebih kecil, ringan, dan dapat dibawa dengan mudah, semakin banyak tipe laptop yang dijual. Selain itu beberapa fiturnya pun juga membantu aktivitas Anda. Termasuk untuk presentasi. Tapi bagaimana cara menyambungkan laptop ke proyektor?

Laptop memang sering digunakan sebagai medium untuk presentasi. Tapi tidak hanya sekadar membutuhkan laptop saja. Anda juga butuh proyektor agar bisa memberikan presentasi dalam media yang lebih besar dan jelas. Penggunaan proyektor sendiri memang telah dimanfaatkan sejak lama. Tapi masih ada yang belum tahu bagaimana cara menyambungkan laptop ke proyektor. Untuk itu, inilah tiga cara mudah yang bisa Anda praktikkan saat ini juga.

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor di Windows 8 dan 10

Untuk cara pertama, ini dikhususkan bagi pengguna laptop dengan Windows 8 dan 10:

  1. Anda bisa memulai dengan masuk ke menu Display Setting. Caranya dengan klik kanan di layar desktop, lalu pilih Display Setting.
  2. Kemudian pilih opsi Display dan masuk ke bagian Advanced Display Setting.
  3. Anda bisa memilih opsi Advanced Settings of Text and Other Item. 
  4. Anda akan dibawa ke bagian Control Panel. Lalu pilih Project to a Second Screen yang ada di sebelah kiri atas layar. Selanjutnya pilih Duplicate.
  5. Sekarang Anda sudah bisa memilih proyektor yang ingin dihubungkan dengan laptop.

Baca Juga: Cara Screen Recorder di Laptop

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor di Windows 7

  1. Pertama, Anda bisa mengklik Start atau logo Windows di sebelah kiri bawah layar. Kemudian pilih opsi Control Panel.
  2. Selanjutnya akan muncul beberapa menu pilihan. Cari menu Hardware and Sound.
  3. Kalau sudah membukanya, terlihat opsi Connect to a Projector dan klik itu.
  4. Nantinya muncul 4 opsi pilihan. Ada Computer Only, Duplicate, Extend, dan Projector Only. Keempatnya bisa dipakai untuk menyambungkan laptop ke proyektor. Tapi sama seperti cara pertama, Anda sebaiknya memilih opsi Duplicate karena bisa membuat layar laptop dan proyektor memberikan tampilan yang sama.

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor di Mac

Untuk menyambung laptop ke proyektor di laptop Mac, tentunya bisa dilakukan dengan mencolokkan kabel. Untuk kabelnya sendiri bisa beberapa pilihan. USB-C, HDMI, hingga VGA. Memang tidak semua laptop Mac memiliki port untuk pilihan kabel di atas. Anda bisa menggunakannya dengan memakai hub connector yang sudah dijual bebas saat ini.

Sebenarnya sama dengan laptop Mac, untuk pilihan menyambungkan laptop ke proyektor di Windows sendiri juga perlu kabel HDMI hingga VGA. Biasanya untuk pilihan laptop Windows telah tersedia port kabel di atas. Jadi tidak memerlukan hub connector lagi seperti laptop Mac.

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana menyambungkan laptop ke proyektor. Aktivitas presentasi menjadi lebih mudah dengan mengikuti cara-cara yang telah diberikan. Apalagi jika laptop anda bebas lemot, untuk itu gunakanlah cara mengatasi laptop lemot.

Butuh laptop untuk kebutuhan bisnis, event, ataupun pribadi? Anda tidak perlu membelinya. Telah hadir IndoRental yang menjadi penyedia layanan penyewaan perangkat IT & laptop. Berpengalaman sejak 2007, Anda bisa sewa laptop bandung dengan tipe, merek, dan spesifikasi yang sesuai kebutuhan. Begitu juga jika anda ingin sewa proyektor. Jangka waktu penyewaan pun bisa disesuaikan dengan keperluan Anda. Jadi tunggu apalagi? Tidak perlu bingung mencari tempat sewa laptop yang terpercaya dan berkualitas. Dapatkan laptop terbaik untuk mendukung aktivitas Anda bersama IndoRental.