Ketahui Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Kabel Data

cara menghubungkan hp ke laptop dengan kabel data
Uncategorized

Cara menghubungkan HP ke laptop dengan kabel data atau USB wajib diketahui oleh semua orang. Sebab saat ini, banyak orang yang lebih sering menggunakan HP daripada laptop mereka. Untuk urusan pekerjaan, kita juga cenderung menerima dan membaca file kerjaan di HP terlebih dahulu apabila kondisi sedang tidak memungkinkan untuk menggunakan laptop.

Permasalahannya file yang kita terima tersebut membutuhkan beberapa perbaikan lebih lanjut. Menggunakan HP untuk mengeditnya rasanya tidak nyaman, lantaran tampilan yang dilihat malah lebih kecil dan terbatas. Apalagi perbaikan yang dilakukan membutuhkan fitur yang hanya bisa dilakukan di laptop sehingga menghasilkan file yang enak dibaca.

Mengoleksi foto dan video di HP sudah menjadi kebiasaan yang sering kita lakukan. Apalagi kita sedang menghadiri suatu momen atau berlibur, rasanya tangan terasa gatal untuk mengambil semua potret kita dengan kamera HP. Kegiatan tersebut tentunya sudah lazim dilakukan, mengingat momen yang kita nikmati belum tentu datang untuk kedua kalinya. Namun, kita juga bingung bagaimana caranya memindahkan semua foto dan video tersebut ke laptop lantaran memori HP yang tidak cukup.

Selain itu, foto dan video yang kita miliki juga ingin diedit dengan menggunakan aplikasi edit video di laptop. Mengirimkannya melalui aplikasi chatting akan mengurangi resolusi gambarnya, sementara membackup semua foto tersebut ke cloud storage malah menghabiskan data internet yang cukup besar. Solusinya, Anda harus menghubungkan HP dengan laptop bermodalkan kabel data.

Menghubungkan HP ke laptop bisa membantu Anda memindahkan file yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengisi daya baterai HP Anda menggunakan kabel data di laptop, apabila colokan listrik yang tersedia tidak cukup untuk digunakan. Tips ini juga bisa digunakan untuk menyambungkan internet dari HP ke laptop Anda apabila tidak ada WiFi yang tersedia.

Simak Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Kabel Data Ini

Apabila Anda mengalami masalah di atas, jangan khawatir. Anda bisa mengikuti cara menghubungkan HP ke laptop dengan kabel data dari Indorental ini. Peralatan yang disiapkan juga tidak banyak, cukup kabel data (USB) yang cocok digunakan untuk laptop dan HP Anda.

Anda harus mengetahui lokasi USB port di laptop dahulu sebelum mulai menyambungkan HP dengan laptop. Dilihat dari samping, tampilan USB Port agak mirip dengan HDMI port, tak jarang ada kejadian ‘salah masuk’ yang terjadi. Satu laptop bisa memiliki dua USB Port, jadi Anda bisa menghubungkan dua atau lebih perangkat ke laptop.

1. Sambungkan HP Anda dengan Kabel Data

Masukkan ujung kabel data yang lebih kecil ke HP Anda. Tergantung dari modelnya, mini-USB port di HP bisa berada di bagian kanan, kiri, atas atau bawah.

2. Masukkan Kabel Data ke USB Port di Laptop

Setelah menghubungkan kabel data yang lebih kecil ke laptop, masukkan ujung kabel data yang lebih besar ke USB Port.

3. Konfirmasi Pilihan Penggunaan Kabel Data di HP Anda

Setelahnya, muncul opsi di layar HP mengenai penggunaan USB di HP Anda. Anda harus mengkonfirmasi tujuan Anda menyambungkan HP ke laptop. Apakah tujuannya hanya untuk charging HP, memindahkan data atau melakukan input MIDI. Bila Anda memilih charging, maka opsi transfer data tidak bisa dilanjutkan.

Perlu diingat bahwa menghubungkan HP ke laptop memiliki risikonya sendiri. Resiko kebocoran data bisa lebih tinggi apabila Anda tidak hati-hati menggunakannya, terutama bila Anda menggunakan laptop dan HP untuk kebutuhan yang berbeda. Mengisi daya baterai HP melalui laptop juga tidak efisien. Alasannya, daya yang dihasilkan laptop tidak besar sehingga baterai HP lebih lama penuhnya. Menggunakannya secara terus menerus bisa mengurangi tingkat kesehatan baterai HP kita.

Ada pula bahaya lain yang ditimbulkan, yaitu virus. Virus bisa berpindah ke HP Anda apabila Anda sering menghubungkan HP ke laptop, bahkan ketika Anda tidak memindahkan file sekalipun. Virus di HP bermacam-macam bentuknya dan bisa menjadi target cybercrime yang berbahaya.

Apa saja virus yang ada di HP? Ada miners (program yang memakan sumber daya), trojan (berpotensi mencuri data pribadi), pests (berpotensi mengubah HP menjadi tidak responsif) dan lain-lain.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara menghubungkan HP ke laptop dengan kabel data. Anda tidak perlu bingung lagi apabila ada pekerjaan di HP yang harus diselesaikan di laptop. Tak hanya itu, Anda juga bisa memindahkan file yang ada di laptop ke HP ataupun sebaliknya tanpa harus repot-repot menggunakan internet dan aplikasi chatting.

Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan desain apabila laptop tidak cukup kompatibel, bukan? Terutama bila Anda belum memiliki budget yang cukup untuk membeli laptop baru. Karena itu, hubungi Indorental dan gunakan jasa sewa laptop Jakarta untuk keperluan pekerjaan Anda. Kami menyediakan berbagai macam laptop dengan berbagai spesifikasi yang dibutuhkan.

Baca juga: 2 Cara Reset iPad Lupa Password dan Memulihkannya