Penyebab dan Cara Menghilangkan Semut di TV LED

TV LED
Tips dan Trik

Bagaimana cara menghilangkan semut di TV LED? Caranya mudah saja. Namun Anda juga harus tahu apa penyebab dari masalah ini.

Memang, rasanya sama sekali tidak nyaman pada saat Anda membutuhkan tampilan TV LED yang jernih dan bagus untuk digunakan dalam urusan perkantoran dan event, seperti pameran atau launching produk. Semut di TV LED tidak hanya memberikan penampilan yang kurang bagus untuk dipandang, tapi juga suara berisik. Sebenarnya apa penyebab dari masalah ini? Apa saja cara menghilangkan gangguan semut di TV LED? Untuk lebih jelas, simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Semut di TV LED

Masalah semut muncul di TV sudah bukan hal baru. Bagi siapapun yang pernah merasakan TV dari zaman berbentuk tabung, pasti sudah pernah melihat semut mengganggu di dalamnya. Bahkan bingung apa penyebab dari masalah ini.

Ada beberapa penyebab semut di TV LED yang perlu Anda ketahui:

  • Pemasangan kabel HDMI tidak baik hingga membuat visual yang ditampilkan menjadi tak jernih. Intinya adalah Anda harus memastikan bahwa kabel yang dipasangkan ke TV LED wajib dalam kondisi baik serta pencolokannya juga tepat. Jangan sampai Anda memasang kabel HDMI terlalu longgar karena akan membuat semut muncul di dalam TV LED.
  • Kondisi TV LED kurang baik alias kualitasnya tidak mampu menampilkan visual terbaik. Mungkin bisa karena TV LED tersebut tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu Anda harus menemukan tempat sewa TV LED terbaik seperti IndoRental.

Setelah mengetahui beberapa penyebab munculnya semut di TV LED, Anda dapat mulai melakukan cara menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Semut di TV LED

Ada beberapa cara menghilangkan semut di TV LED. Berikut setiap caranya:

1. Cek sambungan HDMI

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek sambungan HDMI. Seperti penjelasan di atas, kabel HDMI yang tidak disambungkan dengan baik akan membuat tampilan visual menjadi terlihat semut. Pasti sangat tidak bagus untuk ditampilkan ke orang lain, khususnya pihak luar. 

Kalau sudah begini, kembali cek sambungan kabel HDMI. Apakah pemasangannya sudah kuat dan benar atau malah longgar. Jangan hanya melihat cek sambungan kabel HDMI ke TV, tapi juga dari perangkat teknologi yang juga digunakan untuk menjadi sumber visual, seperti laptop. Coba copot kabel HDMI tersebut lalu sambungkan lagi.

2. Ganti kabel

Jika kabel HDMI Anda memang sudah rusak walau telah dilakukan copot-pasang kembali dan beberapa kali, maka sudah waktunya mengganti. Segera ganti kabel HDMI dengan yang baru agar tidak ada lagi masalah semut yang mengganggu tampilan TV LED Anda. Khususnya yang memang digunakan untuk event penting.

3. Cek sambungan antena

Jika Anda menggunakan antena untuk menampilkan visual, cek sambungan perangkat tersebut. Terkadang karena banyak tembok yang menghalangi akhirnya membuat sinyal tertangkap antena tidak akan maksimal. Inilah yang akhirnya membuat tampilannya seperti bersemut dan tidak nyaman dilihat.

4. Tambah penguat sinyal

Kalau memang sinyal antena TV yang Anda gunakan tidak terlalu baik akibat banyak penghalang seperti tembok, coba tambahkan dengan penguat sinyal. Penguat sinyal seperti booster sudah bisa digunakan untuk TV digital atau analog.

Booster sangat cocok untuk memperkuat sinyal antena TV yang akan menjadi solusi tepat dalam menghilangkan semut mengganggu di layar.

Pada akhirnya, masalah semut di TV LED dapat diselesaikan dengan maksimal melalui salah satu cara di atas. Jangan sampai Anda terus mendapati masalah ini tanpa mengetahui solusi tepat membereskannya.

Apakah Anda membutuhkan TV LED dengan kualitas terbaik dan jumlah perangkat yang banyak? IndoRental telah hadir untuk memberikan TV LED sesuai kebutuhan Anda. Dengan pengalaman belasan tahun di dunia jasa sewa perangkat teknologi, dari TV LED, laptop, komputer, printer, proyektor, dan barcode scanner, IndoRental adalah solusi tepat untuk Anda dalam mendapatkan produk terbaik.

TV LED dari IndoRental tidak akan mengalami masalah semut mengganggu karena proses cek kualitas selalu dilakukan oleh seluruh tim. Dengan informasi cara menghilangkan semut di TV LED, kunjungi sewa TV Jakarta dari IndoRental sekarang juga.