Ketahui Cara Membuat Link Zoom Meeting dengan Mudah

cara membuat link zoom meeting
Tips dan Trik

Cara membuat link Zoom meeting bukanlah hal yang sulit. Namun masih ada yang kurang paham akan hal satu ini. Online meeting menjadi opsi terbaik dikala pandemi ataupun sebagai cara untuk bisa melakukan meeting dari jarak jauh. Teknologi yang sudah bisa menghasilkan video dan audio secara live membantu banyak kalangan. Mulai dari perusahaan, universitas, hingga berbagai tingkatan pendidikan lainnya. Berikut ini akan disajikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Tentang bagaimana caranya untuk membuat link Zoom meeting. Semoga bisa membantu dalam berbagai macam kegiatan nantinya.

Berbagai Cara Membuat Link Zoom Meeting

Link Zoom meeting digunakan untuk mengundang calon peserta rapat. Link ini mungkin berisi informasi seperti meeting ID, kata sandi, dan alamat web. Jika Anda tidak ingin membagikan kata sandi meeting, maka cukup dengan mengirim ID rapat Anda. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti. Sehingga ketika membagikan link meeting maka para peserta hanya perlu satu klik untuk “masuk ke dalam rapat.”

Cara Membuat Link Zoom Meeting Reguler

Anda harus membuat rapat baru terlebih dahulu. Buka aplikasi Zoom di PC atau ponsel Anda, lalu klik tombol New Meeting untuk membuat rapat baru. Di web, klik tombol ‘Host a Meeting’ di kanan atas beranda Zoom. Saat dalam rapat, temukan link dengan beberapa cara ini. Jika menggunakan aplikasi Zoom Desktop, klik tab ‘Peserta’ di panel bawah dan kemudian ‘Undang’.
Di bagian bawah jendela pop up, akan dua opsi:

  • Copy Invite Link
  • Copy Invitation

Jika Anda hanya ingin membuat link rapat, klik ‘Copy Invite Link’. Cukup paste dan kirimkan kepada orang-orang yang akan mengikuti meeting.

Jika Anda menggunakan aplikasi Zoom di smartphone , ketuk tab ‘Peserta’ di panel bawah lalu ‘Undang’. Di sini Anda dapat menggunakan sejumlah aplikasi untuk mengirimkan undangan Zoom Anda.

Cara Membuat Link Zoom Meeting Terjadwal

Zoom memungkinkan Anda untuk menjadwalkan rapat dalam waktu dan tanggal tertentu. Saat menjadwalkan rapat semacam ini, maka akan ada opsi untuk membuat link rapat untuk dikirim ke calon peserta. Untuk membuat link untuk rapat terjadwal ini, caranya adalah seperti berikut ini.

Jika Anda menggunakan aplikasi desktop Zoom, klik tombol ‘Schedule’ di layar beranda. Akan muncul pop up, di mana Anda dapat menyesuaikan waktu, tanggal, dan pengaturan lain untuk rapat. Saat Anda mengklik ‘Schedule’, Anda akan diarahkan ke aplikasi web Google Calendar, jika sudah menghubungkannya.

Di bawah tab lokasi, Anda akan menemukan link ke rapat Zoom yang dijadwalkan. Salin tautan ini dan tempel di aplikasi pilihan Anda untuk dikirim.

Untuk mengirim link rapat terjadwal dari aplikasi mobile Zoom, ketuk ‘Schedule’ di beranda. Sesuaikan tanggal dan waktu rapat Anda, lalu ketuk selesai. Anda akan melihat popup yang mengarahkan Anda ke aplikasi email. Pilih aplikasi agar undangan bisa ditempelkan secara otomatis. Link rapat terjadwal akan berada di bawah ‘Join Zoom Meeting’.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Link WhatsApp

Cara Mengirim dan Membagikan Link Zoom

Setelah link Zoom dibuat, maka link tersebut dapat dibagikan seperti pesan teks. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dll. Atau mengirim email menggunakan aplikasi email pilihan Anda. Gunakan metode yang disebutkan di atas untuk menghasilkan link. Kemudian copy dan paste ke dalam aplikasi, dan kirimkan ke calon peserta meeting.

Nah itulah informasi penting untuk Anda. Semoga informasi cara membuat link Zoom meeting ini bisa berguna, bagi yang sedang mencari laptop untuk bisa Zoom meeting, silahkan cek sewa laptop dari Indorental sekarang juga.