Seperti Ini Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat Email

Seperti Ini Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat Email

cara melacak lokasi seseorang lewat email
Tips dan Trik

Ternyata ada cara melacak lokasi seseorang lewat email. Pelacakan email sudah digunakan oleh individu, pemasar, spammer, dan phisher untuk memahami dimana seseorang berada, memvalidasi alamat email, memverifikasi bahwa email benar-benar dibaca oleh penerima, mencari tahu apakah email sudah di forward dan mengetahui apakah email tertentu berhasil melewati spam filter. Karena email sebenarnya cukup sederhana, hanya ada sedikit teknik yang dapat digunakan untuk melacak dan teknik tersebut mudah untuk Anda ganggu. Di bawah ini adalah informasi mengenai hal ini yang akan bisa Anda pelajari.

Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat Email

Agar email dapat melakukan kegiatan pelacakan, diperlukan hubungan yang cukup besar antara pelacak dan juga email target. Seseorang yang ingin melacak Anda dapat melakukan dua hal. Mereka dapat mengirim email dengan read receipt atau mereka dapat mengirim email dengan gambar yang disematkan (kadang-kadang disebut sebagai bug atau beacon).

Metode Read Receipt

Permintaan read receipt disertakan dalam metadata email (header). Karena metadata pasif, bentuknya hanya sekedar permintaan kepada software untuk memberikan read receipt. Beberapa penyedia layanan email tidak setuju dan tidak mengenali seperti apa tampilan header yang mengandung read receipt. Sehingga tidak ada jaminan bahwa hal ini akan dikenali.

Jika berhasil dikenali, sebagian besar email akan meminta pengguna dan menanyakan apakah mereka ingin memberi tahu pengirim bahwa mereka telah membaca email. Ini bukan teknik yang bagus untuk email marketer yang mencoba merahasiakan pelacakan terhadap Anda.

Metode Gambar yang Disematkan

Email pelacakan harus ditulis dalam HTML. Ini memungkinkannya untuk mereferensikan gambar di server jarak jauh yang dimiliki oleh pengirim. Ini hanya cara kerja HTML. Ketika email dibuka, software email akan memuat gambar dari server yang jauh dengan mengirimkan permintaan HTTP.

Seorang spammer atau pemasar yang mengirim email massal dapat memilih untuk memberikan setiap email gambar dengan URL unik. Sehingga mereka dapat mengetahui penerima mana yang telah membuka email mereka. Seperti semua permintaan HTTP yang dikirim oleh software email Anda akan berisi alamat IP Anda. Karena alamat IP dialokasikan secara geografis, itu sama saja dengan memberikan data lokasi yang akurat ke kota tempat Anda berada. Permintaan HTTP juga akan berisi header agent yang memberikan deskripsi singkat tentang browser dan sistem operasi Anda.

Jadi, dari satu sistem gambar yang disematkan, maka akan bisa diketahui:

  • Siapa yang membuka emailnya
  • Jam berapa email dibuka
  • Di mana itu dibuka
  • Perangkat apa yang membukanya

Jawaban untuk melindungi diri Anda dari hal seperti ini sangatlah mudah. Jangan memuat gambar tersebut. Anda dapat melakukan ini dengan memaksa semua email untuk di-render sebagai teks biasa atau dengan mengizinkannya me-render HTML tanpa gambar.

Sebagian besar penyedia layanan email siap membantu Anda dalam hal ini dan benar-benar akan melakukan cara yang terakhir secara default, memberi Anda opsi untuk mengunduh gambar jika Anda menginginkannya. Anda hanya perlu memahami bahwa memuat gambar dalam email berarti “memberi tahu pengirim bahwa Anda baru saja membuka email mereka dan ingin mereka mengirimi pesan yang lainnya”.

Jadi, jika Anda tidak mempercayai orang-orang seperti pemasar dan lain-lain dengan lokasi dan jadwal membaca email Anda, maka ambillah kendali remote content loading.

Itulah dia informasi mengenai cara melacak lokasi seseorang lewat email, semoga ini bisa berguna, dan bagi yang membutuhkan sewa laptop maka Anda bisa mengunjungi website Indorental sekarang juga!