Mengenal Spesifikasi Samsung QLED TV dan Keunggulannya

Mengenal Spesifikasi Samsung QLED TV dan Keunggulannya

spesifikasi samsung qled tv
Teknologi

Teknologi TV QLED telah menghasilkan televisi yang sangat populer dan dihargai tinggi di pasaran karena kemampuannya menghadirkan gambar berkualitas tinggi dengan warna yang hidup. Namun, penting untuk diingat bahwa ada banyak merek dan model TV QLED yang berbeda dengan berbagai fitur dan spesifikasi. 

Samsung QLED TV dikenal karena kualitas gambar yang sangat baik. Ini menggunakan teknologi Quantum Dot untuk menghasilkan warna yang tajam, cerah, dan akurat. Ini juga mendukung resolusi 4K atau bahkan 8K, yang memberikan gambar yang sangat tajam dan detail.

Sekilas Tentang Samsung QLED TV 

Samsung QLED TV adalah salah satu jenis televisi yang diproduksi oleh Samsung. QLED adalah singkatan dari “Quantum Dot Light Emitting Diode,” yang merupakan teknologi layar yang digunakan dalam TV ini. Teknologi ini menggabungkan berbagai inovasi untuk menghasilkan gambar yang lebih cerah, lebih tajam, dan lebih warna-warni. 

Quantum dots adalah semikonduktor nanometer yang digunakan dalam lapisan pelapisan TV QLED. Ketika cahaya melewati quantum dots, mereka dapat menghasilkan warna yang sangat akurat dan jelas, menghasilkan gambar yang lebih cerah dan berwarna.

Teknologi TV QLED telah menghasilkan televisi yang sangat populer dan dihargai tinggi di pasaran karena kemampuannya menghadirkan gambar berkualitas tinggi dengan warna yang hidup. Namun, penting untuk diingat bahwa ada banyak merek dan model TV QLED yang berbeda dengan berbagai fitur dan spesifikasi. Sebelum membeli, pastikan untuk membandingkan berbagai pilihan untuk menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Smart TV Samsung dan Fiturnya

5 Keunggulan Samsung QLED TV 

Simak beberapa keunggulan dari Samsung QLED TV berikut ini.

1. Fitur Smart TV 

Samsung QLED TV dilengkapi dengan sistem operasi Tizen, yang memberikan akses ke berbagai aplikasi dan layanan streaming seperti Netflix, Disney+, Amazon Prime Video, dan lainnya. Anda juga dapat mengendalikan TV Anda menggunakan suara dengan bantuan asisten suara seperti Bixby atau Google Assistant.

Smart TV memiliki kemampuan untuk terhubung ke internet nirkabel melalui Wi-Fi. Ini memungkinkan Anda mengakses konten online tanpa perlu menghubungkan perangkat tambahan seperti dongle Wifi. 

Anda dapat mengatur pengaturan gambar dan suara, serta menggunakan fitur-fitur seperti pemutaran ulang dan rekaman siaran langsung. Ini memberi Anda kendali lebih besar atas pengalaman menonton Anda.

2. Desain yang Stylish 

QLED TV memiliki desain yang tipis dan modern dengan bingkai yang minimalis. Beberapa model bahkan dilengkapi dengan fitur-fitur seperti layar yang hampir tanpa bingkai (Infinity Display) dan desain One Connect yang memungkinkan kabel-kabel tersembunyi.

Dengan bezel yang sangat tipis atau hampir tidak ada, TV Infinity Display memberikan tampilan yang lebih luas dan memaksimalkan area layar. Ini membuat pengalaman menonton menjadi lebih immersive, karena Anda lebih fokus pada konten yang sedang Anda tonton.

Desain bezel tipis pada TV Infinity Display memberikan tampilan yang modern dan elegan. TV ini biasanya terlihat lebih ramping dan menarik, sehingga cocok untuk ruang tamu atau ruangan lainnya.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal

3. Mode Gaming 

Samsung QLED TV juga memiliki fitur “Game Mode” yang mengoptimalkan pengalaman bermain game dengan mengurangi input lag (waktu yang diperlukan untuk merespons perintah dari kontroler) dan meningkatkan response time.

Kini Anda bisa merasakan pengalaman bermain game pada layar yang lebih besar dengan tampilan menarik juga memanjakan mata. Game mode pada TV adalah fitur yang dirancang khusus untuk meningkatkan pengalaman bermain game Anda dengan mengurangi input lag, meningkatkan responsivitas, dan mengoptimalkan gambar.

4. Teknologi Pengurangan Pantulan Cahaya 

Beberapa model QLED TV dilengkapi dengan teknologi pengurangan pantulan cahaya, seperti “Anti-Reflection” atau “Ultra Viewing Angle.” Ini membantu mengurangi pantulan cahaya di permukaan layar, membuat gambar tetap terlihat jelas dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Sama halnya dengan jenis TV dari Samsung lain seperti LED dan OLED, Samsung QLED TV juga memiliki teknologi pengaturan pengurangan cahaya yang lapisan anti refleksinya diterapkan pada permukaan panel TV untuk mengurangi refleksi cahaya dari sumber cahaya sekitarnya. Lapisan ini membantu mengurangi pantulan cahaya dan meningkatkan kualitas tampilan gambar.

5. Pengendalian dan Integrasi Cerdas

Samsung QLED TV mendukung pengendalian dan integrasi dengan perangkat pintar lainnya di rumah Anda. Anda dapat menghubungkannya dengan perangkat-perangkat seperti soundbar, speaker pintar, kamera keamanan, dan perangkat Internet of Things (IoT) lainnya. 

Internet of Things (IoT) pada TV merujuk pada integrasi teknologi IoT ke dalam televisi, sehingga TV dapat terhubung dengan jaringan internet dan perangkat lainnya. Ini membuka berbagai kemungkinan fitur dan fungsionalitas tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman menonton TV. 

Spesifikasi Samsung QLED TV 

Setelah menjelaskan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Smart TV ini, berikut adalah spesifikasi yang dari Samsung QLED TV yang tidak boleh dilewatkan jika Anda tertarik untuk memilikinya. 

1. Teknologi Layar 

QLED (Quantum Dot Light Emitting Diode) untuk meningkatkan kualitas warna, kontras, dan kecerahan layar. Selain itu juga ditambah dengan resolusi yang berbeda, seperti 4K UHD (3840 x 2160 piksel) atau 8K (7680 x 4320 piksel).

2. Ukuran Layar 

Tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 43 inci hingga lebih dari 85 inci, tergantung pada model. Pilihan yang tersedia bisa membantu Anda menemukan Samsung QLED TV terbaik yang anda inginkan sesuai kebutuhan dan dana yang Anda miliki. 

3. Sistem Operasi 

TV Samsung sering menggunakan Tizen OS, yang memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mendukung berbagai aplikasi dan layanan streaming. Tizen OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Tizen Association, yang awalnya didukung oleh Samsung dan Intel. Sistem operasi ini dirancang untuk berbagai jenis perangkat, termasuk smartphone, smart TV, perangkat wearable (seperti smartwatch), perangkat IoT (Internet of Things), dan lainnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi TV LG dan Fitur-fiturnya

4. HDR (High Dynamic Range)

Dukungan untuk berbagai format HDR seperti HDR10, HDR10+, dan HLG yang meningkatkan kualitas gambar dengan rentang dinamis yang lebih tinggi. HDR adalah teknologi yang dirancang untuk meningkatkan kualitas gambar dengan menyediakan kontras yang lebih besar dan warna yang lebih realistis daripada format video standar. Ini mencapai efek ini dengan mendorong batasan yang ada pada kecerahan dan warna gambar. 

5. Prosesor dan RAM 

Semakin tinggi performa, semakin baik pengalaman menontonnya. TV Samsung QLED biasanya dilengkapi dengan prosesor quad-core atau octa-core, serta RAM yang cukup besar untuk pengolahan cepat. Dengan keunggulan yang dimiliki TV ini memberikan kesempatan baik bagi Anda yang membutuhkan banyak ruang serta performa tinggi dan cepat pada sebuah TV. 

6. Desain Tipis dan Elegan 

Rancangan bezel tipis dan desain yang estetis untuk memaksimalkan pengalaman menonton. Samsung cenderung menghadirkan TV dengan bezel (bingkai) yang sangat sempit atau bahkan bezel-less pada beberapa model. Ini memberikan pengalaman menonton yang lebih immersive dengan lebih sedikit gangguan visual di sekitar layar.

Dengan beberapa keunggulan dan spesifikasi yang dihadirkan Samsung QLED TV, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menentukan pilihan pada TV ini. Fitur canggih dan lengkap yang ada pada Samsung QLED TV dapat membuat anda merasa puas akan pengalaman menonton dan melihat gambar-gambar berkualitas tinggi. 

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir. Indorental memberikan kemudahan untuk merasakan pengalaman menggunakan Samsung QLED TV dengan sewa Samsung TV yang kualitasnya sudah pasti baik setelah melewati berbagai perawatan rutin agar barang yang dibutuhkan tetap dalam kondisi terbaik. 
Jadi, pastikan pilihan Anda jatuh pada Indorental untuk mendapatkan pengalaman luar biasa dalam menonton dan sewa TV dengan kualitas terbaik dan harga yang bersahabat.

Source:

Samsung

Samsung

Gizmologi

Fajar Sumbar