Inilah Spesifikasi Laptop Programmer, Tips Memilih, dan Rekomendasinya

Inilah Spesifikasi Laptop Programmer, Tips Memilih, dan Rekomendasinya

spesifikasi laptop programmer
Teknologi

Pekerjaan programming saat ini cukup banyak dicari oleh perusahaan besar, tidak peduli swasta atau negeri. Pasalnya dunia ini terus bergerak dalam era digital sehingga demand terhadap pekerja yang bisa melakukan programming. Jika Anda berencana membeli perangkat elektronik untuk keperluan pekerjaan, coba ketahui dahulu spesifikasi laptop programer

Jangan sampai Anda salah beli laptop hanya karena harganya murah, desainnya bagus, atau iming-iming penjual. Anda perlu mencari tahu informasi yang lebih dalam agar tidak termakan iklan dan akhirnya berhasil menemukan yang paling tepat. Tanpa berpanjang lebar lagi mari perhatikan informasi lengkapnya di bawah ini! 

Apa Saja Spesifikasi Laptop Programer Secara Umum?

Sebenarnya Anda tidak perlu pusing mencari laptop khusus untuk mendukung aktivitas programming yang dilakukan. Berbagai merek dagang yang berkecimpung dalam produksi laptop sudah banyak mengeluarkan produk unggulannya. 

Mereka biasanya dengan gamblang memberikan nama khusus untuk programming supaya masyarakat bisa mudah mengetahuinya. Tetapi ada baiknya Anda tidak termakan dengan label nama yang diberikan. 

Anda harus mencari tahu sendiri serta memilih mana yang paling baik untuk dibeli. Apabila Anda kebingungan harus melihat spesifikasi apa dalam sebuah laptop programming, coba perhatikan selengkapnya di bawah ini. 

1. Processor

Processor merupakan komponen inti dalam sebuah laptop. Apabila processor-nya bagus maka laptop tersebut terbilang memiliki kualitas yang baik. Tetapi hal itu belum cukup, Anda perlu mencari tahu performa dari CPU yang tersemat di dalamnya. 

Cari tahu informasi jumlah cache memory, thermal paste, dan corenya supaya tidak salah beli. Processor sejatinya terus mengalami perkembangan, namun saat ini ada 4 jenis yang bagus, yaitu: 

  • Intel® Core™ i5 generasi 10 
  • Intel® Core™ i7 generasi 11
  • AMD Ryzen 5 5600 G
  • AMD Ryzen 7 5700 G

2. Storage

Perhatikan jenis storage yang terpasang dalam setiap jenis laptop. Jika penggunaannya masih HDD maka ada baiknya laptop tersebut dihiraukan saja. Penggunaan SSD atau Solid State Drive jauh lebih efisien serta lebih cepat dalam membaca data sehingga sangat baik untuk aktivitas programming

Selain itu perhatikan juga kapasitasnya. Kapasitas storage yang besar akan sangat baik mendukung programming. Setidaknya Anda memerlukan storage minimal 256 GB. Apabila ternyata aktivitas Anda bertambah dengan penggunaan aplikasi programming yang sangat banyak maka ada baiknya memilih kapasitas storage sebesar 1 TB SSD. 

Baca Juga: Begini Cara Live TikTok di PC atau Laptop dengan Mudah

3. Memory RAM

Berbeda dengan storage, memory RAM berguna untuk menjalankan seluruh software yang Anda gunakan. Beberapa tahun sebelumnya penggunaan RAM sebesar 4 GB sudah cukup. Tetapi saat ini setidaknya Anda membutuhkan kapasitas RAM 8 – 16 GB. 

Makin banyak aplikasi pemrograman yang Anda gunakan maka makin besar juga kapasitas RAM yang dibutuhkan. Jadi sesuaikan kapasitasnya dengan kebutuhan Anda. 

4. Ukuran Layar Monitor

Penggunaan ukuran layar monitor yang besar sudah pasti lebih enak untuk digunakan saat proses pemrograman. Tetapi terlalu besar juga pasti akan sangat sulit dibawa ke berbagai tempat. Layar monitor dengan ukuran 15-17 inci bisa dijadikan pilihan yang paling tepat. Kemudian periksa juga ketajaman layar yang diberikan. 

Apabila Anda berkeinginan untuk membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu maka diperlukan spesifikasi full HD 1920 x 1080 px. Resolusi yang lebih tinggi tentunya akan lebih baik untuk digunakan saat programming

5. Kenyamanan Keyboard yang Terpasang

Keyboard yang dipasang oleh masing-masing merek dagang pasti berbeda. Ada yang sangat keras, tetapi ada juga yang lembut dan membuat pemakaian menjadi nyaman. Ada beberapa karakteristik pemilihan keyboard yang perlu Anda perhatikan, yakni: 

  • Jarak antar tombol ada baiknya 18-19 mm saja. 
  • Jarak antar barisnya berkisar di 18-21 mm.
  • Palmrest harus lebar dan nyaman.
  • Memiliki backlit keyboard. 
  • Memiliki mekanisme tombol keyboard scissor untuk memberikan kenyamanan bagi jari. 

6. Graphic

Pilih laptop yang dilengkapi dengan integrated GPU supaya kualitas grafisnya lebih enak dilihat oleh mata. Penggunaan integrated GPU dikenal lebih baik daripada dedicated GPU. Hal ini juga akan menghemat budget yang Anda keluarkan untuk laptop programming

7. Sistem Operasi

Sistem operasi laptop yang baik umumnya terdiri dari 2 yaitu Windows dan OS X. Keduanya cukup bersaing dalam memberikan pengalaman penggunaan laptop yang baik. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan aktivitas pemrograman yang dilakukan. 

Baca Juga: Apa Itu Driver Laptop? Ini Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Bagaimana Tips Memilih Laptop untuk Programming?

Jangan terburu-buru melakukan pembelian supaya Anda tidak menyesal pada kemudian hari. Jadikan tips-tips berikut ini sebagai panduan dalam memilih laptop programming terbaik. 

1. Tentukan Budget

Spesifikasi yang paling bagus pasti memiliki nilai jual tinggi. Tentunya Anda tidak bisa membeli laptop yang bagus dengan harga yang sangat murah. Apabila ada pun maka Anda telah tertipu. 

Jadi tentukan dahulu harganya sebelum Anda mencari laptop yang paling tepat. Jangan sampai sudah ketemu yang bagus lalu akhirnya harus mencicil lebih besar dari jumlah dana yang ada karena Anda pasti menderita. 

2. Tuliskan Semua Spesifikasi yang Dibutuhkan

Tuliskan juga semua spesifikasi yang Anda butuhkan. Membuat daftar spesifikasi akan membantu Anda menemukan laptop terbaik dengan lebih mudah. 

3. Pilih Penjual yang Tepercaya

Setelah menemukan laptop pilihan, jangan langsung melakukan proses pembayaran. Periksa dahulu penjual tersebut. Sampai hari ini ada saja oknum nakal yang menawarkan laptop tetapi kualitasnya sangat buruk. Jadilah pembeli cerdas dengan menyelidikinya terlebih dahulu. 

4. Tanya Teman yang Mengerti Laptop

Jika Anda bimbang dengan pembelian laptop, coba ajak teman yang sudah ahli untuk menemukan jenis, merek, dan spesifikasi lainnya yang paling tepat. Meminta bantuan teman yang jauh lebih mengerti tentang laptop akan menghindarkan Anda dari pembelian yang salah. 

5. Lakukan Perhitungan Cicilan (Apabila Menggunakannya)

Lakukan perhitungan cicilan jika Anda menggunakan kartu kredit atau sistem paylater. Hal ini penting dilakukan supaya Anda tidak terjebak cicilan utang. 

Baca Juga: 3 Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Pada Windows 10

Apa Saja Rekomendasi untuk Laptop Programming?

Laptop untuk pemrograman sebenarnya sudah banyak tersebar di pasaran. Tinggal Anda yang harus memilihnya baik-baik. Dari banyaknya laptop yang ada, Anda bisa mempertimbangkan beberapa rekomendasi berikut. 

1. Asus VivoBook Pro 14x N7400

Spesifikasi dalam laptop ini cukup lengkap bahkan bisa dibilang sangat mendukung karena memiliki: 

  • Processor = Intel Core i5
  • Storage = 512 GB SSD
  • RAM = 16 GB DDR4
  • Sistem operasi = Windows 10
  • Graphic = NVIDIA GeForce RTX Intel Iris Xe Graphics G7
  • Baterai = 3 Cell 3S1P 63WHr
  • Fitur tambahan = anti-flicker (mengurangi dampak negatif radiasi untuk mata). 

2. HP Envy 13

Tidak kalah dari laptop sebelumnya, kali ini HP Envy juga memiliki spesifikasi yang mendukung kegiatan programming. Berikut spesifikasi lengkapnya: 

  • Prosesor = Intel Core i5
  • Storage = 512 SSD
  • RAM = 16 GB DDR4
  • Sistem Operasi = Windows 11 Home
  • Graphic = NVIDIA GeForce MX150
  • Baterai = 3-cell 51 WHrs Li-ion
  • Fitur tambahan = layar sekunder bersama dengan keyboard.

3. Acer Swift X SFX14

Terakhir ada Acer Swift X SFX14 yang juga memiliki seluruh fitur pendukung bagi aktivitas pemrograman. Di dalamnya terpasang semua yang Anda butuhkan seperti:

  • Prosesor = AMD Ryzen 7 5700U
  • RAM = 16 GB LPDDR4x
  • Storage = 512 GB SSD
  • Sistem Operasi = Windows 10
  • Graphic = Nvidia Geforce RTX 3050
  • Baterai = 4-cell, 59 Whrs

Memilih laptop untuk kebutuhan pemrograman sudah pasti harus dilakukan dengan teliti dan penuh kesadaran. Anda tidak boleh impulsive buying supaya laptop yang dibeli benar-benar nyaman dan mampu digunakan untuk membuka banyak software dalam waktu bersamaan. 

Spesifikasi laptop programer di atas hanyalah panduan, Anda tidak harus membelinya sesuai penjelasan tersebut. Pencarian seperti ini pasti akan memakan waktu yang cukup lama. Jika Anda membutuhkan laptop untuk programming segera tetapi tidak ingin membelinya maka sewa saja di IndoRental. 

Di sini tersedia deretan jenis dan tipe laptop yang bisa Anda pilih. Kualitasnya sudah pasti baik karena IndoRental hanya menyewakan perangkat elektronik terbaik. Sudah ada banyak testimoni baik yang IndoRental terima dari pelanggan sebelumnya. 
Hal ini menjadi bukti bahwa layanan dan produk dari IndoRental sangatlah berkualitas. Sewa laptop sekarang di IndoRental dan mulailah berkarya dengan skill programming Anda! Jangan ragu untuk menghubungi tim IndoRental apabila ada pertanyaan atau ingin berkonsultasi. Tim IndoRental pasti siap membantu Anda!