14 Cara Mempercepat WiFi di Laptop dan HP dengan Mudah

14 Cara Mempercepat WiFi di Laptop dan HP dengan Mudah

cara mempercepat wifi di laptop
Tips dan Trik

Anda pasti kesal dengan WiFi yang lemot padahal harus menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Jaringan internet yang cepat memang jadi aspek krusial dalam kehidupan manusia. Bukan lagi hanya dibutuhkan untuk pekerjaan tetapi juga aktivitas sehari-hari. Jika internet tiba-tiba lemot, coba ikuti cara mempercepat WiFi di laptop yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Bagaimana Cara Mempercepat WiFi di Laptop?

Beberapa cara berikut ini sangat praktis Anda lakukan di rumah dan efektif untuk meningkatkan kecepatan WiFi laptop. Mari kupas caranya satu per satu! 

1. Gunakan Teknologi Router Terbaru

Teknologi memang makin berkembang dan akan terus menciptakan kemudahan lainnya. Perkembangannya termasuk teknologi terbaru dari router yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan WiFi. 

Anda bisa mengganti wireless card di laptop dengan teknologi paling canggih yaitu tipe N dan AC. Selain mengganti wireless card, Anda juga perlu memilih router terbaik yang berkualitas. Harga router menjadi salah satu tanda apakah kualitasnya baik atau tidak. 

Jika Anda membeli router dengan harga di bawah Rp100.000 maka percuma saja mengganti wireless card. Peningkatan kecepatan WiFi pasti tidak akan maksimal saat router yang digunakan berkualitas buruk. Itu sebabnya Anda perlu membeli router dengan mencari tahu informasi tentang spesifikasinya sebelum melakukan pembelian. 

2. Tempatkan Pada Posisi yang Tepat

Penempatan posisi router sering kali menjadi penyebab mengapa jaringan internet sangat lemot. Jika Anda menaruh router di tempat yang rendah maka tidak heran kalau sinyalnya lemah. 

Sebaiknya menaruh router di tempat yang tinggi agar tidak terhalang oleh benda apa pun. Selain itu Anda bisa mendekatkan laptop dengan router supaya sinyal internet tidak terhalang oleh tembok-tembok kamar. 

3. Jauhkan Laptop dari Perangkat Lainnya

Perangkat elektronik yang menggunakan sinyal juga dapat mengacaukan internet sehingga pada akhirnya akan membuat WiFi di laptop lemot. Hindari menggunakan laptop di dekat microwave, radio, atau perangkat lainnya yang menggunakan bluetooth

Baca Juga: Inilah Spesifikasi Laptop Programmer, Tips Memilih, dan Rekomendasinya

4. Jangan Hubungkan WiFi dengan Perangkat Lain Selain Laptop

Jaringan internet yang mulai lemot bisa diakibatkan karena pemakaian yang terlalu banyak. Apabila banyak perangkat yang terhubung dengan WiFi maka tidak heran kalau kecepatannya di laptop Anda menurun. 

Ada baiknya Anda memutuskan semua koneksi internet di perangkat lain selama melakukan pekerjaan. Begitu Anda tidak lagi membutuhkan internet yang cepat maka barulah menghubungkan kembali jaringan tersebut. 

5. Non-aktifkan Software yang Menggunakan Banyak Bandwidth

Software yang ada di laptop dan masih berada dalam keadaan aktif dapat mengambil bandwidth WiFi sehingga internet jadi melemah. Anda bisa menutup berbagai aplikasi yang tidak lagi digunakan supaya kecepatan WiFi kembali naik. 

6. Lakukan Network Reset dan Flushing DNS

Flushing DNS merupakan cara untuk mengatur ulang cache DNS yang sedang digunakan. Apabila hal ini dibiarkan saja maka tidak heran kecepatan WiFi sangat berkurang. Anda bisa langsung mengaturnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut: 

  • Klik kanan pada mouse Anda untuk membuka “Command Prompt”. 
  • Pilih “Run as Administrator”. 
  • Ketik “ipconfig/flushdns” dan tekan tombol “Enter”. 
  • Tunggu beberapa saat kemudian tutup “Command Prompt”.
  • Cobalah browsing menggunakan internet untuk mengetahui apakah flush DNS berhasil dilakukan atau tidak. 

7. Ubah Pengaturan QoS

Biasanya sistem operasi laptop Windows memiliki pengaturan default mengenai pembagian bandwidth. Pembagian yang standar akan mengalokasikan 20% bandwidth untuk Windows Update dan 80% untuk penggunaan browsing serta aktivitas lainnya yang menggunakan internet. 

Jika Anda ingin meningkatkan koneksi WiFi maka atur ulang QoS ini menjadi 100% untuk aktivitas yang diinginkan. Cara melakukannya ialah sebagai berikut: 

  • Klik “Start” dan “Run”. 
  • Ketika tab baru terbuka, coba ketikkan “gpedit.msc”. 
  • Pilih “Local Computer Policy” kemudian pilih “Computer Configuration” dan “Administrative Templates”.
  • Pilih “Network” dan “QoS Packet Scheduler”.
  • Kemudian double click pada area “Limit Reservable Bandwidth”.
  • Pilih menu “Enable” dan isi dengan angka “0” di bagian bandwidth
  • Pilih Apply kemudian restart laptop Anda untuk melihat hasilnya. 

8. Cek Posisi Antena Router

Bukan hanya posisi router-nya saja yang bisa membuat jaringan internet menurun. Antena router yang mengarah ke bawah juga akan menghilangkan koneksi internet. Anda perlu mengubah posisi antena router ke arah atas supaya WiFi menjadi cepat kembali. 

9. Ubah Pengaturan IRPStackSize

IRPStackSize bisa diatur lebih tinggi dari pengaturan default-nya yang berada di angka 15. Anda bisa meningkatkannya sampai 50 supaya kecepatan WiFi meningkat. Cara melakukannya ialah sebagai berikut: 

  • Tekan tombol “Start” lalu cari pilihan “Run”. 
  • Ketik “regedit” supaya “Registry Editor” terbuka.
  • Klik folder “HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesLanmanServerParameters”. 
  • Kemudian klik kanan pada file “DWORD” cari tulisan “IRPStackSize”. 
  • Klik modify dan ganti angkanya menjadi 50. 
  • Apabila Anda tidak menemukan file “DWORD”, klik kanan kemudian klik “New” dan “DWORD Value”. 
  • Buat folder dengan nama “IRPStackSize” yang sudah diatur value-nya menjadi 50. 
  • Klik “OK”, dan tutup “Registry Editor”.
  • Restart laptop untuk mengetahui hasilnya. 

Baca Juga: Cara Melihat Password Wifi Di Laptop

Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi WiFi di HP?

Sebagai bonus, Anda tidak hanya diberitahukan cara mempercepat koneksi internet di laptop tetapi juga di HP. Secara umum mempercepat koneksi WiFi di HP tidak jauh berbeda dengan di laptop. Tetapi ada beberapa tambahan yang bisa Anda coba lakukan. 

1. Mengganti Casing HP

Percaya atau tidak, penggunaan casing HP yang salah dapat membuat kecepatan WiFi menurun. Contohnya seperti menggunakan casing yang terbuat dari bahan logam. Penggunaan bahan satu ini memang dapat mengacaukan sinyal internet di sekitarnya. Jadi pastikan bahwa casing HP Anda tidak terbuat dari logam serta bahan lainnya yang mengganggu. 

2. Download Aplikasi Booster

Aplikasi Booster yang ada di App Store dan Play Store berguna membuat HP Anda diprioritaskan ketika terhubung dengan WiFi. Langsung saja cari “WiFi booster” atau “WiFi Booster & Analyzer” kemudian download aplikasi tersebut. Tunggu hingga terinstal sempurna dan nyalakan fitur “Boost” untuk meningkatkan kecepatan internet. 

3. Hindari Koneksi WiFi yang Buruk

Keberadaan WiFi di tempat publik memang sangat bermanfaat. Tetapi tidak jarang juga kualitas yang diberikan menurun jauh dari yang seharusnya. Supaya Anda tidak terjebak di koneksi WiFi yang buruk maka lakukan pengaturan langsung di HP. 

Pertama-tama buka pengaturan dan pilih bagian WiFi. Kemudian cari simbol titik atau garis 3 untuk menemukan pilihan “Advance”. Jika sudah ditemukan, Anda bisa menyalakan “Avoid poor connections” supaya koneksi internet yang terhubung benar-benar berkualitas. 

Baca Juga: Tidak Sulit, Begini Cara Transfer File dari Laptop ke Laptop dengan Kabel USB

4. Pindahkan Router ke Tempat Tinggi

Pindahkan router ke tempat yang lebih tinggi supaya sinyal WiFi di HP lebih kuat. Anda bisa menaruhnya di atas galon, lemari, atau ditempel di tembok yang tinggi. 

5. Pasang Password Supaya Tidak Ada Orang Sembarangan yang Menggunakannya

Jangan biarkan tetangga Anda menggunakan WiFi. Bukan berarti pelit atau tidak bermurah hati, namun Anda tetap perlu menjadi orang pertama yang menggunakannya dengan maksimal. 

Sia-sia apabila Anda membayar internet setiap bulan tetapi malah orang lain yang menggunakannya. Jadi pasangkan password supaya tidak sembarang orang bisa menggunakan WiFi Anda. 

Melakukan cara mempercepat WiFi di laptop dan HP yang sudah dijelaskan di atas pada dasarnya sangat efektif. Tetapi jika Anda menemukan koneksi internet yang masih lemot maka ada kemungkinan masalahnya berada di laptop dan bukan di WiFi. 

Anda bisa melakukan pengecekan dengan membawanya ke tempat service laptop terdekat. Bila benar bahwa laptop yang digunakan rusak maka Anda bisa sekaligus melakukan service untuk memperbaikinya. 

Selagi menunggu, Anda bisa sewa laptop di IndoRental agar penyelesaian pekerjaan tidak tertunda. Anda bisa memilih laptop sesuai jenis dan tipe yang paling tepat untuk mendukung aktivitas pekerjaan. 
Langsung hubungi tim IndoRental untuk membicarakan penyewaan kemudian selesaikan proses pembayaran. Nantinya laptop akan langsung dikirimkan ke alamat yang sudah Anda berikan. Sangat mudah, bukan? Nikmati layanan sewa berbagai perangkat elektronik terbaik hanya di IndoRental!