Inilah 3 Perbedaan Samsung Z Flip dan Fold, Pilih Mana?

Inilah 3 Perbedaan Samsung Z Flip dan Fold, Pilih Mana?

perbedaan samsung z flip dan fold
Teknologi

Tahukah Anda perbedaan Samsung Z Flip dan Fold? Keduanya merupakan smartphone lipat terbaru dari Samsung yang menarik perhatian banyak pengguna di seluruh dunia. Desainnya juga sama-sama unik, tetapi cukup berbeda dalam beberapa aspek. 

Jika Anda sedang mencari smartphone lipat dari Samsung, tentunya mengetahui perbedaan antara Samsung Galaxy Z Flip dan Z Fold sebelum memutuskan pembelian menjadi penting. Oleh karena itu Anda akan diajak melihat perbedaan Z Flip dan Z Fold supaya keputusan pembelian benar-benar memuaskan.

Sekilas Tentang Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip adalah smartphone lipat terbaru dari Samsung yang telah rilis pada bulan Februari 2020 lalu. Desain uniknya membuat Galaxy Z Flip berbeda dari smartphone pada umumnya karena bisa dilipat menjadi dua bagian. Jadi ukurannya akan menjadi lebih kecil sehingga lebih portable.

Dengan memiliki layar utama Dynamic AMOLED 6,7 inci dan rasio aspek 21:9, Galaxy Z Flip menawarkan pengalaman visual yang luar biasa. Smartphone ini juga memiliki kamera utama 12 MP dan kamera ultra-wide 12 MP, serta kamera depan 10 MP yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto berkualitas tinggi. 

Galaxy Z Flip memiliki spesifikasi prosesor Snapdragon 855+ dan RAM 8 GB, membuatnya cukup bertenaga untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game. Selain itu, smartphone ini juga memiliki baterai 3.300 mAh dan dukungan pengisian cepat 15W.

Baca Juga : Fingerprint HP: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Sekilas Tentang Samsung Galaxy Z Fold 

Samsung Galaxy Z Fold adalah smartphone lipat dengan desain yang inovatif dan sudah rilis pada bulan September 2019. Jika dibandingkan dengan Galaxy Z Flip maka Galaxy Z Fold memiliki layar utama yang lebih besar, yaitu Dynamic AMOLED 7,3 inci dengan rasio aspek 4.2:3. Layar tersebut dapat dilipat menjadi dua bagian sehingga ukurannya kecil dan mudah dibawa.

Galaxy Z Fold juga memiliki kamera utama 12 MP, kamera telefoto 12 MP, kamera ultra-wide 16MP, serta kamera depan 10 MP yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto berkualitas tinggi. 

Dukungan prosesor Snapdragon 855+ dan RAM 12 GB membuat smartphone ini sangat bertenaga dan cocok untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game. Galaxy Z Fold juga memiliki baterai 4.380 mAh dan dukungan pengisian cepat 15W. 

Samsung Galaxy Z Fold adalah smartphone yang sangat cocok bagi pengguna yang menginginkan desain inovatif dan spesifikasi kelas atas, serta siap membayar harga yang cukup mahal untuk memiliki teknologi smartphone lipat terbaru.

Baca Juga : 6 Cara Menghilangkan Pop-Up Iklan di Android dengan Mudah dan Ampuh

Apa Saja Perbedaan Samsung Z Flip dan Fold? 

Buat Anda yang belum tahu, Z Flip dan Z Fold jelas sangat berbeda. Bukan hanya soal komponen yang digunakan di dalamnya tetapi juga desain serta ukuran smartphone-nya. Kalau Anda ingin mengenal smartphone satu ini lebih jauh maka langsung saja baca informasi di bawah ini lebih lanjut. 

1. Ukuran Layar

Perbedaan utama antara Samsung Z Flip dan Fold berada di aspek ukuran layar. Galaxy Z Flip memiliki layar utama Dynamic AMOLED 6,7 inci dengan rasio aspek 21:9, sedangkan Galaxy Z Fold memiliki layar utama Dynamic AMOLED 7,3 inci dengan rasio aspek 4.2:3.

Ukuran layar yang lebih besar pada Galaxy Z Fold membuatnya lebih cocok untuk aktivitas yang membutuhkan multitasking dan penggunaan intensif.

2. Jumlah Layar

Selain ukuran layar yang berbeda, Samsung Z Flip hanya memiliki dua layar, yaitu layar utama dan layar kecil di bagian luar, sedangkan Samsung Z Fold memiliki tiga layar, yakni layar utama, layar lipat di dalam, dan layar kecil di bagian luar. 

Hal ini membuat Galaxy Z Fold lebih fleksibel karena pengguna dapat membuka layar utama untuk menggunakan mode tablet atau melipatnya untuk mode smartphone yang lebih kecil.

3. Spesifikasi

Meskipun keduanya memiliki spesifikasi prosesor Snapdragon 855+ dan dukungan pengisian cepat 15W, Samsung Z Fold memiliki RAM 12GB yang lebih besar daripada RAM 8GB pada Samsung Z Flip. 

Selain itu Samsung Z Fold juga memiliki baterai yang lebih besar, yakni sekitar 4.380 mAh. Tentu lebih besar jika dibandingkan dengan baterai 3.300 mAh pada Samsung Z Flip.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi HP Mencet-Mencet Sendiri dan Penyebabnya

Bagaimana Tips Merawat Layar Samsung Z Flip dan Fold

Merawat layar Samsung Z Flip dan Fold jelas menjadi hal penting untuk memastikan agar smartphone lipat tersebut tetap berfungsi dengan baik. 

Meski diklaim memiliki kualitas tinggi tanpa harus takut rusak, Anda sebagai pengguna harus tetap melakukan tugas perawatan agar penggunaannya tahan lama. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat layar Samsung Z Flip dan Fold.

1. Gunakan Pelindung Layar

Pelindung layar dapat membantu melindungi permukaan layar smartphone dari goresan dan kerusakan lainnya. Untuk Samsung Z Flip, pelindung layar sudah terpasang, tetapi untuk Samsung Z Fold, pengguna perlu membeli pelindung layar terpisah yang sesuai dengan ukuran layarnya.

2. Hindari Menekan Terlalu Kuat

Layar pada Samsung Z Flip dan Fold yang dapat dilipat membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam penggunaannya. Hindari menekan terlalu kuat pada bagian tengah layar saat membuka atau menutupnya. Pasalnya tindakan seperti ini dapat merusak layar dan mengganggu kinerjanya.

3. Hindari Kontak dengan Benda Tumpul

Hindari juga menggosok layar dengan benda tumpul seperti kunci atau benda lain yang dapat menyebabkan goresan pada permukaan layar. Kalau Anda ingin membersihkan layar dari debu atau kotoran, ada baiknya menggunakan tisu atau kain lembut.

4. Simpan Dalam Posisi yang Aman

Simpan Samsung Z Flip dan Fold dalam posisi yang aman dan stabil ketika tidak digunakan. Hindari menaruhnya di tempat yang dapat menyebabkan smartphone terjatuh atau tertekan. 

Beberapa tempat penyimpanan yang berbahaya contohnya seperti kantung celana, tas dengan banyak barang, dan lemari penyimpanan barang. Tempat-tempat tersebut bukannya memberikan keamanan, tetapi justru menjadikan smartphone Anda rusak 

Memiliki Samsung Galaxy Z Flip dan Z Fold jelas memberikan banyak keuntungan dan pengalaman penggunaan yang menyenangkan. Namun memang ada banyak hal yang harus Anda lakukan untuk menjaganya tetap aman dan bertahan lama. Salah satunya seperti merawat layar Samsung Z Flip dan Fold. 

Para penggunanya perlu memperhatikan beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas agar layar tetap bekerja dengan baik dan tahan lama. Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli Samsung Z Flip atau Fold maka sewa handphone Android di IndoRental bisa jadi pilihan tepat. 

Melalui sewa handphone di IndoRental, Anda jadi bisa beraktivitas dengan leluasa tanpa mengeluarkan biaya yang sangat besar. Anda juga bisa menentukan jangka waktu sewanya dengan lebih fleksibel sesuai kebutuhan. 
Soal harganya, IndoRental jelas terjangkau namun tetap memiliki kualitas terbaik. Apa pun perangkat yang Anda sewa pasti akan melalui QC alias Quality Control untuk memastikan barang sampai ke tangan dengan aman. Langsung saja hubungi tim IndoRental untuk menyewa handphone yang Anda inginkan sekarang!