6 Perbedaan Samsung Galaxy M13 dan M14

6 Perbedaan Samsung Galaxy M13 dan M14

perbedaan samsung galaxy m13 dan m14
Teknologi

Samsung Galaxy M14 hadir sebagai generasi penerus dari model lamanya, yaitu Samsung Galaxy M13. Lalu, sebenarnya apa yang menjadi perbedaan Samsung Galaxy M13 dan M14?

Samsung dikenal sebagai produsen smartphone terkemuka yang selalu berinovasi untuk mengeluarkan produk terbaru atau meningkatkan kualitas produk sebelumnya. Dua model terbarunya, yaitu Samsung Galaxy M13 dan M14 telah menarik perhatian karena berasal dari seri yang sama, tetapi dengan karakteristik unik yang berbeda

Samsung Galaxy M14 nyatanya menawarkan beberapa peningkatan dari model sebelumnya. Namun, tentunya ada juga kualitas tak tergantikan milik Samsung Galaxy M13. Sebelum memahami lebih jauh perbedaan Samsung Galaxy M13 dan M13, Simak informasi umum terkait keduanya terlebih dahulu. 

Sekilas Tentang Samsung Galaxy M13

Samsung Galaxy M13 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2022 sebagai bagian dari Galaxy M Series milik samsung. Dengan berbagai fitur canggih, Samsung Galaxy M13 menawarkan kombinasi yang menarik bagi Anda yang membutuhkan perangkat berkualitas dengan harga cukup murah, yaitu sekitar 2 – 3 jutaan 

Salah satu fitur yang cukup menarik dari Galaxy M13 adalah desainnya yang sangat cantik dan menawan. Ponsel ini hadir dengan tampilan modern yang layar yang cerah dan tajam sehingga konten multimedia terlihat sangat memukau. Kameranya juga dilengkapi dengan fitur mode malam dan AI-enhancement yang memberikan pengguna pengalaman fotografi berkualitas tinggi. 

Meskipun awalnya dikeluarkan dengan konektivitas 4G, saat ini Samsung Galaxy M13 juga didukung dengan konektivitas 5G dan memiliki dual SIM yang memungkinkan Anda menjalankan dua nomor dalam satu ponsel. 

Tidak perlu diragukan soal performa, Samsung Galaxy M13 dilengkapi dengan Prosesor Octa-Core yang tangguh dan RAM yang cukup besar sehingga sangat memungkinkan untuk mengatasi tugas-tugas besar dan menjalankan aplikasi atau game yang cukup besar. 

Baca Juga: Mengenal 5 Perbedaan Samsung Galaxy A53 dan A73

Sekilas Tentang Samsung Galaxy M14

Sebagai penerus, Samsung Galaxy M14 dikeluarkan satu tahun setelah perilisan Samsung Galaxy M14, yaitu pada Maret 2023. Sejatinya banyak fitur yang tidak begitu berbeda dengan Samsung Galaxy M13, Namun fitur fitur yang ada telah ditingkatkan sehingga mampu memberikan Anda kualitas Hp yang lebih baik lagi. 

Salah satu peningkatan pada Samsung Galaxy M14 adalah akses ke jaringan 5G, chipset, dan kapasitas baterai. Namun, sekalipun terdapat peningkatan pada kualitas fiturnya, harga Samsung Galaxy M14 masih dapat dikatakan terjangkau karena berkisar antara 3.2 – 4 jutaan. 

Karena performa dan konektivitasnya yang semakin membaik, bagi Anda yang suka bermain game, Samsung Galaxy M14 dapat menjadi incaran yang tepat. Hal ini didukung dengan peningkatan spesifikasi prosesornya sehingga pengguna dapat merasakan kelancaran dalam beraktivitas. 

Selain itu, Samsung Galaxy M14 juga menawarkan fitur-fitur terbaru, seperti pemindai sidik jari di bawah layar. Terdapat juga fitur dukungan untuk pengisian cepat dan dukungan major update hingga 2 tahun, serta fitur NFC yang memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran digital dan transfer data kemana saja. 

Baca Juga: Perbedaan Samsung Galaxy A13 dan A23 yang Perlu Anda Ketahui

6 Perbedaan Samsung Galaxy M13 dan M14 

Karena tergolong dalam satu seri yang sama, baik Samsung Galaxy M13 atau pun Samsung Galaxy M14 memiliki fitur-fitur yang juga tergolong mirip. Namun, karena merupakan model lanjutan, Samsung Galaxy M14 banyak menawarkan performa terbaru sehingga bagi Anda yang tertarik untuk membeli salah satu diantaranya keduanya, Pastikan Anda memahami perbedaan antara Samsung Galaxy M13 dan M14. 

1. Desain yang Lebih Mulus

Meskipun masih dalam model yang sama, akan tetapi tampilan antara Samsung Galaxy M13 dan M14 memiliki perbedaan kecil yang sangat terlihat. Pada tampilan belakang kamera, Samsung Galaxy M13 meletakan kameranya di atas modul persegi panjang sehingga membuatnya terlihat seperti 3D. 

Sementara untuk samsung Galaxy M14, susunan kamera disusun memanjang tanpa adanya modul persegi panjang. Hal ini membuatnya lebih terlihat mulus dan seperti model Hp flagship. 

Samsung Galaxy A13 dengan modul persegi panjangnya membuat ponsel tersebut sulit tergelincir dan terasa pas ditangan. Sedangkan Samsung Galaxy M14 memberikan kesan rata dan mulus sehingga tampil lebih modern. 

2. Kualitas dan Fitur Kamera 

Tidak hanya menambahkan fitur, Samsung Galaxy M14 nyatanya juga kehilangan salah satu fitur penting dari pendahulunya, yaitu fitur kamera ultrawide. Samsung Galaxy M13 memiliki lensa ultrawide dengan resolusi 5 MP yang didukung dengan kamera utama wide-angle 50 MP dan depth lens 2 MP. 

Sedangkan untuk Samsung Galaxy M14 dilengkapi dengan kamera utama wide-angle 50 MP dan depth lens yang beresolusi 2 MP. Fitur kamera lain yang ditambahkan adalah fitur kamera macro lens yang memiliki resolusi 2 MP. 

3. Layar dan Ukuran HP 

Baik Samsung Galaxy M13 maupun M14 memiliki ukuran yang tergolong berat. Samsung Galaxy M14 memiliki ukuran yang lebih besar dan berat, yaitu 2016 gram sedangkan Samsung Galaxy M13 memiliki bobot sekitar 192 gram. 

Untuk layarnya sendiri, Samsung Galaxy M14 memiliki refresh rate yang lebih tinggi yaitu 90 Hz sehingga membuat tampilan layarnya 50% lebih mulus dan bersih daripada Samsung Galaxy M13 yang hanya 60 Hz. 

4. Versi Android dan UI

Perbedaan lainnya antara Samsung Galaxy M13 dan M14 adalah versi Android dan UI yang digunakan. Untuk Samsung Galaxy M13, Versi yang digunakan adalah Android 12 dengan One UI 4.1. Sedangkan Samsung Galaxy M14 menggunakan sistem Android 13 dan One UI  yang merupakan versi keluaran terbaru tahun 2023. 

Baca Juga: Mengenal 5 Perbedaan Samsung Galaxy A52 dan A52S

5. Konektivitas dan Kinerja HP

Terkait kinerja, Kedua ponsel ini didukung dengan prosesor yang kuat dan unggul. Untuk Samsung Galaxy M13 didukung dengan chipset Exynos 9611 yang cukup handal untuk menjalankan aplikasi dan tugas dengan kualitas baik. 

Disisi lain, Samsung Galaxy M14 dilengkapi dengan chipset Exynos 980 yang lebih baru sehingga mampu mendukung konektivitas 5G. Chipset ini akan membantu Anda menikmati kecepatan internet yang lebih baik. 

6. Penyimpanan dan Baterai 

Tingkat kapasitas baterai Samsung Galaxy M13 adalah 5.000 mAh, yang mana lebih rendah dari kapasitas baterai Samsung Galaxy M14 yang mencapai 6.000 mAh. Namun, keduanya memiliki fitur fast charging 15W sehingga tetap dapat diisi dengan waktu yang cukup cepat. 

Sedangkan, terkait dengan penyimpanan, Samsung Galaxy M13 dan M14 menawarkan opsi RAM yang sama, dimulai dari 4GB dan memori internal yang mencapai 128GB. Perbedaannya adalah Samsung Galaxy M14 menawarkan juga model ponsel dengan RAM 6GB. 

Sejatinya, baik Samsung Galaxy M13 maupun M14 memiliki banyak keunggulan yang sangat bermanfaat untuk kehidupan Anda sehari-hari. Tidak banyak perbedaan mencolok diantara keduanya, selain Galaxy M14 yang memiliki fitur lebih ditingkatkan. Namun, disisi lain, ada juga fitur-fitur dari seri lama, yaitu Galaxy M13 yang tidak dimiliki oleh M14. 

Perbedaan antara Samsung Galaxy M13 dan M14 tentunya sangat penting untuk diketahui, terlebih bagi Anda yang sedang memilih ponsel baru sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. 

Tidak hanya Samsung Galaxy M13 dan M14 yang dapat memenuhi kebutuhan Anda, Indorental juga siap memenuhi kebutuhan Anda untuk menggunakan ponsel dengan kualitas terbaik. 

Indorental menyediakan kesempatan bagi Anda untuk merasakan Hp Samsung berkualitas dengan opsi Sewa Hp Samsung. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menikmati teknologi terbaru berkualitas tinggi dengan cara mudah di Indorental!