3 Cara Mengganti Password iCloud dengan Mudah dan Cepat

3 Cara Mengganti Password iCloud dengan Mudah dan Cepat

cara mengganti password icloud
Teknologi

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara mengganti password iCloud karena ada masalah ketika ingin masuk, Anda bisa mengubahnya cari Apple ID. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengubah password Apple ID Anda.

Ada 2 cara mengganti password iCloud yang bisa Anda ikuti, yaitu: menggunakan perangkat Anda sendiri atau menggunakan perangkat orang lain untuk mengganti password.

Apa Itu iCloud?

Menurut informasi yang terdapat di laman Support Apple, iCloud adalah suatu layanan yang disediakan oleh Apple untuk aman menyimpan foto, berkas, catatan, kata sandi, dan data pengguna di penyimpanan awan. Penggunaan iCloud ini bertujuan untuk mempermudah mobilitas pengguna, memungkinkan mereka untuk mengakses berkas yang disimpan di iCloud dari berbagai perangkat yang berbeda.

Selain itu, pengguna juga dapat mengoptimalkan penggunaan memori iPhone dan mencegah kinerja perangkat menjadi lambat. Layanan ini memberikan alokasi ruang penyimpanan sebesar 5GB tanpa dikenakan biaya. Untuk mengelola iCloud, pengguna dapat masuk ke perangkat dengan menggunakan ID Apple mereka. Jika pengguna mengganti kata sandi iCloud, hal tersebut juga berarti mengganti kata sandi yang terkait dengan ID Apple yang digunakan.

Bagaimana Cara Mengganti Password iCloud Menggunakan Perangkat Sendiri?

Gunakan langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur ulang atau mengubah kata sandi ID Apple Anda dari iPhone, iPad, iPod touch, Apple Watch, atau Mac Anda sendiri.

Baca Juga: Inilah Cara Reset iPad Lupa Password yang Bisa Anda Terapkan

1. Melalui iPhone, iPad, iPod touch, atau Apple Watch

JIka Anda ingin mengganti password iCloud Anda melalui perangkat Apple iPhone, iPad, iPod touch, atau Apple Watch dengan watchOS 8 atau versi yang lebih baru, ikuti cara di bawah ini:

  • Pergi ke pengaturan.
  • Ketuk [nama Anda] > Kata Sandi & Keamanan > Ubah Kata Sandi.
  • Jika Anda masuk ke iCloud dan mengaktifkan kode sandi, Anda akan diminta untuk memasukkan kode sandi untuk perangkat Anda.
  • Ikuti langkah-langkah di layar Anda untuk memperbarui kata sandi Anda.

2. Melalui Mac

JIka Anda ingin mengganti password iCloud Anda melalui Mac dengan macOS Catalina atau versi yang lebih baru, ikuti cara di bawah ini:

  • Pilih menu Apple > Preferensi Sistem, lalu klik Apple ID.
  • Klik Kata Sandi & Keamanan. Jika Anda diminta memasukkan kata sandi Apple ID, klik “Lupa Apple ID atau kata sandi” dan ikuti petunjuk di layar. Anda dapat melewati langkah terakhir di bawah ini.
  • Klik Ubah Kata Sandi, lalu masukkan kata sandi yang Anda gunakan untuk membuka kunci Mac Anda.

Baca Juga: Cara Menyimpan File di Cloud Gratis dan 12 Rekomendasi Layanan Cloud

Bagaimana Cara Mengganti Password iCloud Menggunakan Perangkat Orang Lain?

Anda dapat mengatur ulang kata sandi Apple ID Anda di iPhone, iPad, atau iPod touch teman atau anggota keluarga menggunakan app Apple Support atau app Find My iPhone. Anda juga dapat mengunjungi Apple Store dan meminta untuk menggunakan perangkat yang ada di Apple Store tersebut.

1. Melalui Apple Support

Minta teman atau anggota keluarga Anda untuk membuka App Store dan mengunduh app Apple Support di iPhone, iPad, atau iPod touch mereka. Kemudian buka aplikasi Apple Support dan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Di bawah Get Started atau Memulai, ketuk Kata Sandi & Keamanan.
  • Ketuk Atur Ulang kata sandi Apple ID.
  • Ketuk Get Started, lalu ketuk “Apple ID yang berbeda”.
  • Masukkan Apple ID yang kata sandinya ingin Anda ubah.
  • Ketuk Berikutnya, lalu ikuti langkah-langkah di layar Anda hingga Anda menerima konfirmasi bahwa kata sandi Apple ID Anda telah diubah.

Informasi apa pun yang Anda masukkan tidak akan disimpan di perangkat tersebut.

2. Melalui Find My iPhone

Jika teman atau anggota keluarga Anda menggunakan iOS 9 hingga 12 dan mereka tidak dapat mengunduh aplikasi Apple Support, gunakan aplikasi Find My iPhone dan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Find My iPhone.
  • Saat layar Masuk muncul, pastikan kolom Apple ID kosong. Jika Anda melihat nama pengguna orang lain, hapuslah.
  • Ketuk Lupa Apple ID atau Kata Sandi, lalu ikuti langkah-langkah di layar.
  • Jika Anda tidak melihat layar Masuk, ketuk Keluar. Setelah Anda keluar, pastikan kolom Apple ID kosong. Kemudian ketuk Lupa Apple ID atau Kata Sandi, dan ikuti langkah-langkah yang ada di layar.

Baca Juga: 4 Cara Menghapus Password Laptop yang Perlu Anda Ketahui

Bagaimana Cara Mengganti Password iCloud Melalui Website?

Jika tidak menggunakan perangkat Apple, pengguna memiliki opsi untuk mengubah kata sandi melalui situs web Apple ID. Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang dapat diikuti:

  1. Buka peramban dan akses situs web https://appleid.apple.com/.
  2. Lakukan proses ‘Sign In’ menggunakan ‘ID Apple’.
  3. Pilih menu ‘Masuk dan Keamanan’. Pada tab ini, akan terlihat riwayat perubahan kata sandi iCloud pengguna, dan jika sudah berlalu beberapa bulan sejak perubahan terakhir, disarankan untuk menggantinya segera.
  4. Selanjutnya, pilih opsi ‘Kata Sandi’. Masukkan kata sandi saat ini ke dalam kolom yang disediakan.
  5. Inputkan kata sandi baru sesuai dengan aturan dan konfirmasikan kata sandi baru tersebut.
  6. Klik tombol ‘Ubah Kata Sandi’ untuk menyimpan kata sandi baru.
  7. Proses selesai. Jangan lupa untuk keluar dari ID Apple jika perangkat yang digunakan bukan milik pribadi.

Jika Anda mencoba langkah sebelumnya atau tinggal di negara atau wilayah di mana aplikasi Apple Support tidak tersedia, Anda masih dapat mengatur ulang kata sandi dan mendapatkan kembali akses ke akun Anda dengan pemulihan akun. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memiliki opsi untuk mempercepat proses pemulihan akun atau segera menyetel ulang sandi dengan memverifikasi kode enam digit yang dikirim ke alamat email utama Anda.

Jika Anda membutuhkan laptop untuk dirental atau disewa selama beberapa hari atau untuk kegiatan khusus, Anda bisa sewa laptop di IndoRental. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website kami di sini. Semoga artikel tentang cara mengganti password iCloud ini dapat membantu.

Sumber: