Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva yang Mudah

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva yang Mudah

cara membuat feed instagram nyambung dengan canva
Tips dan Trik

Anda ingin mengetahui cara membuat feed Instagram nyambung dengan Canva agar tercipta profil Instagram yang estetik? Indorental akan memberitahukan step-by-step di artikel ini yang mudah dilakukan.

Keindahan visual di social media Instagram selalu menjadi sorotan bagi pengunjungnya. Bermula dari melihat unggahan di beranda, pengunjung kemudian disuguhi dengan feeds Instagram nyambung yang estetik saat mengunjungi profil kreatornya. Yang menjadi pusat perhatian mereka adalah gambar di profil yang saling berhubungan antar grid-nya. 

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva

Canva sudah menjadi pilihan banyak orang dalam mendesain karena kemudahannya. Tanpa membutuhkan keahlian layaknya desainer grafis, Anda bisa mengelola dan membuat feed Instagram dengan apliaksi Canva. Selain template yang disediakan, ada pula resource dan elemen desain grafis yang tersedia secara gratis maupun berbayar, sehingga Anda tidak perlu repot saat mengunduhnya.

Cara membuat feed Instagram nyambung sudah menjadi tugas utama bagi bisnis atau konten kreator. Fungsinya adalah meningkatkan brand awareness kepada pengunjung profil mereka sehingga lebih mudah dikenali.

Bukan hanya kedua kalangan tersebut yang kini mendambakan feed Instagram yang estetik, tapi juga orang biasa pada umumnya. Banyak juga di antara mereka yang ingin memulai karir sebagai konten kreator, jadi feed Instagram estetik adalah senjata pertama mereka. Aplikasi Canva pun menjadi andalan mereka dalam membuat feed Instagram tersebut.

Baca Juga: Kenali 8 Software Pengolah Gambar Paling Populer

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam cara membuat feed Instagram nyambung dengan canva yang saling bersambungan satu dengan yang lain:

1. Mengunduh atau Buka Aplikasi Canva

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan tentunya adalah mengunduh atau membuka aplikasi Canva terlebih dahulu. Setelah membuka aplikasi tersebut, kemudian Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu jika belum memiliki akun Canva.

Kemudian, Anda dapat memulai pembuatan desain feed Instagram sesuai keinginan. Pilihlah opsi ‘Create a Design‘ dan selanjutnya pilih ‘Custom Design‘. Isilah dimensi foto yang ingin Anda buat.

2. Membuat Grid

Cara membuat feed Instagram nyambung dengan canva yang pertama adalah membuat grid. Grid adalah fitur Canva yang sangat berguna untuk membuat feed Instagram saling menyambung satu dengan yang lainnya. Ini adalah langkah pertama yang harus dibuat dalam membuat feed Instagram nyambung yang estetik.

Langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Buat kanvas baru di Canva berukuran 1080 x 1080 px untuk satu foto. Satu baris kanvas terdiri dari tiga foto, jadi buat ukuran 3240 pixels sebagai lebar dan tingginya. 
  • Setelahnya, klik tab ‘Elements’, kemudian pilih menu ‘Grids’. Carilah bentuk grid yang diinginkan. Misalnya, jika kita ingin feed yang menyambung untuk 9 foto, cari grid 3×3.
  • Tempatkan grid tersebut di kanvas dan perhatikan posisinya.

3. Membuat Template

Cara membuat feed Instagram nyambung dengan canva berikutnya adalah membuat template. Namun sebelum membuat template, kita harus membuat garis pembatas setiap grid-nya. Tujuannya supaya kita mengetahui batas konten dan template yang harus dipotong. Nantinya, garis pembatas ini bisa dihapus apabila sudah diisi konten dan hendak melakukan pemotongan gambar sebelum diunggah biar tidak mengganggu.

Langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Pilih tab ‘Element’, kemudian klik ‘Line’
  • Pilih satu model garis, kemudian taruh di kanvas mengikuti ukuran dan batasan grid yang telah dibuat.
  • Hapus grid yang sudah dipasang sebelumnya.

4. Membuat Konten

Konten Instagram yang akan dimasukkan di langkah ini bisa berupa gambarnya langsung atau desain grafis sebagai template yang menjadi branding-nya. Akan lebih baik jika konsep desain template-nya sudah dibuat terlebih dulu, sehingga Anda tinggal mengaplikasikannya di Canva. Manfaatkan setiap elemen yang ada di Canva untuk menghasilkan desain yang menarik.

Setelah template selesai dibuat, masukkan konten berupa gambar atau video ke dalam desain yang sudah dibuat. Pastikan isi kontennya sesuai dengan jadwal konten yang sudah ditetapkan sebelumnya. Desain konten yang menarik tidak hanya dilihat dari visualnya, tapi juga dari pesan yang disampaikan.

Jika Anda hanya ingin memasukkan gambar ke dalam kontennya, caranya mudah. Masukkan gambar ke kanvas, kemudian posisikan agar tetap menarik meskipun dalam keadaan terpotong nantinya. Bila diperlukan, Anda bisa memastikan satu grid Instagram berisi pesan yang menarik sehingga tetap membawa value kepada pengunjung saat melihatnya di beranda.

Setelah selesai membuat kontennya, jangan lupa menghapus garis pembatas yang dibuat sebelumnya supaya tidak mengganggu penampilan. Download dengan resolusi tinggi agar gambar tidak pecah saat diunggah ke Instagram.

5. Memotong Gambar

Sebelum mengunggahnya, Anda harus memotong gambar tersebut dengan menggunakan website Pine Tool. Contoh tadi, kita membuat Instagram dengan grid 3×3, berarti kita harus memotongnya menjadi sembilan bagian sesuai dengan desain yang sudah dibuat.

Ini adalah beberapa langkah dalam memotong gambar dengan menggunakan Pine Tool:

  1. Klik ‘Image’, kemudian pilih ‘Split Image’ untuk memotong gambar.
  2. Unggah desain atau gambar yang telah selesai dibuat dengan Canva tadi.
  3. Kemudian, pilih opsi ‘Both (grid)’ di sebelah kanan untuk memotong gambar secara horizontal dan vertikal.
  4. Masukkan jumlah potongan vertikal dan horizontal sesuai dengan potongan yang diinginkan. Seperti contoh grid 3×3 tadi, masing-masing isi dengan angka 3.
  5. Pilih format unduhan gambar yang sudah dipotong.
  6. Kemudian klik ‘Split Image’ dan download gambarnya satu per satu.

6. Mengunggah Postingan

Sekarang saatnya mengunggah postingan yang ada ke Instagram. Unggahnya harus satu per satu serta mengikuti pola atau jadwal postingan yang sudah ada. Perhatikan agar feed Instagram tidak berantakan saat diunggah di profil nantinya.

Baca Juga: 4 Cara Mengembalikan File Word yang Belum Tersimpan dengan Mudah

Tips Membuat Feed Instagram Estetik dan Menarik Perhatian

Setelah Anda mengetahui cara membuat feed Instagram nyambung dengan canva. Anda juga perlu memahami bagaimana tips membuat feed Instagram nyambung tersebut terlihat terstruktur, estetik, dan valueable. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Tentukan Pilihan Tema Konten Instagram Anda

Tips pertama, pilihlah tema konten Instagram yang sesuai dengan target audiens dan karakteristik Anda. Sehingga, tema yang dipakai tersebut tak hanya dapat menumbuhkan ketertarikan dan kesan tersendiri kepada para audiens, melainkan juga akan menjadi sebuah identitas Anda.  

Seiring berkembangnya zaman, terdapat banyak pilihan tema yang dapat Anda pilih. Beberapa diantaranya seperti tema minimalis, monokrom, retro, colorful, dan sebagainya.

2. Pilih Paduan Warna Terbaik

Warna merupakan salah satu aspek terpenting yang harus Anda perhatikan dalam pembutan desain feed Instagram. Bagi Anda yang ingin menjadi content creator atau memasarkan produk dagangan melalui Instagram, warna akan memudahkan konten Anda dikenali oleh banyak audiens dan menurut beberapa sumber warna bisa meningkatkan konversi sampai 85%.

Oleh sebab itu, pilihlah skema paduan warna yang paling sesuai dengan minat Anda dan audiens agar seluruh feed bisa terlihat harmonis satu dengan lainnya.

3. Memanfaatkan Filter

Filter juga menjadi hal yang tak boleh terlupakan dalam desain feed konten Instagram. Filter berfungsi tidak hanya untuk membantu menmabahkan tingkat estetika desain feed, tetapi juga dapat membuatnya lebih terlihat konsisten dan menarik. 

Pada dasarnya, aplikasi Instagram itu sendiri sudah menyediakan beragam filter bawaan yang dapat Anda pakai sesuai keinginan. Akan tetapi, Anda sangat disarankan untuk mempertimbangkan aplikasi lain khusus mengedit foto Instagram yang memiliki fitur dan tools yang lebih lengkap. Contohnya seperti VSCO, Foodie, Snapseed, dan lain-lain.

4. Menjaga Konsistensi Gaya Border Feed

Tips berikutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih gaya border yang sesuai dengan jenis konten Instagram Anda. Jika Anda berkenan, border dapat dibuat white space atau ruang kosong antar setiap feed Anda, sehingga akan terlihat lebih rapi dan estetik. 

Lalu, bagi Anda yang ingin upload konten dengan banyak warna, gaya border ini juga bisa membantu menjaga konsistensi feed Anda. Tentunya, apabila Anda telah memilih border yang cocok untuk feed, gunakanlah secara konsisten supaya tingkat estetika feed Anda tetap terjaga dengan menarik.

5. Memilih Font dan Tipografi yang Tepat

Kemudian yang menjadi tips terakhir dalam pembuatan puzzle feed IG adalah memilih font huruf dan tipografi yang tepat. Hal ini sangat penting Anda perhatikan jika berniat ingin menggabungkan tipografi dengan objek, gambar, atau grafis dalam satu feed. Selain itu, font dan tipografi juga dibutuhkan jika ingin menunjukkan quotes di grid Instagram.

Ikuti cara membuat feed Instagram nyambung dengan Canva di atas secara benar dan tetaplah berkreativitas saat membuatnya.

6. Jadwalkan Postingan

Keberlanjutan dalam penjadwalan unggahan Instagram juga dapat meningkatkan tingkat keterlibatan Anda. Anda dapat memanfaatkan kalender konten untuk merencanakan kapan dan jenis unggahan yang akan Anda bagikan.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya dapat menjamin ragam konten, tetapi juga memastikan bahwa unggahan tersebut mencapai audiens Anda pada waktu yang sesuai.

7. Pastikan Resolusi Gambar Tidak Pecah

Mengetahui cara membuat feed Instagram yang menyambung saja tidaklah cukup untuk mengelola akun bisnis di Instagram secara estetik. Dalam konteks ini, Anda juga perlu mampu menghasilkan konten dengan kualitas dan resolusi tinggi dalam setiap unggahan. Pastikan hanya membagikan foto atau grafik yang berkualitas tinggi dengan resolusi yang jelas atau tidak pecah.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghapus Cache di Laptop?

Anda juga bisa berkreasi dalam cara membuat feed Instagram dengan canva seperti di atas hanya bermodalkan tablet jika tidak ingin menggunakan komputer. Interface dan tampilan Canva di layar tablet cukup lebar seperti layar laptop, jadi tidak akan mengganggu saat prosesnya. Indorental juga melayani jasa sewa tablet seperti Samsung Galaxy Tab atau iPad yang pastinya berguna untuk pekerjaan kreator Anda.