Aplikasi Work From Home yang Membantu Produktivitas

Aplikasi Work From Home yang Membantu Produktivitas

Aplikasi work from home
Uncategorized

Adakah aplikasi work from home yang bisa membantu pekerjaan kantor jadi lebih efisien dan efektif? Masih banyak orang yang kesulitan beradaptasi dengan rutinitas kerja yang semual di kantor, kini harus dilakukan di rumah. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan peralatan dan perlengkapan kerja di rumah.

Daftar Aplikasi Work From Home

Nah, ni saatnya menggunakan beberapa aplikasi work from home untuk kerja yang lebih produktif. Dari sekian banyak aplikasi yang menawarkan berbagai fitur dan kemudahan, ada beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa membantu Anda. Mulai dari aplikasi untuk keperluan komunikasi, sampai aplikasi untuk manajemen pekerjaan, berikut ulasan selengkapnya.

1. Berkomunikasi dengan Slack

Dari beberapa aplikasi work from home untuk berkomunikasi dengan efektif, Slack jadi salah satu pilihan yang populer. Fitur komunikasi pada aplikasi ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi one-on-one, grup kecil, juga grup besar. Komunikasi bisa dilakukan melalui fitur chat, voice call, atau video call.

Tidak hanya itu, aplikasi komunikasi ini juga menyediakan fitur berbagi yang fleksibel. Maksudnya, bisa dihubungkan dengan beberapa jenis aplikasi lainnya. Seperti berbagi file dengan Google Drive hingga berbagai jadwal meeting dengan menggunakan Google Calendar. Anda bisa mengakses fitur standar Slack secara gratis atau mendapatkan lebih banyak fitur dengan sistem berlangganan (berbayar).

2. Manajemen Pekerjaan dengan Trello

Saat bekerja secara remote, tidak hanya komunikasi saja yang penting. Bagaimana caranya memastikan manajemen pekerjaan tetap berjalan dengan baik juga penting. Salah satu aplikasi work from home yang bisa Anda andalkan di sini adalah Trello. Tampilannya sederhana, dengan fitur-fitur yang dibutuhkan untuk mengatur pekerjaan satu tim atau divisi bahkan satu perusahaan.

Kelebihan Trello yang paling terasa adalah aplikasi ini bisa diakses dari berbagai perangkat. Termasuk smartphone yang Anda miliki. Anda bisa memasukkan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, memberi keterangan progress setiap pekerjaan, serta memantau dan menyelaraskan pekerjaan anggota tim.

3. Manajemen Waktu dengan Clockify

Jika Anda butuh mengatur traffic pekerjaan agar tidak terjadi penundaan atau kemunduran deadline, Clockify bisa membantu Anda. Aplikasi work from home yang satu ini bisa membantu Anda memantau berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu.

Dengan kata lain, aplikasi ini juga bisa menunjukkan efektivitas serta produktivitas kerja jarak jauh. Clockify memungkinkan setiap karyawan mengetahui jadwal kerja karyawan atau tim lainnya. Secara berkala, Anda juga dapat melihat hasil laporan aktivitas yang diinput dan dilakukan.

Baca juga: 4 Indikator Laptop yang Bagus Untuk Kerja

4. Menyimpan dan Berbagi File dengan Google Drive

Sudah bukan zamannya lagi berbagi file dengan saling oper flashdisk. Apalagi dengan pekerjaan yang dilakukan dalam jarak jauh. Itu sebabnya Anda membutuhkan aplikasi untuk menyimpan dan berbagi file. Salah satunya yang paling mudah digunakan adalah Google Drive. Selama Anda memiliki akun Gmail, Anda bisa dengan mudah mengakses fitur ini.

Umumnya, Google memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB per satu akun. Untuk mendapat kapasitas lebih, perusahaan bisa membeli kapasitas langsung ke Google. Dengan begini, file bisa diakses dengan lebih mudah dan juga aman karena Anda bisa mengatur siapa saja yang punya akses ke folder-folder penyimpanan tertentu.

5. Membuat dan Mengedit Dokumen dengan Google Docs

Alih-alih membuat dan mengedit dokumen secara offline, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Docs. Google Docs memungkinkan Anda membuat dokumen tulisan, presentasi, hingga laporan dalam bentuk tabel atau spreadsheet. Laman pembuatan dokumen online ini juga bisa Anda unduh nantinya menjadi file yang bisa diakses secara offline.

Kelebihan lainnya adalah Google Docs memungkinkan Anda untuk berbagi link dokumen. Dengan membagikan link dokumen, tim Anda bisa mengerjakan laporan secara bersamaan di file yang sama. Ini tentunya akan meningkatkan produktivitas lebih baik lagi.

6. Membantu Kerja Developer dengan Git

Jika perusahaan Anda memiliki tim developer, bekerja dengan bantuan aplikasi Git akan sangat memudahkan tim. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk pemeriksaan dan pembuatan kode program (coding). Setiap perubahan dan beberapa kesalahan bisa dilacak dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, Git juga bisa diakses oleh tim. Artinya, satu laman pengerjaan kode bisa diakses lebih dari satu orang. Ini memungkinkan tim developer untuk mengerjakan program bersama-sama. Tidak hanya itu, Git sejauh ini juga memberikan akses untuk fitur mereka secara gratis.

Bekerja dari rumah tidak hanya membutuhkan aplikasi. Beberapa karyawan juga membutuhkan laptop. Jika Anda ingin mencari jasa sewa laptop, sebaiknya segera lakukan karena dalam situasi pembatasan aktivitas seperti ini, akan ada banyak yang mencari laptop yang disewakan. Berikutnya, tinggal meminta karyawan Anda meng-install dan mempelajari setiap aplikasi work from home di atas.

Baca juga: Apa itu Bottleneck dan Cara Mengatasinya