Tips Memilih Set Top Box (STB)

Tips Memilih Set Top Box (STB)

tips memilih set top box
Uncategorized

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli Set Top Box (STB), Anda harus mengetahui tips memilih Set Top Box terlebih dahulu. Peralihan siaran TV Analog menjadi Digital oleh pemerintah pada tahun 2022 ini menjadikan STB banyak dicari oleh orang-orang.

Walaupun Anda masih menggunakan TV Analog, STB memungkinkan Anda agar tetap bisa menonton siaran TV Digital dengan menggunakan antena UHF atau VHF biasa.

Lalu, bagaimana sih cara memilih Set Top Box yang bagus? Yuk simak penjelasan lengkapnya mengenai apa itu STB dan tips memilihnya di bawah ini.

Apa Itu Set Top Box (STB)?

Sebutan Set Top Box (STB) sepertinya belum begitu familiar didengar oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Ada banyak nama lain dari STB ini, jadi jangan bingung ketika Anda mencari STB namun orang lain tidak mengenali istilah tersebut. Berikut ini adalah nama lain dari STB:

  • Dekoder
  • Konvester
  • Receiver
  • Pengubah Sinyal

Kegunaan dari STB sendiri adalah sebagai alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan pada TV Analog biasa. Jadi, Anda tidak memerlukan parabola khusus untuk menerima sinyal digital, namun hanya cukup dengan antena televisi UHF atau VHF saja.

Apa Saja Tips Memilih Set Top Box (STB)?

Saat ini, STB sudah banyak tersedia di pasaran, baik di toko offline maupun toko online. STB yang ditawarkan biasanya memiliki spesifikasi, bentuk, dan kegunaan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Sebelum memutuskan untuk membeli STB, pastikan Anda mengetahui beberapa tips di bawah ini:

1. Cari yang Bersertifikat dari Kominfo

Untuk menjamin keamanan serta kenyamanan masyarakat yang ingin membeli STB, pemerintah Indonesia melalui Kominfo sudah melakukan tes dan memberikan Sertifikasi Siap Digital kepada beberapa merk STB yang ada di Indonesia.

Selain berguna sebagai upaya perlindungan pemerintah dalam melindungi masyarakatnya agar tidak salah ketika membeli STB, sertifikasi ini juga menjamin STB yang Anda beli dapat digunakan dan semua fitur siaran digital dapat berfungsi dengan optimal.

STB yang memiliki sertifikat dijamin mampu menangkap siaran TV Digital di Indonesia secara optimal sehingga konten dapat ditampilkan dengan baik di TV Anda. Untuk mengetahui model mana saja yang sudah mendapatkan sertifikasi, Anda bisa langsung mengunjungi laman resmi Kominfo.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Meskipun STB dapat mempermudah TV Analog menerima sinyal digital, Anda juga harus membeli perangkat yang sesuai dengan dana yang Anda miliki. Untungnya, beberapa STB bersertifikat Kominfo dijual dengan harga terjangkau dengan fitur yang juga memadai.

Beberapa STB yang lebih mahal memang menawarkan fitur yang lebih lengkap seperti IPTV, Youtube, dan berbagai aplikasi lainnya yang membutuhkan akses internet untuk menggunakannya. Namun, jika Anda tidak mempunyai akses ke jaringan internet seperti Wi-Fi di rumah dan hanya ingin menonton tayangan TV Digital, sebaiknya beli STB biasa saja.

3. Perhatikan Fitur dan Dukungan

Sebaiknya Anda mencari STB yang benar-benar kompatibel dengan TV Analog yang Anda miliki agar dapat menerima siaran TV Digital dengan mudah.

Salah satu fitur dan dukungan yang harus Anda perhatikan adalah input gambar dari STB tersebut, apakah STB yang Anda beli masih menggunakan kabel RCA atau sudah menggunakan kabel HDMI. Jangan sampai Anda salah membelinya.

Baca Juga: Seperti Inilah Cara Mencari Saluran TV Digital

Selain itu, STB yang Anda beli juga harus mudah diatur dan dioperasikan seperti menonton siaran TV seperti biasa agar tidak mengganggu pengalaman Anda ketika sedang menikmati siaran TV Digital tersebut.

Itulah beberapa tips untuk memudahkan Anda dalam memilih Set Top Box (STB) untuk menerima siaran TV Digital yang akan segera menggantikan siaran TV Analog di Indonesia.

Perlu diketahui, penghentian siaran TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) akan dilaksanakan secara bertahap di beberapa wilayah di Indonesia dengan tahapan pertama dijadwalkan pada 30 April 2022, tahap kedua pada 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga. pada 2 November 2022.

Jika Anda membutuhkan TV untuk disewa selama beberapa hari atau untuk kegiatan khusus di area Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa sewa TV Jakarta di IndoRental. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website kami di sini. Semoga artikel tentang tips memilih Set Top Box ini dapat membantu.