Kenali Penyebab TV Tidak Bisa Menangkap Siaran yang Harus Anda Ketahui

Kenali Penyebab TV Tidak Bisa Menangkap Siaran yang Harus Anda Ketahui

penyebab tv tidak bisa menangkap siaran
Tips dan Trik

Apa yang menjadi penyebab TV tidak bisa menangkap siaran? Masalah yang satu ini tentu akan sangat mengganggu jika ingin menyaksikan suatu siaran yang ada di televisi. Untuk bisa mengatasi masalah ini, Anda sebelumnya harus tahu hal apa yang menyebabkan TV tidak bisa menangkap siaran apapun. Untuk mempermudah Anda, berikut ini kami sajikan beberapa informasi mengenai masalah ini untuk bisa membantu Anda.

5 Penyebab TV Tidak Bisa Menangkap Siaran

Siaran yang disajikan beragam stasiun televisi akan diubah menjadi sinyal yang harus ditangkap antena sebelum bisa disajikan ke dalam TV. Masalah yang paling umum dihadapi kebanyakan pemilik TV adalah siaran yang tak kunjung bisa dinikmati karena TV tidak bisa menangkapnya.

Hal ini bisa disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari lokasi pemasangan antena, hingga kesalahan pada perangkat TV Anda. Agar lebih jelas, beberapa informasi di bawah ini akan bisa membantu Anda memahami bermacam penyebab mengapa TV tidak berhasil menangkap siaran dari stasiun televisi.

Baca Juga: Seperti Inilah Cara Mencari Saluran TV Digital

1. Posisi Letak Antena Anda Tidak Berhadapan Dengan Menara Pemancar

Posisi dari antena akan memegang peranan yang sangat penting dalam usaha menangkap siaran televisi. Periksa apakah ada bangunan, pohon tinggi, bukit, dan bangunan tinggi lainnya yang terletak di antara menara transmisi dan antena Anda. Jika iya, mungkin akan lebih baik untuk memindahkan antena ke posisi lain atau menaikkan ketinggiannya. Dengan begitu, sinyal yang ditangkap akan lebih baik, membantu juga dalam menghasilkan tayangan yang lebih jernih untuk dinikmati.

Baca Juga: 5 Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam Ruangan

2. Kabel Koaksial Terlalu Panjang

Jika kabel Anda lebih panjang dari 30 meter, maka akan ada kemungkinan hilangnya 30% sinyal bahkan lebih yang seharusnya Anda terima. Jika Anda menggunakan kabel panjang atau splitter, maka Anda harus mempertimbangkan penggunaan preamplifier dan/atau amplifier distribusi untuk bisa menjaga sinyal yang masuk menuju televisi dari kabel tersebut.

3. Menara Transmisi yang Terlalu Jauh

Antena yang terbaik, hanya dapat menjangkau menara yang berada 100 km jauhnya secara maksimal. Jika letak rumah Anda dengan menara transmisi berada di luar area tersebut, maka Anda harus siap-siap kesulitan dalam mendapatkan siaran televisi. Untuk bisa membantu dalam mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan antena khusus yang memang dirancang untuk bisa mendapatkan sinyal yang disampaikan menara transmisi pada jarak yang sangat jauh.

4. Sinyal yang Hilang pada Kabel

Distribusi sinyal pada kabel coax bisa saja hilang, terutama jika Anda menggunakan splitter. Untuk memastikannya, Anda harus mengeceknya secara satu persatu dan periksa kembali saluran-saluran yang ada di TV Anda. Amplifier mungkin akan diperlukan jika Anda benar-benar butuh splitter untuk bisa mendapatkan saluran di televisi Anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Semut di TV LED dan Penyebabnya

5. Antena yang Rusak

Kerusakan pada perangkat antena Anda menjadi salah satu penyebab utama dari kesulitan televisi menangkap siaran. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memastikan hal ini. Bisa dengan memeriksa input yang ada di TV atau memeriksa kerusakan secara fisik pada antena.Itulah beragam hal yang bisa menyebabkan TV kesulitan dalam mendapatkan siaran. Tentu saja Anda tidak ingin menonton acara yang terbatas bukan?

Jika membutuhkan TV sebagai sarana hiburan Anda, maka sewa TV Jakarta dari IndoRental ini bisa membantu Anda dengan menghadirkan TV berkualitas dengan harga terjangkau. Semoga informasi mengenai penyebab TV tidak bisa menangkap siaran ini bisa membantu Anda.