4 Cara Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Kerja

4 Cara Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Kerja

laptop untuk kerja
Tips dan Trik

Memilih laptop yang bagus untuk kerja bisa Anda lakukan dengan mudah. Bagaimana caranya? Tentunya dengan mengikuti empat cara yang bisa Anda ikuti di bawah ini. Untuk informasi lebih lanjut, simak rangkuman berikut ini.

5 Rekomendasi Merk Laptop Terbaik Untuk Kerja

Setelah Anda memahami cara-cara memilih laptop terbaik untuk mendukung pekerjaan Anda, sekarang saatnya Anda mengetahui beberapa rekomendasi laptop terbaik dengan harga yang sebanding yang dapat Anda pilih sebagai laptop kerja.

Berikut adalah beberapa laptop bagus untuk kerja yang dapat Anda pilih:

1. Asus VivoBook A442UQ

Seri laptop Asus VivoBook satu ini telah sering menjadi rekomendasi laptop kerja yang dicari banyak orang. Laptop dengan layar 14 inchi dan full HD ini hadir dengan spesifikasi hampir yang terbaik di kelasnya.

Laptop ini memiliki processor Intel Core I7 7500U 2.7 ghz dengan ram 8 GB DDR 4. Laptop ini juga dibekali dengan graphic card yang mungkin terbaik di kelasnya dengan NVIDIA GeForce 940mx.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan penyimpanan karena laptop ini memiliki penyimpanan 1 TB.

Dengan spesifikasinya tersebut, laptop ini tidak hanya dapat menjadi partner terbaik Anda dalam bekerja tetapi juga saat memainkan game-game berat. Untuk mendapatkan laptop ini, Anda harus siap mengeluarkan biaya Rp9,8 juta.

2. Dell Inspiron 5406 i7 1165G7

Laptop Dell satu ini bisa jadi laptop kerja yang tepat bagi Anda yang bekerja di bidang desain grafis atau pekerjaan yang membutuhkan kartu grafis dan kekuatan komputasi yang tinggi.

Laptop ini dibekali dengan prosesor Intel Core I7 generasi 11 dan ditemani oleh kartu grafis Nvidia GeForce MX 330. Laptop ini juga dibekali dengan RAM 8 GB DDR 4 dan media penyimpanan 512 GB SSD.

Tidak hanya itu, laptop ini juga memiliki fitur touchscreen yang tentunya akan membuat pekerjaan yang berkaitan dengan desain akan menjadi jauh lebih gampang.

Untuk mendapatkan laptop kerja satu ini, Anda harus mempersiapkan biaya kurang lebih Rp11 juta.

3. Acer Aspire 514-52-393D

Kalau Anda mencari laptop kerja untuk pekerjaan yang cukup ringan namun tetap menginginkan kenyamanan yang maksimal, maka laptop Acer Aspire satu ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Laptop ini dibekali oleh prosesor Intel Core I3 2.10 Ghz dengan kartu grafis Intel UHD. Untuk RAMnya, Anda akan mendapatkan RAM 4 GB. Lalu, laptop ini dibekali media penyimpanan berukuran 1 TB.

Fitur utama laptop ini datang dari layarnya yang berukuran 1366 x 768 yang telah memiliki teknologi Acer Comfy View. Dengan teknologi ini, Anda akan sangat nyaman menatap layar laptop dalam jangka waktu panjang.

Anda dapat mendapatkan laptop ini di harga Rp.5,8 juta.

4. Dell Latitude E7450 Core I5

Kalau Anda sedang mencari laptop kerja untuk bisnis yang memiliki spesifikasi yang tangguh, maka laptop Dell Latitude E7450 ini bisa menjadi pilihan Anda.

Seri ultrabook dari Dell inni memiliki desain ringan yang mudah untuk dibawa kemana mana. Bobotnya bahkan tidak sampai 1 Kg. Walaupun ringan, laptop Dell satu ini memiliki daya tahan yang cukup kuat.

Dari spesifikasinya, laptop ini dibekali oleh prosesor Intel Core I5 5300U 2.3Ghz yang berarti laptop ini dapat Anda gunakan untuk menjalankan aplikasi yang cukup berat. Lalu, laptop ini juga memiliki Intel HD Graphic 5500 yang memiliki kekuatan grafis yang cukup kuat di kelasnya. Untuk RAM, Anda akan mendapatkan RAM 8 GB single channel DDR 3.

Selain spesifikasinya, laptop ini juga menawarkan fitur lain. Salah satunya adalah keyboard backlight. Dengan fitur ini, Anda tetap dapat menggunakan laptop Anda bahkan ditempat yang minim cahaya sekalipun. Lalu, Anda juga akan menemukan fitur fingerprint yang akan membuat dokumen-dokumen Anda akan semakin aman.

Anda dapat mendapatkan laptop ini dengan harga mulai dari Rp4,5 juta saja.

5. Lenovo L440 Core I5

Laptop Lenovo satu ini mungkin adalah salah satu seri laptop yang sangat ikonik. Dengan warna khasnya, hitam dove, serta stiker Lenovo dan ThinkPad berwarna silver di casing depannya, laptop ini menjadi salah satu laptop yang sangat mudah dikenali.

Walaupun termasuk salah satu laptop yang cukup tua, laptop Lenovo L440 masih dapat Anda jadikan pilihan untuk laptop kerja.

Laptop ini dibekali processor Intel Core I5 4310u dengan kecepatan 2.60Ghz. Anda akan mendapatkan RAM DDR 3 4 GB yang dapat Anda upgrade hingga 16 GB. Untuk VGAnya, laptop ini dibekali oleh Intel HD Graphic.

Badan dari laptop ini terbuat dari karbon fiber yang membuatnya sangat kuat dan kokoh. Lalu, Anda juga dapat memutar engsel laptop hingga 180 derajat yang tentunya akan membuat Anda merasa aman ketika tidak sengaja menekan laptop.

Untuk ukuran laptop tua, Lenovo L440 memiliki webcam yang masih cukup oke. Hal ini tentu akan sangat membantu jika Anda harus bekerja secara remote dan melakukan meeting virtual setiap saat.

Untuk harganya, Anda dapat mendapatkan laptop ini di kisaran Rp3,4 juta saja.

10 Tips Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Kerja

1. Memiliki Spesifikasi yang Sesuai

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah melihat bagaimana spesifikasi laptop tersebut. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat berbagai produk laptop baru muncul. Tentunya masing-masing memiliki performa dan keunggulan berbeda.

Tidak hanya dari sisi fitur-fitur di dalamnya saja. Untuk spesifikasi hardware pun sungguh beragam. Semakin tinggi spesifikasi, maka kekuatan laptop tersebut juga lebih besar di dalam melibas berbagai macam jenis aplikasi.

Anda perlu melihat kebutuhan laptop untuk pekerjaan sehari-hari. Apakah butuh laptop dengan spesifikasi tinggi atau malah yang terhitung biasa saja. Dengan mengetahui kebutuhan spesifikasi yang sesuai, Anda akan semakin mudah menemukan pilihan laptop untuk kerja. Berikut adalah rekomendasi spesifikasi yang perlu diperhatikan pada laptop kerja Anda:

2. Ukuran Layar

Ukuran layar laptop terbaik untuk kerja adalah yang sesuai dengan kebutuhan dari bidang yang dikerjakan. Contohnya adalah untuk pekerjaan kantoran laptop yang dibutuhkan mungkin tidak terlalu besar, untuk membuka microsoft office saja mungkin ukuran layar 14 inch sudah cukup. Berbeda dengan bidang pekerjaan seperti desain, jenis laptop dengan layar yang lebih besar mungkin lebih dapat memenuhi kebutuhan seorang desainer karena perlu memperhatikan pekerjaannya sampai ke detail.

3. Memiliki Intel HD Graphics

Intel HD Graphics adalah sebuah teknologi grafis yang menjadi salah satu dari komponen perangkat keras pada komputer atau laptop. Teknologi grafis pada laptop sendiri berfungsi sebagai pengolah visual yang akan ditampilkan pada layar monitor.

VGA Intel HD Graphics dirancang untuk spesifikasi atau performa laptop yang rendah, atau cukup untuk melakukan pekerjaan ringan sehari-hari. Masih cukup untuk pekerja kantoran, yang kesehariannya sebagai pengguna aplikasi-aplikasi ringan seperti microsoft office. Jika Anda menggunakan laptop untuk keperluan entertainmen seperti menonton film atau menunjang pekerjaan yang membutuhkan tampilan dengan resolusi HD dan ketajaman layar yang akurat seperti edit video di laptop, sebaiknya Anda melakukan upgrade grafis / VGA hingga kapasitas ram pada laptop Anda.

4. Prosesor Yang Kapabel

Untuk prosesor, Anda sangat disarankan untuk memilih prosesor yang sudah teruji, seperti prosesor intel core atau AMD.

Terkait jenisnya, tentu hal ini akan sangat tergantung pada kebutuhan Anda.

Di prosesor intel, misalnya, Anda dapat menemukan seri intel core I3, I5, dan juga I7. Jika pekerjaan Anda termasuk yang ringan, Anda mungkin bisa cukup menggunakan intel core I3. Jika Anda masih membutuhkan tenaga tambahan, misalnya karena Anda harus membuka banyak jendela, khususnya jika Anda menggunakan Google Chrome, maka Anda bisa menggunakan Core I5.

Untuk pekerjaan-pekerjaan berat, seperti desain grafis, khususnya 3D, atau pemrograman, Anda mungkin akan membutuhkan Intel Core I7.

Sementara di sisi AMD, Anda akan menemukan seri seperti AMD FX-6300, AMD FX-8370, dan AMD A4-3305M yang kurang lebih serupa dengan seri intel Core I3, I5, dan I7.

5. Kapasitas RAM Yang Memadai

Kalau bicara tentang laptop kerja, maka kapasitas RAM adalah hal yang wajib di bahas. Kapasitas RAM akan sangat mempengaruhi performa dan keluwesan laptop, khususnya saat membuka banyak aplikasi.

Anda tidak membutuhkan RAM yang besar. Cukup dengan RAM 4 GB DDR4, Anda sudah bisa mendapatkan pengalaman menggunakan laptop yang luwes dengan membuka satu atau dua aplikasi secara bersamaan. Jika pekerjaan Anda masih membutuhkan daya yang lebih, maka Anda bisa lompat ke laptop dengan RAM 8 GB.

6. Kapasitas Penyimpanan Yang Cukup

Selain RAM yang memadai, Anda juga membutuhkan ruangan penyimpanan yang cukup. Hal ini khususnya penting untuk pekerjaan yang berurusan dengan file besar.

Tentu, Anda dapat menggunakan layanan cloud, seperti Google Drive, untuk menyimpan semua file Anda secara online. Tetapi, Anda juga harus berjaga-jaga jika suatu saat Anda sedang tidak terhubung ke internet dan membutuhkan dokumen pekerjaan.

Jadi, berapa kapasitas yang Anda butuhkan? Umumnya, Anda hanya membutuhkan HDD 500 GB. Jika Anda ingin benar-benar aman, maka Anda bisa meningkatkan kapasitas ke HDD 1 TB.

Selain ukuran, Anda juga bisa menentukan jenis penyimpanan. Jika Anda menginginkan performa yang lebih luwes dan anti-lele, Anda dapat menggunakan SSD.

7. Mudah Dibawa

Mobilitas dalam bekerja memang cukup tinggi. Anda bisa saja harus membawa laptop tersebut dari rumah ke kantor, begitu juga sebaliknya. Belum lagi perlu bertemu klien di berbagai lokasi sambil membawa laptop tersebut. Oleh karena itu, cara memilih laptop terbaik untuk kerja adalah harus nyaman saat dibawa kemana-mana.

Ada berbagai laptop yang tersedia pada saat ini. Tidak hanya dari sisi spesifikasi saja yang berbeda, namun juga dari sisi beratnya. Untungnya para produsen sudah mengerti kebutuhan konsumen terhadap laptop yang ringan dan nyaman dibawa. Rata-rata berat laptop saat ini ada di angka 1 kilogram saja. Jadi sudah pasti mudah dibawa dengan ringan tanpa merasa berat. Ada satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk membeli laptop yang ringan, yaitu performa baterai laptop. Jika Anda sering menggunakan laptop untuk pekerjaan dengan mobilitas tinggi, sebaiknya Anda perlu untuk mengetahui cara cek kesehatan baterai laptop.

8. Melihat Reputasi Merek Laptop

Banyak merek laptop yang tersedia di pasaran pada saat ini. Dengan semakin banyaknya pilihan, Anda harus hati-hati. Sebaiknya perhatikan reputasi merek laptop yang ada agar tidak salah memiliki laptop.

Anda perlu melihat bagaimana reputasi merek tersebut bekerja. Dimulai dari ketahanan produk, kualitas, hingga sistem servis resmi yang wajib tersedia di Indonesia. Kalau ada salah satu yang menjadi nilai kurang, maka sebaiknya pilih merek lain.

Dengan mengetahui beberapa poin tersebut dan bisa terpenuhi maka merek laptop yang Anda pilih sudah pasti terbaik untuk digunakan dalam bekerja. Salah satu laptop yang memiliki reputasi merk laptop ternama dengan harga terjangkau adalah Dell inspiron, Acer aspire, Asus vivobook, serta Dell Inspiron 14.

10. Bisa Memilih Sewa Daripada Membeli

Apakah Anda mengetahui bahwa sudah tersedia fasilitas penyewaan laptop dengan kualitas terbaik saat ini? Ya, sebenarnya Anda sudah tidak perlu membeli laptop lagi. Dengan harga laptop yang cukup besar hingga jutaan rupiah ketika memutuskan membeli laptop, Anda bisa lebih hemat dengan menyewa saja. Selain itu ada banyak daya tarik dan keuntungan sewa laptop dibanding beli baru.

Tempat penyewaan laptop terlengkap dengan rekomendasi laptop dari berbagai tipe, spesifikasi serta brand saat ini juga sudah tersedia bersama IndoRental. Inilah daftar sewa laptop yang tersedia di IndoRental:

  • Lenovo L420
  • Lenovo IdeaPad 320
  • Fujitsu Lifebook A573
  • Toshiba Dynabook Satellite B554
  • Lenovo T440P
  • Lenovo T440
  • Lenovo T430S
  • Lenovo T430
  • Lenovo T420
  • Lenovo L440
  • Lenovo IdeaPad 310
  • Lenovo IdePad U310
  • HP Elitebook 840
  • Dell Latitude E7450
  • Asus A456UR
  • Lenovo T450S
  • Dell Latitude E6440
  • Dell Latitude E5540
  • MSI MS-16P6

Banyak, bukan? Seluruh laptop di atas bisa Anda manfaatkan untuk kerja sepanjang hari. Harga yang diberikan terhitung untuk penyewaan satu hari. Namun jika Anda menyewa laptop dengan sistem bulanan, ada harga spesial yang siap diberikan.

Itulah dia tips memilih laptop yang bagus untuk kerja serta beberapa rekomendasi pilihan laptop yang dapat Anda coba. Ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan saat memilih laptop untuk bekerja: layar yang setidaknya berukuran 14 inci agar mata nyaman, procesor yang optimal sesuai dengan kebutuhan Anda, kapasitas RAM DDR4 yang memadai, kapasitas penyimpanan yang memadai untuk menyimpan file pekerjaan kantor dengan aman.

Jika Anda masih ragu, maka Anda bisa mencari laptop yang sudah memiliki nama bagus, seperti laptop Lenovo, Asus, dan DELL Memilih sewa laptop daripada membeli jauh lebih bijak karena membuat Anda lebih hemat dan mendapatkan pilihan terbaik. Memilih laptop yang bagus untuk kerja bisa Anda dapatkan bersama IndoRental dalam sewa laptop Bandung.