4 Kegunaan RAM Pada Laptop yang Perlu Anda Ketahui

4 Kegunaan RAM Pada Laptop yang Perlu Anda Ketahui

kegunaan ram pada laptop
Uncategorized

Mengetahui kegunaan RAM pada laptop merupakan hal yang sangat penting, apalagi jika Anda berencana untuk melakukan upgrade pada laptop. RAM sendiri merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM merupakan salah satu indikator yang bisa digunakan untuk mengetahui seberapa tangguh laptop saat menjalankan aplikasi dan tugas berat.

RAM memiliki fungsi utama sebagai tempat penyimpanan sementara untuk data atau instruksi program pada laptop atau komputer. Artinya, jika laptop dimatikan, data yang tersimpan di RAM akan terhapus. Data yang disimpan dalam RAM adalah data dari sistem operasi, program, atau aplikasi yang sedang digunakan.

Lantas, apa saja kegunaan RAM pada laptop? Seberapa penting pengaruh dari RAM terhadap performa laptop Anda? Yuk simak jawabannya di bawah ini!

Apa Itu RAM Dalam Laptop?

RAM memang menjadi salah satu indikator penentu apakah sebuah laptop bisa bekerja dengan baik atau tidak, namun itu bukan lah satu-satunya. Secara umum, RAM berfungsi untuk membantu prosesor dalam mengolah data. Jadi, data dari sistem atau aplikasi yang dibutuhkan akan disimpan dalam RAM dan akan digunakan untuk diproses pada prosesor hanya saat dibutuhkan.

Baca Juga: 50 Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Besar kecilnya kapasitas RAM sebuah laptop sangat berpengaruh terhadap kinerja dan performanya. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak pula data dari sistem dan aplikasi yang dapat diproses.

Oleh karena itu, laptop yang memiliki kapasitas RAM yang besar biasanya dibutuhkan oleh para pekerja profesional yang terbiasa menangani banyak data dan para gamer yang membutuhkan performa gaming yang maksimal. Bahkan saat ini ada laptop gaming yang memiliki kapasitas RAM sebesar 32 GB, atau 8 kali lebih besar dari laptop standar yang biasanya memiliki kapasitas RAM sebesar 4 GB saja.

Meski begitu, tak sembarang laptop bisa dibekali RAM dengan kapasitas besar. Biasanya Mainboard atau Motherboard sebuah komputer akan membatasi seberapa besar kapasitas dan jumlah RAM yang bisa dipasang.

Selain itu, prosesor dan sistem operasi juga terkadang membatasi jumlah RAM yang dapat mereka tangani. Kompatibilitas RAM juga sangat berpengaruh, karena jika jenis RAM berbeda maka bentuk fisiknya juga akan berbeda. Jadi, jika Anda ingin melakukan upgrade RAM pada laptop, pastikan dulu laptop Anda cocok dengan jenis RAM yang seperti apa dan dapat menampung kapasitas seberapa besar.

Apa Saja Kegunaan RAM Pada Laptop?

Berikut ini adalah beberapa kegunaan RAM pada laptop yang perlu Anda ketahui:

1. Menyimpan Memori Sementara

Menyimpan data adalah fungsi terpenting dari sebuah RAM. Saat komputer sedang berjalan, RAM menyimpan sementara data yang dibutuhkan oleh aplikasi atau program. Program atau aplikasi yang sedang berjalan kemudian akan memberikan informasi untuk disimpan di RAM. Data yang disimpan di dalam RAM kemudian akan diteruskan ke prosesor atau CPU untuk diproses.

Singkatnya, data yang dibutuhkan oleh aplikasi dan sistem untuk beroperasi akan disimpan dalam RAM. Data tersebut kemudian akan dipasok ke CPU untuk diproses. Oleh karena itu, laptop yang memiliki kapasitas RAM yang besar dapat bekerja lebih cepat daripada laptop dengan kapasitas RAM yang kecil.

Baca Juga: Pengertian Cache Memory dan Fungsinya

2. Meningkatkan Performa Multitasking Laptop

Multitasking adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan situasi di mana sebuah laptop menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Saat bekerja multitasking, RAM berperan penting untuk membuat kinerja multitasking laptop lebih lancar.

Bisa dibayangkan jika satu aplikasi saja bisa menyimpan banyak data, lalu bagaimana dengan dua atau tiga aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Tentunya akan semakin banyak data yang harus ditampung ke dalam RAM.

Oleh karena itu, agar laptop Anda tidak lemot saat menggunakan banyak aplikasi, ada baiknya memilih laptop yang memiliki kapasitas RAM yang besar. Selain itu, Anda juga bisa mengupgrade RAM dari  laptop yang sedang Anda gunakan.

Baca Juga: Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop dengan Mudah

3. Mempercepat Pemrosesan Informasi

Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak data dari sistem dan aplikasi yang disimpan. Dengan cara ini, RAM akan dapat lebih banyak menyimpan data untuk diteruskan CPU. Semakin banyak data yang disimpan, maka semakin efisien pula pemrosesan informasi karena CPU tidak perlu menunggu lama.

4. Memaksimalkan Performa Grafik dan Pengolahan Data

Game dengan grafik 3D yang kompleks akan menyimpan banyak data ke dalam RAM. Oleh karena itu, bagi Anda yang membutuhkan laptop untuk gaming, pastikan memiliki RAM yang besar.

Selain untuk game, pekerjaan yang biasanya menangani data dan desain grafis dalam jumlah besar juga membutuhkan RAM yang besar. Semakin besar RAM, semakin banyak data yang dapat diproses dalam waktu singkat. CPU akan dengan mudah memproses data karena suplai lancar sehingga tidak ada lagi hang saat menggunakan aplikasi berat.

Demikian adalah kegunaan RAM dan seberapa pentingnya RAM pada laptop yang dapat kami sampaikan. Jika Anda sedang mencari rental laptop Jakarta, baik itu untuk keperluan pribadi atau keperluan acara tertentu, Anda dapat melakukannya di IndoRental. Semoga artikel kegunaan RAM pada laptop ini dapat membantu Anda, ya!