Mari Mengenali 6 Ciri TV LED yang Sudah Digital

Mari Mengenali 6 Ciri TV LED yang Sudah Digital

ciri tv led yang sudah digital
Uncategorized

Menindaklanjuti pernyataan pemerintah, Anda perlu mengetahui ciri TV LED yang sudah digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan bahwa siaran TV analog akan dihentikan secara bertahap mulai tanggal 30 April 2022. Rencana pemberhentian siaran TV analog sebetulnya sudah tercanang sejak Agustus tahun 2021, namun tidak jadi dilakukan karena adanya Covid-19 yang masih merajalela. Untuk bersiap menghadapi pernyataan kominfo mengenai pemberhentian siaran TV analog, Anda perlu mengetahui apakah TV Anda masih bisa digunakan pada masa yang akan datang.

Apa Ciri Ciri TV Digital? 

Adapun cara mengenali apakah TV Anda sudah digital atau belum dapat dilihat dari ciri-ciri yang akan dijelaskan di bawah ini. 

1. TV Tidak Memiliki Tabung

TV yang sudah lama Anda punya bisa jadi merupakan TV analog. Tetapi coba lihat lagi bentuk dari TV Anda, apakah bentuknya masih sangat besar dan memiliki tabung pada bagian belakang. Jika sudah tidak ada, maka kemungkinan besar TV Anda sudah digital. Pesawat TV yang sudah digital umumnya menggunakan panel layar yang datar, misalnya LCD, plasma atau LED. 

2. Memiliki Resolusi yang Tinggi

TV digital biasanya memiliki resolusi gambar yang tinggi. Sambil melanjutkan membaca artikel ini, Anda bisa langsung mencoba menyalakan TV dan lihat apakah resolusi gambar yang ditampilkan sudah bagus. Jika tidak buram dan terlihat sangat jernih, maka kemungkinan besar TV Anda sudah digital.

3. Siaran Tidak Rentan Gangguan

TV yang masih belum digital atau analog biasanya sangat rentan terhadap gangguan. Jika cuaca berangin atau hujan, siaran yang ditampilkan bisa sangat terganggu atau Anda bahkan jadi tidak bisa menonton acara TV kesayangan. Sebaliknya TV digital tidak lagi pusing apabila sedang ada cuaca buruk. TV akan tetap menyala dan bekerja sebagaimana mestinya. 

Sekilas informasi, sinyal TV analog mirip dengan sinyal radio, di mana sinyal videonya ditransmisi dalam AM dan sinyal audio ditransmisi dalam FM. Selain itu bagus tidaknya kualitas gambar TV analog yang ditampilkan, sangat bergantung pada jarak dan kondisi geografis tempat tinggal Anda. 

4. Memeriksa Stiker

Selain ketiga hal di atas, sebenarnya ada cara yang paling mudah untuk mengenal TV digital, yaitu dengan keberadaan stiker. TV digital biasanya memiliki salah satu stiker bertuliskan ASTC, DTC, Digital Ready, HD Ready, HDTV, DIgital Tuner, Digital Tuner Built-In, Integrated Digital Tuner atau Digital Receiver. 

5. Terdaftar pada Laman Kominfo

Pada website atau laman resmi dari Kominfo, Anda bisa melihat pesawat televisi apa saja yang sudah mendukung siaran digital. Anda bisa langsung menuju website ini dengan mengetik https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi?page=2, lalu cari kolom “Kategori”. Dari sana, pilih televisi dan isi merek serta model yang sesuai dengan kriteria televisi yang ada di rumah Anda. 

Baca Juga: Inilah Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital Kominfo

6. Memiliki Siaran Sub-channel

Pesawat televisi yang sudah digital biasanya memiliki siaran sub-channel. Misalnya channel A-1 dan channel A-2. Anda bisa melihat sub-channel ini pada saluran TVRI. Lihatlah apakah ada sub-channel TVRI Nasional, TVRI 3 Budaya, dan TVRI Sport HD atau tidak. Jika ada ketiga sub-channel tersebut, maka TV Anda sudah digital.

Baca Juga: Seperti Inilah Cara Mencari Saluran TV Digital

Memastikan TV yang Anda punya adalah TV yang digital sangat mudah dilakukan, bukan? Jika Anda sedang mencari TV digital untuk keperluan acara organisasi atau perusahaan, IndoRental adalah tempatnya! IndoRental menyediakan layanan sewa TV Jakarta yang bisa dikirim ke berbagai daerah di Indonesia. Dengan teknisi yang andal, kami siap membantu menyukseskan acara Anda. 

Demikian artikel ini dibuat, semoga penjelasan ciri TV LED yang sudah digital bermanfaat untuk Anda.