Bagaimana Cara Cas Laptop yang Benar dan Tidak Merusak Laptop?

Bagaimana Cara Cas Laptop yang Benar dan Tidak Merusak Laptop?

cas laptop yang benar
Tips dan Trik

Seperti apakah cara cas laptop yang benar agar tidak merusak baterai? Hal yang satu ini sangat diketahui karena akan menjadi sebuah hal yang tidak ingin Anda alami. Laptop akan memerlukan daya dari baterai untuk bisa beroperasi. Tanpa adanya bagian tersebut, maka perangkat ini tidak akan bisa digunakan. Mengganti baterai yang baru juga akan memakan biaya yang cukup besar. Sehingga akan sangat baik jika Anda melakukan langkah preventif seperti mengetahui bagaimana cara untuk mengecas daya baterai dari laptop dengan benar. Jika Anda membutuhkan informasi tersebut, maka Anda bisa memerhatikan beberapa hal di bawah ini. Mari pelajari cara terbaik untuk mengisi baterai laptop Anda di sini.

Tips Cara Cas Laptop yang Benar 

Baterai menjadi salah satu pembeda terbesar antara laptop dan komputer desktop. Melalui daya yang dihasilkan oleh baterai, Anda akan bisa menggunakan laptop tanpa perlu terhubung ke stop kontak. Anda bisa menggunakannya di taman, di dalam mobil, dan berbagai macam tempat lainnya.

Berapa lama baterai bisa bertahan tergantung pada laptop dan untuk apa Anda menggunakannya, tetapi Anda biasanya dapat menggunakannya selama dua hingga sepuluh jam dari baterai yang terisi penuh. Setelah itu, Anda harus mencolokkan laptop ke sumber listrik untuk mengisi ulang.

Nah, biasanya Anda hanya akan mencolokkan cas ke sumber listrik dan kemudian mengisi daya baterai laptop. Hal ini memang cara yang harus dilakukan ketika mengecas laptop, namun ada beberapa tips yang akan bisa membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Salah satunya menjaga baterai yang digunakan pada laptop untuk bisa bertahan lebih lama lagi. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut ini.

  • Hindari mengosongkan baterai laptop Anda sepenuhnya setelah di-charge. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mencoba menjaga level baterai antara 40 persen hingga 80 persen.
  • Pastikan laptop Anda tidak terlalu panas dan kipas pendingin Anda berfungsi dengan baik ketika ingin menggunakan laptop sambil mengecasnya.
  • Baterai yang terisi penuh 100% hanya memiliki 300-500 siklus pengisian. Namun yang terisi hingga 80% mendapatkan hampir empat kali lipat jumlah siklus pengisian ulang tersebut.

Apakah Membiarkan Laptop Di Cas Secara Terus Menerus Adalah Hal yang Baik?

Jawaban yang paling simpel adalah tidak. Seperti yang disampaikan pada tips di atas, akan sangat bagus menjaga daya baterai berada pada 40% dan 80%. Anda akan mendapati suhu pada bagian baterai menjadi lebih panas jika membiarkannya terus di cas. Namun pada beberapa model terbaru, setelah baterai terisi 100%, maka laptop akan memutuskan aliran daya ke baterai, jadi tetap membiarkan cas tetap terhubung tidak menimbulkan masalah yang besar. Namun untuk penggunaan optimum, berada pada angka 40% dan 80% adalah hal yang terbaik.

Baca Juga: Begini Cara Mengatur Cahaya Laptop Anda

Seperti itulah cara cas laptop yang benar yang bisa Anda lakukan untuk menjaga umur dari baterai laptop untuk bisa bertahan lebih lama lagi. Melepas cas laptop yang tidak digunakan juga bisa menghemat penggunaan daya listrik di rumah Anda. Bagi Anda yang memerlukan laptop namun tidak memilikinya, maka segera cek jasa sewa laptop Bandung di Indorental sekarang juga. Dapatkan laptop yang berkualitas dan juga aman. Semoga cara cas laptop yang benar dan tidak merusak ini akan bisa membantu Anda.