Cara Sharing Printer Windows 10 Dengan Mudah

Cara Sharing Printer Windows 10 Dengan Mudah

cara sharing printer windows 10
Tips dan Trik

Apakah Anda tahu bagaimana cara sharing printer Windows 10? Anda perlu mengetahui cara sharing printer di Windows 10 agar printer tersebut dapat digunakan bersama-sama.

Printer merupakan alat yang sangat dibutuhkan bagi hampir setiap orang untuk mencetak dokumen atau file lainnya. Karyawan, mahasiswa, hingga pelajar tentu akan menggunakan printer untuk menunjang aktivitas mereka.

Banyak orang yang membutuhkan printer namun tidak semua orang memilikinya. Seperti contohnya di kantor, tidak semua karyawan disediakan sebuah printer. Karyawan harus menggunakan satu atau dua printer yang sudah tersambung pada komputer di meja administrasi.

Ketika karyawan ingin mencetak sebuah dokumen, mereka harus melalui alur yang panjang terlebih dahulu mulai dari memindahkan dokumen tersebut ke dalam flash disk atau mengirimkannya melalui email kepada komputer yang sudah tersambung dengan printer. Setelahnya, baru karyawan dapat menggunakan printer untuk mencetak dokumen yang dibutuhkan.

Tahukah Anda bahwa alur yang panjang tersebut dapat disingkat dengan cara yang sangat mudah? Anda dapat menggunakan sharing printer. Sharing printer ini berfungsi agar Anda dapat mencetak dokumen langsung ke printer yang tersedia meskipun komputer tidak tersambung ke printer.

Satu printer dapat dibagi-bagi dengan komputer lainnya selama terhubung dalam 1 jaringan internet yang sama. Lalu setelahnya, Anda harus melakukan beberapa pengaturan agar komputer lain dapat menggunakan sharing printer tersebut.

Melalui artikel ini, IndoRental akan membahas secara langsung bagaimana cara sharing printer Windows 10 dengan mudah yang bisa langsung Anda coba sendiri di rumah maupun di kantor. Selain itu, kami juga telah menyediakan informasi tambahan seputar cara sharing printer di berbagai sistem operasi lainnya.

Bagaimana Cara Sharing Printer Windows 10 dengan Mudah?

Untuk melakukan sharing printer melalui Windows 10, Anda dapat melakukan pengaturan pada komputer yang sudah terhubung dengan printer. Kemudian, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke dalam Settings.
  2. Setelah jendela Settings muncul, pilih bagian Device > Printers & Scanners.
  3. Selanjutnya, Anda akan melihat nama printer yang terhubung dengan komputer tersebut. Klik pada nama printer yang ingin dibagikan dengan komputer lainnya.
  4. Masuk ke dalam Manage > Printer Properties > Sharing Tab.
  5. Cek pilihan Share This Printer pada jendela menu yang ditampilkan.
  6. Pada jendela yang baru saja muncul, Anda diminta untuk memasukkan nama printer yang akan dibagikan. Masukkan nama sesuai dengan kebutuhan dan pastikan orang lain mengetahui nama printer tersebut.
  7. Setelah nama ditentukan, klik OK dan printer sudah dapat digunakan oleh seluruh komputer yang terhubung dengan jaringan internet yang sama.

Baca Juga: Memahami Cara Sharing Printer Windows

Bagaimana Cara Sharing Printer di Sistem Operasi Lainnya?

1. Cara Sharing Printer Windows 8

Tidak semua orang sudah menggunakan Windows 10. Sebagian orang tentu ada yang masih nyaman dengan Windows 8 dan mungkin saja Anda juga termasuk pengguna dari operasi sistem ini.

Di Windows 8 sendiri, Anda tentu dapat melakukan sharing printer. Hal yang paling terpenting dalam melakukan sharing printer adalah komputer harus menggunakan jaringan internet yang sama dengan komputer pusat yang terhubung dengan printer yang akan dibagikan.

Berikut ini, kami akan memberikan langkah-langkah untuk melakukan sharing printer melalui Windows 8, yaitu:

  1. Masuk ke dalam Control Panel.
  2. Cari icon Devices and Printers, lalu masuk ke dalam pengaturan printer tersebut.
  3. Di dalam jendela baru tersebut, Anda akan melihat pilihan printer yang terhubung dengan komputer. Klik kanan pada bagian printer yang akan dibagikan lalu pilih Properties pada drop menu yang muncul.
  4. Klik Sharing Tab kemudian Share This Printer.
  5. Berikan nama printer sesuai dengan keinginan, lalu klik OK.

2. Cara Sharing Printer Windows 7

Apakah Anda saat ini masih menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows 7? Jangan khawatir, karena Anda tetap dapat melakukan sharing printer meskipun menggunakan sistem operasi Windows yang sudah lama.

Untuk mengaktifkan fitur sharing printer pada Windows 7, berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Masuk ke dalam Control Panel melalui menu Start pada komputer Anda.
  2. Pilih menu View Devices and Printers yang letaknya berada di bawah Hardware and Sound.
  3. Klik kanan pada icon printer, kemudian pilih Printer Properties.
  4. Selanjutnya, cek bagian Sharing Tab kemudian pilih Share This Printer.
  5. Sama seperti pengaturan pada Windows 8 dan juga Windows 10, Anda perlu memasukkan nama printer yang akan dibagikan kepada komputer lainnya.
  6. Klik OK dan pengaturan sharing printer di Windows 7 sudah selesai.

3. Cara Sharing Printer Mac OS

Selain Windows, Anda juga dapat mengaktifkan sharing printer yang ada pada Mac OS. Bagaimana caranya untuk melakukan sharing printer melalui Mac OS? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Masuk ke dalam System Preferences pada bagian menu Apple yang terletak di pojok kiri atas layar desktop Anda.
  2. Pilih Internet & Network atau Internet & Wireless, kemudian pilih bagian Sharing.
  3. Setelah jendela Sharing muncul, silakan centang seluruh kotak yang ada pada bagian kiri jendela Sharing.
  4. Selanjutnya, masih dalam menu System Preferences, masuk ke dalam Print & Scan.
  5. Pilih printer yang akan dibagikan dari daftar yang tersedia, kemudian klik Share this printer on the network.
  6. Fitur sharing printer pada Mac OS sudah dapat digunakan.

Baca Juga: Mudah, Ini Cara Menghubungkan Laptop ke Printer dengan WiFi

Mudah sekali bukan cara untuk melakukan sharing printer Windows 10? Apakah informasi di atas bermanfaat bagi Anda?

Sebagai informasi tambahan, IndoRental ingin memberitahukan kepada Anda bahwa kami menyediakan layanan rental printer terdekat. Anda dapat menggunakan layanan rental ini untuk menyewa printer yang dibutuhkan.

Silakan hubungi IndoRental sekarang juga jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut. Jangan lupa untuk mengikuti cara sharing printer Windows 10 di atas jika Anda membutuhkan fitur tersebut.