Ketahui Cara Screenshot di Laptop Windows dan Mac?

cara screenshot di laptop
Tips dan Trik

Laptop menjadi salah satu perangkat elektronik yang saat ini sangat banyak dipakai oleh masyarakat. Biasanya penggunaannya untuk kerja, membuat tugas sekolah, dan tentunya untuk mencari hiburan seperti bermain game atau nonton film. Kebutuhan terhadap laptop semakin tinggi tiap waktunya, apalagi pada saat ini. Namun ada beberapa fitur di dalamnya yang sayangnya masih jarang diketahui yaitu cara screenshot di laptop. Penasaran dengan caranya yang termasuk beragam ini?

Untuk cara screenshot di laptop, sebenarnya terbagi dua. Ada cara untuk laptop Windows dan Mac. Ya, dengan perbedaan dari sisi sistem operasi dari kedua laptop ini, maka cara screenshot pun juga berbeda.

Tenang saja, di bawah ini Anda akan mendapatkan cara screenshot di laptop untuk kedua jenis sistem operasi tersebut. Simak rangkumannya di bawah ini, dan selamat mencoba.

Cara Screenshot di Windows

Cara screenshot di laptop dengan sistem operasi Windows sebenarnya ada beberapa cara. Ini cara-caranya:

1. Tombol Print Screen

Jika di laptop Anda ada tombol Prt Sc, maka Anda tinggal tekan tombol tersebut di halaman yang ingin di-screenshot. Kemudian buka aplikasi bawaan windows seperti Paint atau software multimedia lainnya seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator, dan sejenisnya untuk mengolah gambar. Anda tinggal paste atau ctrl + v di software tersebut maka gambar hasil screenshot langsung muncul. Selanjutnya save as jika ingin dibagikan.

2. Tombol Windows Key dan Print Screen

Anda bisa menekan tombol windows key dan tombol print screen jika ingin langsung menyimpan gambar secara otomatis. Tekan tombol Windows dan Prtscn di keyboard. Dengan begitu, hasil gambar screenshot akan tersimpan di folder Pictures secara otomatis. Cek folder Pictures untuk melihat hasil screen capture.

3. Tombol Windows, Shift, dan S

Di dalam WIndows 10, Anda bisa mengambil screenshot dari sebagian halaman yang terlampir di layar laptop. Anda tinggal menekan tombol Windows + Shift + S pada keyboard untuk buka aplikasi Snip & Sketch. Kemudian layar mulai berubah ke warna keabuan dan kursor berubah menjadi ikon “+”. Anda tinggal memilih area mana yang ingin di-screenshot. Secara otomatis, Snip & Sketch akan menangkap layar Anda. Selanjutnya Anda bisa melakukan penyuntingan secara langsung atau memang ingin menyimpan screenshot gambar tanpa perubahan.

Cara Screenshot di Mac

Selanjutnya adalah cara screenshot di laptop dengan sistem operasi Mac. Sama seperti Windows, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan hasil akhir berbeda:

1. Screenshot seluruh layar

Untuk mengambil screenshot seluruh tampilan layar atau full screen di laptop Mac Anda, tinggal menekan tombol Shift + Command + 3 pada keyboard. Secara otomatis screenshot akan terambil dan disimpan di laptop.

2. Screenshot sebagian layar

Jika hanya sebagian layar atau bagian tertentu saja yang ingin diambil, Anda tekan Shift + Command + 4 pada keyboard. Lalu ambil bagian yang ingin di-screenshot. Tekan tombol Enter dan gambar sudah tersimpan.

3. Screenshot aplikasi tertentu

Laptop Mac bisa juga mengambil screenshot aplikasi tertentu yang sedang Anda buka. Misalkan Anda sedang membuka 3 aplikasi secara sekaligus dengan pembagian di layar laptop, Anda bisa mengambil salah satunya. Tekan Shift + Command + 4 + Space Bar. Pilih aplikasi yang ingin di-screenshot. Hasil screenshot otomatis disimpan di laptop.

Seringkali jika hasil screenshot terhapus secara sengaja, jika itu terjadi ikutilah cara mengembalikan file yang terhapus di laptop agar hasil screenshot tersebut tetap dapat digunakan.

Itulah cara screenshot di laptop Windows dan Mac yang bisa Anda praktikkan sekarang. Butuh laptop untuk urusan pekerjaan, event, hingga pribadi? Anda bisa menyewa laptop di IndoRental sekarang juga. Sebagai penyedia layanan penyewaan perangkat IT & laptop, IndoRental memiliki laptop dari berbagai merek, tipe, dan spesifikasi. Jika saat ini anda berdomisili di Jakarta atau Bandung makan anda bisa sewa laptop jakarta atau sewa laptop bandung sesuai kebutuhan bersama IndoRental. Kunjungi IndoRental untuk informasi lebih lengkap.