Cara Print Bolak-Balik di Word dan PDF agar Hemat Kertas

Cara Print Bolak-Balik di Word dan PDF agar Hemat Kertas

cara print bolak balik di word
Uncategorized

Anda masih berpikir bahwa cara print bolak balik di word dan PDF itu sulit dilakukan? Hilangkan pikiran tersebut karena metode cetak dokumen ini sebenarnya sangat mudah. Mencetak dokumen di dua sisi halaman terlihat sulit karena belum paham caranya, apalagi dilakukan pertama kali. IndoRental akan memberikan panduan mudah print dokumen bolak balik untuk diikuti di rumah atau di kantor.

Bagaimana Cara Print Bolak Balik di Word dan PDF Dengan Mudah?

Metode print dokumen di dua sisi halaman menjadi pilihan jika Anda ingin mencetak buku, katalog mini, buklet, atau flyer (selebaran). Semua jenis dokumen tersebut pasti terdiri dari beberapa halaman, kecuali flyer, jadi lebih menghemat kertas apabila dicetak bolak-balik. Metode print ini juga dapat diterapkan pada ukuran output dokumen yang kecil, tapi kedua sisi halamannya tetap terisi.

Kabar bagusnya, Anda dapat mencetak file berformat PDF secara bolak-balik pula. Anda tidak perlu khawatir desain atau layout-nya menjadi berantakan karena dibuka dalam Microsoft Word. Cukup buka aplikasi PDF reader di laptop dan pilih menu ‘Print’, dokumen pun siap dicetak bolak-balik sesuai keinginan.

Baca Juga: Miliki 9 Aplikasi PDF di Laptop Anda Sekarang

Sebelum mulai mencetak dokumen, Anda harus memastikan bahwa printer yang tersambung bisa digunakan untuk print bolak-balik. Caranya mudah, cukup buka Microsoft Word, kemudian pilih menu ‘Print’ dari tab ‘File’. Pada bagian ‘Settings’, klik menu ‘Print On One Sided’. Apabila muncul pilihan ‘Print on Both Side’, baik secara manual atau otomatis, printer Anda sudah bisa digunakan untuk print bolak-balik.

Anda sudah menyiapkan file yang ingin dicetak bolak-balik? Ikuti langkah di bawah ini sesuai spesifikasi printer yang dimiliki.

1. Menggunakan Printer Dupleks

Jenis printer ini memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen bolak-balik secara otomatis. Anda tidak perlu memasukkan kertas kembali pada posisi yang berbeda setelah selesai mencetak satu sisi halaman. Epson Deskjet L565 merupakan salah satu contoh printer dupleks yang banyak dipakai.

Prinsip kerjanya sama seperti printer manual, tapi Anda harus mengaktifkan mode ‘Print on Both Side’. Jika lupa diaktifkan, printer malah mencetak pada satu sisi halaman seperti biasa. 

Begini langkah-langkah mencetak dokumen secara bolak-balik dengan printer dupleks:

1. Dari Microsoft Word

Gunakan cara ini apabila file yang dicetak berformat .doc, .rtf, dan sejenisnya.

  • Pilih tab ‘File’, kemudian pilih ‘Print’.
  • Pada bagian ‘Settings’, ubah menu ‘Print on One Sided’ menjadi ‘Print on Both Sided’.
  • Terapkan beberapa peraturan lainnya sesuai kebutuhan Anda.
  • Klik ‘Print’.

Baca Juga: Pahami Cara Print Hitam Putih di Word Berikut Ini!

2. Dari PDF Reader

Menu print yang tampil di PDF reader berbeda-beda tergantung jenis aplikasi yang digunakan. Langkah di bawah ini dapat diaplikasikan jika Anda menggunakan Adobe Acrobat versi 10 ke bawah.

  • Pilih ‘File’, kemudian klik ‘Print’.
  • Pilih ‘Properties’, kemudian pilih ‘Layout’. Tunggu hingga muncul kotak dialog.
  • Atur pilihan ‘Print On Both Sides’, kemudian klik ‘Print’.

2. Menggunakan Printer Manual

Jangan berkecil hati apabila printer Anda bukan jenis dupleks. Anda masih bisa print bolak-balik, tapi prosesnya memerlukan perhatian lebih. Setelah printer mencetak satu sisi halaman, Anda harus memasukkan kertasnya lagi untuk dicetak di sisi lainnya.

Sama seperti cara sebelumnya, langkah print dari Microsoft Word dan PDF reader sangat berbeda. Pelajari cara di bawah ini sampai selesai.

1. File Microsoft Word

Langkah mencetak file Word bolak-balik sebagai berikut”

  • Klik ‘File’, kemudian pilih ‘Print’.
  • Ubah pengaturan ‘Print One Sided’ menjadi ‘Manually Print on Both Sided’.
  • Klik ‘Print’, kemudian tunggu hingga printer selesai mencetak.
  • Setelah selesai, muncul pop-up di Microsoft Word untuk memasukkan kertas. Masukkan kertas ke printer kembali dengan posisi yang berlainan. Hindari agar tidak terjadi kesalahan urutan pencetakan.
  • Printer otomatis akan mencetak halaman dokumen yang tersisa hingga selesai.

2. File PDF

Proses print manual dari PDF reader lebih rumit. Jangan khawatir, ikuti saja panduan ini dengan teliti hingga Anda mendapatkan cetakan dokumen yang dibutuhkan.

Hasil akhir dari petunjuk di bawah ini adalah cetakan halaman dalam urutan numerik dan kertas hasil cetakan menghadap ke bawah printer.

  • Pada menu ‘File’, pilih ‘Print’.
  • Muncul pop-up Subset. Arahkan kursor ke area ‘Print Range’, kemudian pilih ‘Even Pages Only’.
  • Pilih opsi ‘Reverse Pages’. Sebelumnya, pastikan bahwa urutan halaman dalam file PDF sudah tepat.
  • Klik ‘OK’ dan proses print pun dimulai.
  • Proses print sudah selesai dan Anda harus mencetak halaman pada sisi lainnya. Tambahkan satu lembar kertas HVS kosong jika jumlah halamannya ganjil.
  • Masukkan kembali kertas untuk mulai mencetak pada sisi halaman berikutnya. Pastikan posisi yang kosong menghadap ke arah printer.
  • Buka lagi menu ‘Print’, kali ini pilih menu ‘Odd Pages Only’ dari menu Subset.
  • Klik OK atau ‘Print’. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Baca Juga: Bagaimana Cara Print 2 Halaman 1 Kertas PDF?

3. Print Halaman Ganjil dan Genap

Cara ini lebih efektif untuk diaplikasikan pada printer manual. Metode ini bekerja dimulai dari mencetak halaman ganjil dulu, kemudian mencetak halaman genap setelah kertasnya dibalikkan. Begini caranya:

  1. Pilih ‘File’, kemudian ‘Print’.
  2. Pilih ‘Print All Page’ pada menu ‘Settings’. Kemudian klik ‘Only Print Odd Pages’ yang terletak di bagian bawah gallery.
  3. Klik ‘Print’. Tunggu hingga seluruh halaman ganjil selesai dicetak.
  4. Masukkan kembali kertas ke printer dengan posisi yang berbeda.
  5. Buka menu ‘Print’ lagi, kali ini pilih ‘Print All Pages’ di menu ‘Settings’.
  6. Aktifkan menu ‘Only Print Even Pages’.
  7. Klik ‘Print’.

Mana yang lebih mudah, menggunakan printer manual atau printer dupleks? Semua orang pasti memilih jawaban printer dupleks karena otomatis, sayangnya tidak semua memiliki mesinnya. IndoRental memiliki layanan rental printer terdekat untuk warga Jabodetabek, Bandung, dan sekitarnya. Kami menyediakan printer dupleks Epson Deskjet L565 untuk kebutuhan print bolak-balik. Hubungi tim IndoRental dan dapatkan harga spesial penyewaan printer hingga jangka waktu bulanan. 

Setelah mendapatkan printer dupleks di rumah atau kantor, terapkan cara print bolak balik di word dan PDF di atas untuk hasil cetakan sesuai keinginan.