Begini 4 Cara Nonton YouTube di TV yang Mudah!

Begini 4 Cara Nonton YouTube di TV yang Mudah!

cara nonton youtube di tv
Uncategorized

Banyak jalan menuju Roma, begitu pula cara nonton YouTube di TV yang bisa dilakukan dengan berbagai langkah. Apapun model televisinya, Anda dapat menikmati hiburan dari kanal YouTube favorit berkat kecanggihan teknologi saat ini. Jika bosan atau tidak tertarik menikmati hiburan dari saluran TV, cobalah menikmati hiburan dari video YouTube di layar kaca.

YouTube kini tidak hanya bisa diakses di handphone atau laptop. Televisi menjadi salah satu media elektronik yang canggih untuk menikmati video dari YouTube. Tampilan yang lebih lebar serta suara yang lebih jernih dari video YouTube dapat dirasakan dengan menontonnya di televisi. 

Belum lagi, Anda dapat menonton videonya bersama teman atau keluarga dengan nyaman tanpa harus berebutan posisi duduk. Mata pun tidak mudah lelah karena Anda tidak harus memandangi layar kecil selama beberapa waktu. Banyak sekali keuntungan menikmati tontonan YouTube di layar kaca, bukan?

Bagaimana Cara Nonton YouTube di TV Dengan Mudah?

Tidak semua televisi dapat digunakan untuk menikmati kecanggihan ini. Anda harus memiliki televisi LED dan memiliki beberapa fitur yang mendukung untuk menikmati tayangan video dari YouTube. Televisi dapat menampilkan video YouTube dengan atau tanpa harus disambungkan ke smartphone atau laptop terlebih dahulu.

Baca Juga: Mari Mengenali 6 Ciri TV LED yang Sudah Digital

Cara menonton hiburan YouTube di TV sebenarnya tidak sulit. Anda cukup melakukan beberapa langkah sederhana dan video YouTube siap dinikmati di layar kaca. Ikuti beberapa pilihan cara di bawah ini sesuai jenis dan fitur TV yang Anda miliki.

1. Mengakses YouTube di Smart TV

Smart TV merupakan inovasi terbaru dalam televisi sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat di era digital. Teknologi Smart TV memungkinkan Anda menikmati hiburan dari YouTube, Netflix, Viu, dan website streaming lainnya tanpa harus menyambungkan handphone atau laptop. 

Aplikasi YouTube dan streaming langsung tersedia di Smart TV dan Anda cukup mengaksesnya. Jika belum tersedia, Anda dapat mengunduhnya terlebih dulu di toko aplikasi (app store) Smart TV. Smart TV memiliki browser yang bisa Anda gunakan untuk mengakses YouTube, tapi belum tentu sama mudahnya menggunakan aplikasinya.

Jangan lupa untuk login dulu menggunakan akun YouTube Anda sebelum menikmati hiburannya. Pastikan televisi sudah tersambung ke jaringan WiFi agar bisa menonton di YouTube, ya.

2. Mengakses dari HP tanpa Casting

Langkah ini dilakukan hanya jika televisi Anda memiliki teknologi Smart TV. Caranya pun cukup mudah, Anda tidak membutuhkan perangkat caster seperti Miracast atau Chromecast untuk menghubungkannya. Dalam langkah ini, Anda harus memiliki aplikasi YouTube di HP. Tips ini tidak berguna kalau Anda mengakses YouTube dari browser.

Pertama, bukalah aplikasi YouTube, kemudian putar video yang ingin ditonton di TV. Klik ikon Transmisi ( ) yang terletak di kanan atas, kemudian pilih perangkat TV Anda. Tunggu beberapa saat sampai terhubung dan otomatis video muncul di layar televisi. Gunakan HP Anda sebagai remote untuk mengatur tayangan YouTube, seperti pause, next video, dan lain-lain.

Bagaimana jika televisi saya belum mendukung teknologi Smart TV? Jangan khawatir, Anda bisa mencoba dua langkah lainnya di bawah ini.

3. Menggunakan Kabel HDMI

Anda dapat menyambungkan laptop, tablet, atau smartphone ke televisi untuk menonton YouTube dengan cara ini. Pilihan kabel HDMI harus bertipe C karena sesuai dengan port di smartphone atau tablet

Jika ingin menyambungkan dari laptop, gunakan port lain yang sesuai. Anda dapat menggunakan konektor apabila tidak menemukan kabel HDMI yang port-nya sesuai perangkat yang digunakan.

Bac Juga: Bagaimana Cara Menghubungkan Laptop ke TV tanpa Kabel?

Cara menyambungkannya sangat mudah. Anda dapat mengikuti panduannya di bawah ini:

  1. Sambungkan kabel HDMI ke port smartphone, tablet, atau laptop sesuai spesifikasinya. Kemudian masukkan sisi lain kabel HDMI ke televisi.
  2. Tunggu beberapa saat hingga dua perangkat tersebut sudah terhubung. Tampilan YouTube di HP akan muncul di layar televisi Anda.

4. Menggunakan Caster

Perangkat caster seperti Miracast atau Chromecast sangat membantu apabila Anda ingin menonton YouTube di layar lebar. Caster berguna untuk memproyeksikan tampilan di layar smartphone ke TV. Jadi, Anda bisa menggunakan caster selain menonton YouTube, contohnya bermain game smartphone di layar yang lebih besar.

Langkah pemasangannya berbeda, tergantung jenis caster yang digunakan. Jika Anda menggunakan Chromecast, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Sambungkan Chromecast ke port HDMI di televisi.
  2. Atur koneksi caster hingga terhubung ke jaringan WiFi yang digunakan lewat aplikasi di HP.
  3. Pasang atau install aplikasi Chromecast.
  4. Pada menu pilihan saluran di TV, pindahkan saluran ke HDMI sebagai sumber tontonan.
  5. Selamat, Anda sudah bisa menonton YouTube di TV menggunakan Chromecast.

Bagaimana langkah pemasangan menggunakan Miracast? Gunakan panduan di bawah ini:

  1. Sambungkan dongle Miracast ke TV.
  2. Pada smartphone Android Anda, lakukan pengaturan lewat menu ‘Setting’. Pilih menu ‘Display’, kemudian ‘Wireless Mirroring or Cast Screen’.
  3. Ganti semua pengaturannya menjadi ON. 
  4. Tunggu hingga muncul jaringan Miracast Anda, pilih jaringan tersebut dan tunggu beberapa saat hingga smartphone dan TV sudah tersambung. Anda bisa menikmati hiburan YouTube dengan menggunakan HP sebagai remote control-nya.

Banyak sekali pilihan menonton YouTube di televisi, bukan? Berterimakasihlah kepada kemajuan teknologi karena kini Anda dapat menikmati tayangan favorit dengan tampilan lebar dan suara jernih dibandingkan smartphone. Tayangan di YouTube dapat dinikmati oleh banyak orang tanpa harus repot menyewa layar dan proyektor yang mengurangi kejernihan videonya.

IndoRental menyediakan jasa sewa TV Jakarta bagi Anda yang ingin menampilkan video di YouTube untuk acara penting. Kami menyediakan TV LG LED 55 Inchi Baru yang mendukung teknologi Smart TV, jadi Anda tidak perlu repot menyambungkan HP atau laptop ke TV. Anda bisa mendapatkan harga sewa khusus dan sesuai anggaran hanya dengan menghubungi tim IndoRental.

Apakah artikel di atas sangat membantu Anda? Bagikan artikel cara nonton YouTube di TV ini kepada keluarga atau teman Anda agar mereka juga menikmati hiburan sampai puas!