Cara Menyamakan Frekuensi HT untuk Keperluan Acara

Cara Menyamakan Frekuensi HT untuk Keperluan Acara

daftar frekuensi ht penting
Tips dan Trik

Pengguna handy-talky alias HT harus tahu cara menyamakan frekuensi HT di setiap perangkatnya agar komunikasi tetap berjalan. Ketika dihidupkan, frekuensi HT sering kali berbeda sehingga harus disamakan agar tetap satu sama lain. Setting frekuensi ini biasanya dilakukan apabila terdapat perbedaan merek antar HT yang digunakan.

Handy-talky masih menjadi alat komunikasi yang diandalkan saat berkoordinasi dengan anggota tim lainnya. Biasanya, penggunaan HT lebih umum terjadi pada suatu acara atau ketika berada di suatu tempat terpencil. Selain itu, HT juga memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan perangkat komunikasi lainnya, seperti smartphone.

Cara Menyamakan Frekuensi HT agar Tetap Terkoneksi

Penggunaan handy-talky yang tidak terlalu sering membuat sebuah organisasi harus menyewanya jika ada acara tertentu. Bagi sebuah organisasi, handy-talky hanya digunakan bila ada acara yang diselenggarakan. Tentunya, penyelenggaraan acara ini tidak sering, jadi mereka lebih memilih untuk menyewa handy talky yang terjaga kualitasnya. Handy-talky yang terlalu lama tidak digunakan tentunya akan berakibat turunnya kualitas.

Berbeda dengan organisasi di atas, ada pula beberapa instansi lainnya yang memang harus menggunakan handy-talky sebagai alat komunikasi. Misalnya, tim Search and Rescue (SAR) yang menggunakan HT saat mengevakuasi korban. Bencana alam yang tidak bisa ditebak waktunya membuat beberapa instansi harus memiliki HT sendiri di inventarisnya.

Baca Juga: Informasi Lengkap Frekuensi HT SATLANTAS Kepulauan Jawa

Seringkali ditemukan bahwa HT yang disewa atau dimiliki terdapat perbedaan merek. Beberapa orang memang tidak mementingkan hal ini, tapi ternyata sangat berpengaruh pada penggunaannya. Perbedaan merek HT bisa menimbulkan perbedaan dalam frekuensinya pula, sehingga harus disamakan dulu sebelum digunakan.

Mengapa HT dengan merek yang sama jarang memiliki perbedaan frekuensi? Alasan utamanya adalah perangkat HT merek yang sama sudah memiliki konfigurasi yang serupa pula, termasuk frekuensinya.

Lakukan beberapa langkah berikut untuk menyamakan frekuensi HT dan WT sehingga bisa terhubung.

1. Pahami Perangkat HT dan WT

Pertama, Anda harus memahami perangkat HT dan WT yang digunakan. Jika ini adalah kali pertama Anda mengoperasikannya, coba baca masing-masing buku panduannya. Untuk HT, pahami cakupan kerja masing-masing frekuensinya, apakah memiliki jangkauan frekuensi yang sama. Bila ada jangkauan frekuensi yang tidak tercover, berarti kedua HT tersebut tidak bisa terhubung satu sama lain.

2. Lakukan Konfigurasi pada HT

Merk HT yang akan dioperasikan adalah Baofeng Dual Band yang tersedia di Indorental. Untuk melakukan konfigurasi, pastikan HT dalam keadaan mati terlebih dulu agar komunikasinya tidak terganggu. Lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mengatur setting pada HT:

  • Apabila dial HT berada pada channel 1-5, tekan dan tahan tombol MONITOR + PTT secara bersamaan, kemudian hidupkan VOX – ON/OFF.
  • Apabila dial HT berada pada channel 10, tekan dan tahan tombol MONITOR + PTT secara bersamaan, kemudian hidupkan Voice Prompt – ON/OFF.
  • Apabila dial HT berada pada channel 11, tekan dan tahan tombol MONITOR + PTT secara bersamaan, kemudian hidupkan Alarm Function – ON/OFF. Aktifkan dengan software untuk menghidupkannya.
  • Apabila dial HT berada pada channel 15, tekan dan tahan tombol MONITOR + PTT secara bersamaan, kemudian hidupkan Change Language – Chinese/English.
  • Apabila dial HT berada pada channel 16, tekan dan tahan tombol MONITOR + PTT secara bersamaan, kemudian hidupkan Scan – ON/OFF. Aktifkan dengan software untuk menghidupkannya.
  • Apabila dial HT berada pada channel 1-16, tekan dan tahan tombol MONITOR + PTT secara bersamaan, kemudian hidupkan Voice Prompt Sementara – ON/OFF. 

Baca Juga: Aturan Frekuensi HT yang Diperbolehkan untuk Umum

3. Pahami Kode Frekuensi Default HT

Informasi mengenai kode frekuensi default handy-talky biasanya ditemukan pada buku panduan. Jika tidak memilikinya, Anda bisa mencari informasinya di internet, tentunya menggunakan kata kunci yang tepat. Setelah mengetahui infonya, barulah Anda bisa menyamakan frekuensi setiap HT-nya sehingga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi selama acara berlangsung.

Jika diperlukan, Anda juga bisa menghubungkan HT dengan walky talky. Perbedaan antara kedua alat tersebut adalah HT memerlukan izin untuk penggunaan frekuensinya, sedangkan WT bisa digunakan dengan bebas tanpa memerlukan izin.

WT juga memiliki cara kerja yang berbeda dibandingkan dengan HT, yaitu memasukkan angka 1-22 sebagai channel frekuensi kerjanya. Perhatikan pula bagian bawah WT, karena ada kode kecil yang sangat berguna agar frekuensinya tidak saling mengganggu satu sama lain.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menggunakan HT dengan Benar?

Seperti yang dijelaskan, penggunaan HT memerlukan izin agar frekuensinya tidak terganggu. Jadi, lebih baik Anda melakukan menggunakan layanan sewa HT Jakarta yang disediakan oleh Indorental. Penyelenggara acara yang berada di area Jakarta bisa dengan mudah menggunakan HT, karena tim Indorental juga akan membantu menyamakan frekuensinya. Tentu saja, kami menyediakan merek dan spesifikasi HT yang berbeda, sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Indorental sudah berpengalaman dalam melakukan cara menyamakan frekuensi HT di atas, sehingga alat komunikasi yang sewa bisa langsung Anda gunakan agar acara berjalan dengan lancar.