4 Cara Menghubungkan AnyCast ke Laptop Windows 10 dari Perangkat Lain

4 Cara Menghubungkan AnyCast ke Laptop Windows 10 dari Perangkat Lain

cara menghubungkan anycast ke laptop windows 10
Tips dan Trik

Ada beberapa cara menghubungkan AnyCast ke laptop windows 10 yang dapat kamu coba. AnyCast sendiri merupakan sebuah perangkat elektronik yang sangat berguna dan dapat mempermudah banyak kegiatan yang Anda lakukan.

Jika Anda belum mengetahui cara menghubungkan AnyCast, jangan khawatir! Pada artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghubungkan AnyCast ke laptop windows 10 serta penjelasan lainnya. Simak artikelnya di bawah ini!

Apa Itu AnyCast?

AnyCast merupakan sebuah perangkat media yang berfungsi membagikan alamat IP dari sebuah perangkat elektronik yang sama ke beberapa perangkat lain sekaligus. Ukuran dari AnyCast sendiri lumayan kecil, hampir sama seperti USB flashdrive.

Dengan menggunakan AnyCast, Anda dapat menghubungkan dan memproyeksikan layar dari laptop Anda atau perangkat elektronik lainnya seperti smartphone, tablet, atau bahkan komputer dan notebook ke televisi ataupun monitor. Jadi Anda dapat melihat foto, video, maupun penggunaan aplikasi yang ada di layar laptop atau perangkat lainnya di televisi atau monitor Anda.

Salah satu syarat untuk dapat menggunakan perangkat ini pun cukup mudah, yaitu televisi atau monitor Anda harus memiliki port HDMI. Jika televisi atau monitor Anda tidak memiliki port HDMI, Anda juga masih dapat menggunakannya dengan alternatif lain seperti menggunakan konverter adaptor untuk RCA ke HDMI. Jadi, penggunaan AnyCast ini bisa disambungkan dengan berbagai merek televisi atau monitor, bahkan ke televisi tabung yang cukup jadul sekalipun.

Baca Juga: Apa Itu Miracast serta Bagaimana Cara Penggunaannya?

Bagaimana Cara Menghubungkan AnyCast ke Laptop Windows 10

Untuk menghubungkan AnyCast ke laptop Windows 10 dan perangkat lainnya, setidaknya ada tiga cara yang dapat kamu coba, yaitu melalui sistem operasi Windows, browser, bluetooth, dan EZMira. Langkah-langkah yang perlu Anda ikuti juga cukup mudah.

Berikut ini adalah tiga cara menghubungkan AnyCast ke laptop windows 10 dan perangkat lainnya:

1. Menghubungkan AnyCast Melalui Sistem Operasi Windows

Untuk menghubungkan AnyCast ke laptop Windows 10 Anda dari Smart TV, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pada keyboard Anda, klik tombol WIndows + P secara bersamaan.
  • Setelah menu “Project” muncul, pilih opsi “Connect to a wireless display”.
  • Jika sudah, pilih AnyCast SSID Smart TV Anda untuk menghubungkannya.

Cara ini juga berlaku untuk laptop dengan sistem operasi lain seperti Windows 8.

2. Menghubungkan AnyCast Melalui Browser

Cara ini berlaku untuk semua jenis perangkat AnyCast yang Anda miliki. Namun syaratnya adalah semua perangkat yang ingin dihubungkan harus menggunakan koneksi internet yang sama, seperti WiFi rumahan misalnya.

Untuk menghubungkan AnyCast melalui browser, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Saat Anda melakukan pemasangan perangkat AnyCast ke laptop, Smart TV, atau perangkat elektronik lain, kode SSI dan kata sandi dari AnyCast tersebut akan muncul. Kata sandi tersebut dapat Anda gunakan untuk menghubungkan AnyCast dari satu perangkat elektronik ke perangkat elektronik lainnya.
  • Selanjutnya, hidupkan semua perangkat elektronik yang ingin Anda sambungkan, misalnya dari laptop ke TV. Jika sudah dinyalakan, sambungkan kedua perangkat elektronik tersebut ke SSID AnyCast melalui browser. Gunakan SSID dan kata sandi yang muncul di layar TV Anda. Buka aplikasi browser di laptop Anda dan masukkan URL “192.168.203.1”.
  • Klik opsi ‘Internet’ yang ada halaman tersebut. Lalu, pilih nama dari koneksi internet, misalnya WiFi rumah, yang Anda gunakan pada kedua perangkat elektronik tersebut dan masukkan kata sandi WiFi untuk menyambungkannya.

Nah, jika sudah tersambung, sekarang Anda sudah dapat melihat layar dari laptop Anda di TV dengan nyaman.

Baca Juga: Cara Melihat Password Wifi Di Laptop

3. Menghubungkan AnyCast Melalui Bluetooth

Selain menggunakan browser, AnyCast juga dapat dihubungkan melalui Bluetooth. Namun, syaratnya adalah perangkat AnyCast Anda harus `tipe M100. Selain itu, pastikan juga semua perangkat yang ingin disambungkan sudah menggunakan Bluetooth 5 GHz.

Selanjutnya, Anda harus melakukan pemasangan aplikasi EZMira terlebih dahulu dengan mengunduhnya di website AnyCast. Anda dapat mengunjungi link https://any-cast.com/pages/download-ezmira-for-windows untuk mengunduhnya.

Jika semua perangkat yang ingin kamu gunakan sudah memenuhi semua syarat di atas, selanjutnya Anda sudah bisa memulai proses penghubungannya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghubungkan AnyCast melalui Bluetooth:

  • Aktifkan Bluetooth yang ada di kedua perangkat yang ingin disambungkan, misalnya laptop Windows 10 dengan Smart TV.
  • Jika sudah, Anda akan melihat opsi ‘EZMira App’ pada pengaturan koneksi Bluetooth.
  • Pilih ‘EZMira App’, lalu klik ikon ‘Bluetooth’.
  • Selanjutnya, pada pengaturan WiFi, Anda akan melihat perangkat AnyCast.
  • Klik AnyCast SSID untuk membuat koneksi internet antara laptop dengan Smart TV milik Anda.
  • Selanjutnya, pilih koneksi internet yang akan Anda gunakan seperti WiFi rumah Anda, lalu masukkan kata sandinya di sana. Jika sudah, klik ‘Connect’.

Mudah, kan? Jika Anda masih tidak bisa melakukan proses penghubungan AnyCast dari satu perangkat elektronik ke perangkat elektronik lainnya, Anda dapat mencoba cara selanjutnya.

4. Menghubungkan AnyCast Melalui EZMira

Jika cara-cara sebelumnya masih belum berhasil untuk menghubungkan AnyCast ke laptop Windows 10 dari perangkat lainnya, Anda dapat coba mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Nyalakan koneksi internet pada laptop Windows 10 Anda dan unduh aplikasi EZMira.
  • Nyalakan Smart TV yang ingin Anda sambungkan ke laptop Windows 10 Anda.
  • JIka aplikasi EZMira sudah terpasang, buka aplikasi tersebut lalu pilih menu “Search Device”.
  • JIka proses pencarian sudah selesai, pilih perangkat AnyCast yang muncul di layar laptop Anda.
  • Jika sudah, secara otomatis layar laptop Windows 10 Anda akan terproyeksikan di layar Smart TV milik Anda.

Cara-cara di atas seharusnya dapat Anda lakukan dengan mudah, ikuti saja langkah-langkahnya dengan tepat.
Nah, jika Anda sedang mencari tempat untuk sewa TV Jakarta, Anda dapat melakukannya di IndoRental. Semoga penjelasan tentang cara menghubungkan AnyCast ke laptop Windows 10 ini dapat membantu Anda, ya!