5 Cara Menghilangkan Garis Horizontal Pada TV LED Anda

5 Cara Menghilangkan Garis Horizontal Pada TV LED Anda

cara menghilangkan garis horizontal pada tv led
Uncategorized

Cara menghilangkan garis horizontal pada TV LED bisa jadi sulit. Jika tidak Anda lakukan dengan hati-hati, TV datar Anda justru akan mengalami kerusakan secara permanen. Garis horizontal ini muncul sebagai akibat dari beberapa hal. Bisa karena masalah yang terjadi di Board T-Con atau di kabel Board T-Con. Bisa juga karena kabel-kabel yang terhubung ke TV datar Anda tidak terhubung dengan baik atau longgar. 

Selain itu adanya software atau perangkat lunak yang sudah ketinggalan alias belum berada pada teknologi yang terbaru, juga bisa jadi alasan mengapa TV LED Anda tidak menampilkan gambar yang baik. Jika beberapa hal ini terjadi, tentu Anda belum perlu untuk mengganti TV yang baru. Penyebab-penyebab ini adalah hal yang wajar terjadi. Oleh karena itu saat garis-garis horizontal muncul pada TV Anda, coba lakukan beberapa cara di bawah ini. 

Bagaimana Cara Menghilangkan Garis Horizontal Pada TV LED Dengan Mudah?

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan saat garis-garis mulai muncul pada TV datar Anda. 

1. Hidupkan Ulang TV LED 

Jika garis-garis muncul pada TV Anda, coba hidupkan ulang TV Anda dengan remote. Jika saat dihidupkan kembali garis-garis masih muncul, kembali matikan TV LED dan coba cabut kabel daya dari stop kontak. Biarkan TV LED dalam keadaan mati selama 2-5 menit, kemudian kembali colok kabel daya dan nyalakan TV.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Semut di TV LED dan Penyebabnya

2. Pastikan Semua Kabel Tersambung Sempurna

Apabila cara pertama belum berhasil menghilangkan garis-garis di TV datar, Anda bisa mencoba melakukan pengecekkan kabel-kabel yang terhubung ke TV LED. Kemungkinan besar garis-garis muncul karena ada kabel yang tidak terpasang dengan baik atau longgar. Coba cabut semua sambungan kabel ke TV dan pasang ulang kabel-kabel tersebut. 

Pastikan semua kabel yang Anda pasang ulang sudah berada pada tempat yang tepat dan sudah terpasang dengan sempurna. Saat Anda mencabut dan memasang kabel ke TV, pastikan bahwa TV LED Anda berada dalam keadaan mati dan kabel daya sudah tercabut dari stop kontak. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi korsleting pada TV dan tangan Anda tidak tersetrum listrik. 

3. Periksa Semua Sumber yang Tersambung pada TV LED

Anda juga bisa melakukan pengecekan untuk mengetahui penyebab garis horizontal muncul pada TV Anda. Apakah garis itu hanya muncul pada saluran TV atau muncul pada semua sumber yang tersambung ke TV. Jika garis-garis muncul pada sumber lainnya, Anda bisa mencoba membuka pengaturan perangkat dan sesuaikan resolusi serta pengaturan lainnya yang tidak sesuai dengan pengaturan TV Anda. 

Baca Juga: 5 Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam Ruangan

Jika garis horizontal hanya muncul pada saluran TV, Anda bisa menghubungi layanan penyedia TV untuk memberikan TV Anda perbaikan. Bisa jadi garis yang muncul adalah kesalahan pada sinyal atau dekoder. 

4. Memperbarui Perangkat Lunak atau Software 

Garis-garis horizontal juga bisa muncul akibat teknologi pada perangkat lunak yang tidak berada dalam teknologi terbaru. Jika hal ini terjadi, segera lihat manual TV Anda untuk mencari tahu bagaimana cara memperbarui software tersebut. Ini karena setiap TV memiliki caranya masing-masing dalam memperbarui software. Jadi akan lebih baik jika Anda membaca kembali buku manual, agar prosesnya berjalan dengan sempurna. 

5. Ubah Pengaturan TV LED ke Pengaturan Awal

Kesalahan garis-garis pada layar TV LED Anda, bisa terjadi karena ada pengaturan yang salah pada TV. Oleh karena itu ada baiknya untuk mengubah semua pengaturan yang telah Anda lakukan sebelumnya ke pengaturan awal saat Anda baru membeli TV tersebut. 

Jika garis-garis terus muncul, Anda bisa membawanya ke tempat servis resmi agar TV LED Anda dapat kembali pada keadaan yang baik. Namun jika Anda memerlukan TV dalam waktu cepat, Anda bisa sewa TV Jakarta di IndoRental. Dengan begitu Anda tidak perlu repot melakukan cara menghilangkan garis horizontal pada TV LED.