2 Cara Menghapus Pesan Email di HP dengan Mudah

2 Cara Menghapus Pesan Email di HP dengan Mudah

cara menghapus pesan email di hp
Tips dan Trik

Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara menghapus pesan email di HP? Terlalu banyak email yang tersimpan akan membuat memori HP penuh sehingga pasti Anda harus menghapus sebagian email yang tidak penting dan hanya memakan ruang memori HP saja.

Seiring dengan perkembangan zaman, kita tidak lagi membutuhkan komputer atau laptop untuk membuka email. Semua dapat dilakukan hanya dalam satu genggaman saja yaitu melalui HP Anda.

Adanya aplikasi email di dalam HP membuat Anda menjadi lebih fleksibel dalam melihat email yang masuk di manapun dan kapanpun. Apalagi sejak memasuki masa pandemi COVID-19, hampir sebagian besar aktivitas berpindah secara online sehingga dengan adanya email di HP membuat pekerjaan Anda tentu akan terasa lebih mudah.

Memang, HP memiliki kelebihan dari segi mobilitasnya yang memudahkan Anda untuk membuka email secara mudah. Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa tumpukan email yang Anda terima juga dapat memakan memori HP.

Memori HP yang terlalu penuh tentu akan membuat kinerjanya menjadi lebih lemot. Terlebih lagi jika email Anda disertai dengan berbagai file atau gambar dengan ukuran besar. Maka dari itu, Anda perlu menghapus beberapa email yang tidak penting atau sudah tidak digunakan lagi.

Melalui artikel ini, IndoRental akan memberikan informasi lengkap kepada Anda seputar cara menghapus pesan email di HP. Kami akan memberikan 2 cara untuk menghapus pesan email berdasarkan sistem operasi yang Anda gunakan yaitu Android atau iOS.

Bagaimana Cara Menghapus Pesan Email di HP Android?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan HP dengan sistem operasi Android. Apakah Anda tahu bahwa sistem operasi Android ini merupakan buatan Google? Maka dari itu, setiap jenis HP Android pasti dilengkapi dengan aplikasi bawaan dari Google seperti Gmail, Google Calendar, Google Photos, Google Music, dan lainnya.

Untuk membuka email, Anda sudah pasti dapat menggunakan aplikasi Gmail. Penggunaan aplikasi Gmail melalui HP dan komputer hampir mirip mulai dari pembuatan email, membalas pesan, dan bahkan menghapus pesan email.

Apabila Anda ingin menghapus email yang ada di Gmail, maka cara yang dapat dilakukan yaitu:

  • Masuk ke dalam folder email Anda.
  • Tekan foto profil atau icon yang ada di sebelah email atau tahan sentuhan pada email yang akan dibuang, lalu pilih icon tong sampah pada bagian atas. Email Anda sudah otomatis terbuang.
  • Anda dapat memilih beberapa email untuk dapat dibuang sekaligus.

Selanjutnya, mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana caranya untuk menghapus seluruh email sekaligus tanpa harus dipilih terlebih dahulu? Apakah ada cara cepat untuk menghapus seluruh email melalui HP?

Biasanya, beberapa orang memiliki 2 hingga 3 email yang dikhususkan untuk keperluan tertentu. Ada yang menggunakan 1 email tersebut sebagai email yang didaftarkan khusus untuk media sosial, promosi penawaran, dan lainnya.

Email yang digunakan untuk hal-hal tersebut tentu akan sering menerima pesan berisi notifikasi atau hal lainnya yang tidak terlalu penting untuk disimpan. Maka dari itu, Anda dapat langsung menghapus seluruh email dengan cara cepat.

Untuk dapat menghapus seluruh email tersebut, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Masuk ke dalam Google Chrome lalu masukkan URL mail.google.com/mail. Anda akan mendapati tampilan inbox Gmail seperti ketika membukanya melalui komputer.
  • Di bawah kolom pencarian pesan, Anda akan melihat atau check box. Centang box tersebut dan seluruh pesan akan otomatis tertandai lalu cari icon tong sampah.
  • Email Anda pada halaman pertama sudah berhasil dibuang.

Sebagai catatan, tampilan pesan yang disajikan biasanya memiliki batasan pesan mulai dari 50 pesan hingga ratusan pesan per halaman. Jadi, Anda hanya dapat menghapus seluruh pesan sekaligus dalam setiap halaman.

Baca Juga: Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail

Bagaimana Cara Menghapus Pesan Email di HP iOS?

Sistem operasi kedua yang juga tidak kalah populernya di kalangan masyarakat Indonesia adalah sistem operasi iOS. Sistem operasi ini hanya tersedia pada HP keluaran Apple atau yang bisa juga disebut dengan iPhone.

Para pengguna iPhone dapat mengakses email mereka melalui aplikasi Mail. Untuk menghapus email, Anda dapat langsung masuk ke dalam aplikasi Mail tersebut kemudian ikuti langkah berikut ini:

  • Tekan dan geser email ke arah kiri, lalu Anda akan melihat beberapa pilihan menu.
  • Pilih icon berbentuk lingkaran dengan tiga titik di tengahnya. Pilih Trash Message dan email Anda akan langsung dipindahkan ke folder Trash.
  • Untuk menghapus beberapa email sekaligus, Anda dapat masuk ke dalam Edit yang berada di sudut kanan atas. Kemudian centang email yang akan dihapus.
  • Langkah selanjutnya, silakan pilih Move > Move x Messages… > Trash Message dan email Anda sudah berhasil dihapus.

Apabila Anda ingin langsung menghapus seluruh pesan yang ada di dalam email tersebut, silakan ikuti cara yang sudah kami sampaikan sebelumnya pada bagian cara menghapus pesan melalui HP Android. Anda harus masuk terlebih dahulu ke dalam browser lalu mengunjungi URL mail.google.com/mail.

Baca Juga: Seperti Inilah Cara Melihat Password Email yang Lupa

Jadi, mudah sekali bukan cara untuk menghapus pesan email dari HP Anda? Apakah informasi di atas berguna untuk Anda?

Sebagai informasi tambahan, IndoRental ingin memberitahukan kepada Anda bahwa kami menyediakan jasa sewa HP Bandung. Melalui IndoRental, Anda dapat menyewa berbagai jenis HP sesuai dengan kebutuhan. 

Jadi, bagi Anda yang tinggal di Bandung dan membutuhkan pinjaman HP untuk urusan mendadak, silakan hubungi kami sekarang juga. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 2 cara menghapus pesan email di HP dengan mudah dan semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.