3 Cara Menghapus Channel TV dengan Mudah

3 Cara Menghapus Channel TV dengan Mudah

cara menghapus channel tv
Tips dan Trik

Ada beberapa cara menghapus channel TV yang dapat dengan mudah Anda lakukan. Jika Anda masih kebingungan dengan bagaimana cara melakukannya, maka tenang saja karena kami akan memberikan penjelasannya secara lengkap pada artikel ini.

Pada saat Anda melakukan proses pencarian channel TV memakai mode pencarian channel otomatis, biasanya Anda akan mendapati ada beberapa channel TV yang terduplikasi atau ada lebih dari satu. Hal ini terjadi karena pada mode pencarian channel otomatis biasanya sistem TV hanya menambahkan channel yang dirasa frekuensinya cocok dan bisa menampilkan gambar secara lancar.

Jika Anda tidak ingin mendapati channel TV yang terduplikasi, mau tidak mau Anda harus melakukan pencarian secara manual yang memakan lebih banyak waktu. Namun, Anda juga bisa menghapus channel TV yang terduplikat tersebut. Yuk simak caranya di bawah ini!

Bagaimana Cara Menghapus Channel TV pada TV LED atau LCD?

Jika Anda ingin merapikan urutan channel TV karena ada banyak channel duplikat, maka salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan menghapus beberapa channel TV yang terduplikasi tersebut. Selain menjadi lebih rapi, Anda juga akan lebih mudah dalam melakukan pencarian channel TV yang ingin Anda tonton.

Baca Juga: Kenali Penyebab TV Tidak Bisa Menangkap Siaran yang Harus Anda Ketahui

Selain itu, jika Anda memakai parabola, menghapus channel TV yang tidak diperlukan juga dapat mengurangi kapasitas memori yang dipakai oleh receiver. Berikut ini adalah beberapa cara menghapus channel TV yang dapat Anda lakukan:

Cara menghapus channel TV pada televisi tipe LCD maupun LED sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Namun sepertinya masih banyak orang yang mengalami kebingungan untuk melakukannya atau bahkan tidak tahu sama sekali bagaimana cara melakukannya.

Berikut ini adalah dua cara menghapus channel TV pada TV LED atau LCD:

1. Menggunakan Remote TV

Bagi Anda yang merasa masih kebingungan atau bahkan tidak tahu sama sekali mengenai cara menghapus channel TV pada TV LED atau LCD menggunakan remote TV tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama, nyalakan TV Anda terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, posisikan saluran yang Anda tonton pada channel TV yang ingin Anda hapus.
  • Lalu, pilih dan tekan tombol Menu yang ada pada remote TV Anda.
  • Setelah pilihan Menu muncul di layar TV Anda, pilih opsi Pengaturan Program.
  • Jika opsi Pengaturan Program telah terbuka, kemudian Anda dapat memilih opsi Edit Program.
  • Setelah itu, akan ada beberapa pilihan yang muncul di layar TV Anda, antara lain: Hapus channel, Beri nama channel, Ganti nomor urut channel, Sembunyikan channel, dan Kunci program. Nah, jika Anda ingin menghapus channel TV tersebut, pilih opsi Hapus channel.

Sebagai catatan, setiap merek TV biasanya memiliki tampilan Menu yang berbeda-beda. Langkah-langkah yang kami tunjukkan di atas adalah tampilan menu yang paling umum yang ada di TV. Jadi, sesuaikan saja dengan Menu yang ada di TV Anda.

Baca Juga: Mari Mengenali 6 Ciri TV LED yang Sudah Digital

2. Menggunakan Tombol Panel Pada TV

Untuk menghapus channel TV menggunakan tombol panel yang ada pada TV, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama, nyalakan TV Anda terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, tekan tombol Menu yang ada pada panel TV Anda.
  • Jika sudah, pilih Pengaturan.
  • Jika tampilan dari Pengaturan sudah terbuka, Anda dapat memilih opsi Channel.
  • Setelah tampilan dari opsi Channel sudah muncul di layar TV Anda, selanjutnya Anda dapat memilih opsi Pencarian Manual.
  • Nah, pada titik ini, Anda harus mengingat channel TV yang ingin dihapus ada di saluran nomor berapa, jika tidak Anda dapat mencarinya terlebih dahulu dan mencatat saluran nomor berapa saja yang ingin dihapus.
  • Jika Anda sudah mengetahui saluran mana saja yang ingin dihapus, selanjutnya Anda dapat memilih nomor tersebut di opsi Pencarian Manual.
  • Setelah itu, Anda akan melihat pilihan Hapus channel pada layar TV Anda.
  • Pilih opsi Hapus channel tersebut untuk menghapus channel TV yang tersimpan pada memori TV Anda tersebut.

Sekali lagi diingatkan, setiap merek TV biasanya memiliki tampilan Menu yang berbeda-beda. Langkah-langkah yang kami tunjukkan di atas adalah tampilan menu yang paling umum yang ada di TV. Jadi, sesuaikan saja dengan Menu yang ada di TV Anda.

Bagaimana Cara Menghapus Channel TV Pada Parabola Dengan Mudah?

Parabola membutuhkan receiver yang memiliki kapasitas memori yang terbatas. Jadi, jika Anda ingin mengosongkan memori tersebut agar lebih ringan, salah satu caranya adalah dengan menghapus beberapa channel TV.

Terkadang, Anda akan menemui beberapa channel TV yang tidak digunakan dan juga yang terduplikasi. Nah, ada baiknya jika Anda menghapus channel-channel tersebut untuk meringankan kapasitas memori dari receiver parabola Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menghapus channel pada parabola:

  • Pertama-tama, nyalakan receiver parabola dan juga TV Anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu, tekan tombol Menu yang ada pada remote receiver parabola Anda.
  • Pada layar TV Anda, akan muncul tampilan Menu yang berisi beberapa opsi, antara lain: Daftar Siaran, Instalasi, dan Sistem.
  • Dari tampilan daftar opsi tersebut, Anda dapat memilih opsi Daftar Siaran.
  • Selanjutnya, akan muncul kembali beberapa pilihan opsi pada layar TV Anda, yaitu Ubah Siaran TV dan Ubah Radio. Pilih opsi Ubah Siaran TV.
  • Jika sudah, tentukan channel TV mana yang ingin dihapus.
  • Selanjutnya, pilih opsi Ubah. Lalu pilih opsi Hapus.

Jika semua langkah-langkah di atas sudah diikuti, seharusnya channel TV tersebut sudah terhapus. Anda dapat melakukan cara ini kepada channel TV lain yang tidak digunakan dan terduplikasi.

Jika Anda sedang mencari tempat untuk sewa TV Jakarta, baik untuk keperluan pribadi atau acara organisasi, Anda dapat melakukannya di IndoRental. Semoga penjelasan mengenai cara menghapus channel TV pada TV LED, LCD, dan parabola ini dapat membantu Anda, ya!