Inilah Cara Menghapus Aplikasi di Laptop yang Tidak Bisa Dihapus Dengan Mudah

Inilah Cara Menghapus Aplikasi di Laptop yang Tidak Bisa Dihapus Dengan Mudah

cara menghapus aplikasi di laptop yang tidak bisa dihapus
Tips dan Trik

Bagaimana cara menghapus aplikasi di laptop yang tidak bisa dihapus? Masalah ini dapat muncul ketika Anda mencoba untuk menghapus beberapa program atau aplikasi dari laptop untuk berbagai alasan. Bisa untuk mengurangi jumlah aplikasi di laptop, mencoba untuk membuka lebih banyak ruang penyimpanan, atau berbagai macam alasan lainnya. Namun, ada beberapa aplikasi yang ternyata tidak bisa dihapus begitu saja. Biasanya aplikasi ini sudah ada sejak pertama kali Anda menghidupkan laptop atau aplikasi 3rd party yang Anda download.

Lantas cara seperti apa yang bisa Anda lakukan agar dapat menghapus aplikasi ini? Tidak perlu bingung karena pada artikel kali ini kita akan mencoba untuk membahas caranya menghapus aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dihapus.

Bagaimana Cara Menghapus Aplikasi di Laptop yang Tidak Bisa Dihapus?

Windows ataupun sistem operasi lainnya akan memberikan Anda kendali untuk bisa menginstall atau menghapus program yang ada di laptop. Umumnya, untuk menghapus aplikasi ini tidaklah sulit. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan:

  • Klik menu Start
  • Cari “Add or remove programs” pada bar pencarian
  • Klik halaman pengaturan
  • Temukan program yang Anda ingin hapus, klik sekali dan klik “Uninstall”
  • Ikuti instruksi yang diberikan
  • Tunggu hingga program berhasil di-uninstall

Cara di atas akan bisa dengan mudah menghapus berbagai macam program yang sebelumnya ter-install pada laptop. Namun, ada beberapa kasus beberapa aplikasi tidak bisa dihapus dengan cara ini. Beberapa bahkan tidak muncul pada halaman Add or remove programs. Lalu apa yang harus dilakukan?

Jika Anda mengalami hal ini, maka ada berbagai macam metode lainnya yang bisa digunakan untuk menghapus aplikasi di laptop Anda. Cara ini berbeda dengan cara di atas.

1. Gunakan Uninstaller Bawaan dari Aplikasi

Jika aplikasi yang ingin Anda hapus tidak bisa diuninstall begitu saja, maka cara ini merupakan salah satu yang bisa dicoba. Sebagian besar aplikasi pihak ketiga memiliki uninstaller tersendiri. Ini adalah program yang berada di folder root mereka yang berupa wizard penghapusan instalasi. Untuk menggunakan metode ini, maka Anda perlu melakukan:

  • Akses direktori di mana program atau aplikasi yang ingin dihapus terinstal. Contohnya seperti X:\Program Files\(Nama aplikasi). Atau Anda bisa langsung menuju folder di mana aplikasi tersebut terinstall. 
  • Lihat direktori untuk menemukan program penghapus aplikasi bernama uninstaller.exe atau uninstall.exe.
  • Setelah Anda menemukannya, klik dua kali untuk memulainya.
  • Ikuti petunjuk yang ada hingga proses uninstall berhasil diselesaikan.

2. Menggunakan Registry Editor

Seluruh aplikasi pihak ketiga yang pernah Anda instal di laptop pasti akan terdaftar di Registry Anda. Jika Anda menghapus semua jejak aplikasi dari Registry laptop, maka aplikasi tersebut akan terhapus dari laptop. Jika mengalami kesulitan ketika ingin menghapus aplikasi melalui metode yang biasa dilakukan, Anda cukup menghapus aplikasi tersebut menggunakan Registry Editor. Cara ini akan bisa menghapusnya secara efektif:

  • Tekan tombol Logo Windows + R.
  • Program Run akan berjalan.
  • Ketik regedit ke dalam dialog Run dan tekan Enter.
  • Di panel kiri Registry Editor, navigasikan ke direktori berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Uninstall.
  • Di panel kiri Registry Editor, temukan sub-key yang berkaitan dengan program atau aplikasi yang ingin dihapus.
  • Setelah menemukan hal tersebut, klik kanan dan klik Delete.
  • Klik Yes pada menu pop-up yang muncul berikutnya.
  • Setelah sub-key dari aplikasi sudah dihapus, tutup Registry Editor dan restart komputer Anda.

Baca Juga: Cara Membatalkan Restart Laptop Ketika Kamu Berubah Pikiran

3. Hapus Aplikasi Melalui Safe Mode

Masuk pada mode Safe Mode mungkin akan bisa menyelesaikan masalah yang satu ini. Saat dalam Safe Mode, satu-satunya hal yang diizinkan untuk berjalan di komputer Windows adalah aplikasi stok dan juga Command Prompt. Hal ini akan mengatasi gangguan yang datang dari pihak ketiga ketika Anda ingin menghapus sebuah aplikasi. Jika ingin menggunakan metode ini, Anda perlu:

  • Tekan tombol Logo Windows + R untuk membuka dialog Run.
  • Ketik msconfig ke dalam dialog Run dan tekan Enter untuk meluncurkan System Configuration.
  • Arahkan ke tab Boot dari System Configuration.
  • Aktifkan opsi Safe boot di bawah bagian Boot Options dengan mencentang kotak yang terletak tepat di sampingnya.
  • Klik Apply dan kemudian OK.
  • Klik Restart di kotak dialog yang muncul untuk segera me-restart komputer Anda.

Jika sudah masuk mode Safe Mode ini, coba uninstall program yang ingin Anda hapus sebelumnya. Anda bisa menggunakan cara-cara sebelumnya untuk menghapus aplikasi tersebut dalam mode Safe Mode ini.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika berbagai cara di atas tidak ada yang berhasil untuk dilakukan, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai macam jenis aplikasi penghapus program dari pihak ketiga. Anda bisa mendownloadnya di internet. Ada versi yang gratis, freemium, hingga yang premium dengan menawarkan banyak fitur. 

Baca Juga: Cara Mendownload Aplikasi di Laptop Windows 7

Hal yang satu ini mungkin akan menjengkelkan, namun beberapa cara di atas dapat membantu dalam menyelesaikan masalah Anda. Jika Anda sedang mencari laptop yang bisa disewa, maka kami punya solusinya. IndoRental menyediakan sewa laptop Jakarta yang bisa pilih sesuai kebutuhan. Dapatkan laptop berkualitas yang bisa Anda sewa dengan harga yang terjangkau. Segera kunjungi website kami untuk menemukan informasi lebih lanjut. Semoga informasi cara memperbaiki kamera laptop yang tidak berfungsi ini bisa membantu Anda.

Itulah berbagai macam cara untuk menghapus aplikasi di laptop yang tidak bisa dihapus. Semoga informasi di atas dapat memberikan solusi untuk Anda.