Cara Mengganti Wallpaper di Laptop Agar Lebih Menarik

Cara Mengganti Wallpaper di Laptop Agar Lebih Menarik

cara mengganti wallpaper di laptop
Uncategorized

Kita selalu melihat wallpaper yang klasik dan identik dengan brand laptop ketika membeli laptop baru. Atau, bisa juga Anda membeli laptop bekas dan pemilik lamanya lupa mengganti wallpaper-nya sehingga tidak cocok dengan kita. Daripada pusing, lebih baik Anda mengetahui cara mengganti wallpaper di laptop lewat artikel ini.

Wallpaper adalah latar belakang di desktop laptop atau komputer yang berupa gambar atau foto kita. Tampilan wallpaper tidak hanya sebuah gambar, tapi juga berupa slideshow berupa foto atau gambar yang sudah kita atur tampilannya dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Sebelumnya, kita harus mempunyai gambar yang ingin dijadikan wallpaper di laptop, bisa berupa foto yang dimiliki atau gambar yang diunduh dari internet. Pastikan juga gambar yang dijadikan wallpaper memiliki resolusi yang bagus, disarankan 1920 x 1080 pixels.

Resolusi ini sangat disarankan untuk menghindari gambar yang pecah atau blur saat dijadikan wallpaper. Apalagi gambar yang dipilih sebagai wallpaper otomatis dijadikan full screen atau memenuhi layar desktop, jadi memilih gambar yang jernih sangat dibutuhkan.

Cara Mengganti Wallpaper di Laptop Sesuai dengan Versi Windows

Biasanya, wallpaper diistilahkan dengan desktop background dalam pengaturan Windows. Kalian harus tahu, berbeda versi Windows yang digunakan, berbeda pula cara mengganti wallpaper laptop. Sebelum menggantinya, cari tahu dulu versi Windows di laptop kalian agar tidak kebingungan nantinya dengan cek spek laptop tersebut.

Inilah cara mengganti wallpaper di laptop sesuai dengan versi Windows-nya masing-masing.

1. Windows 7

Sistem operasi atau OS Windows 7 masih digunakan di mayoritas laptop hingga sekarang, meskipun tidak lagi mendapatkan update hingga saat ini. OS ini sudah menyediakan beberapa gambar yang bisa dijadikan wallpaper di settings sesuai dengan kategorinya, tapi Anda tetap bisa menggunakan foto sendiri.

Berikut ini adalah cara mengganti wallpaper di laptop dengan OS Windows 7 dengan cepat:

  1. Klik kanan pada bagian desktop yang kosong dan bersih dari ikon software. Setelah muncul menu, pilih Personalize.
  2. Kemudian, klik Desktop Background yang terdapat di bawah menu. Di sini, Anda akan melihat menu dan opsi gambar yang ingin dijadikan wallpaper yang disediakan Windows. Kalau sudah menemukan gambar yang diinginkan, langsung saja klik Save Changes.
  3. Kalau Anda ingin menggunakan gambar yang lain, klik Browse pada menu Picture Location, dan carilah gambar yang diinginkan.
  4. Pada menu Picture Position, Anda bisa memilih posisi gambar yang diinginkan. Disarankan memilih opsi Fill apabila ingin wallpaper tampil memenuhi layar desktop Anda.
  5. Kemudian, klik Save Changes dan keluarlah dari menu Control Panel apabila sudah selesai.

Anda juga bisa membuat wallpaper menjadi slideshow dari beberapa gambar yang sudah dipilih. Pada menu ‘Changes Picture Every…’, Anda bisa memilih jeda antara satu gambar dengan gambar lainnya.

Baca juga: 6 Cara Mengecilkan Tampilan Layar Laptop dengan Mudah

2. Windows 8

Mengganti wallpaper di OS ini terbilang sedikit rumit karena interface atau tampilannya yang sedikit beda dari pendahulunya, Windows 7. Tak ada salahnya untuk mengikuti cara mengganti wallpaper di bawah ini.

  1. Klik kanan bagian desktop yang kosong, kemudian pilih ikon All Apps yang terletak di bagian kanan bawah.
  2. Ketika muncul menu Windows System, pilihlah menu Control Panel.
  3. Kemudian, pilih Change Desktop Background di kategori Appearance and Personalization.
  4. Klik salah satu gambar yang ingin dijadikan wallpaper. Atau Anda bisa memilih gambar lain dengan menu Browse yang terletak di atas pilihan gambar.
  5. Apabila Anda ingin menampilkan slideshow di wallpaper, centanglah beberapa gambar yang diinginkan atau ‘Select All’ untuk menampilkan semua gambar. Jangan lupa untuk mengatur waktu tampil antar gambarnya dengan menu Change Picture Every.
  6. Setelah selesai mengatur tampilan wallpaper, tinggal klik Save Changes. Dan Anda akan mendapatkan wallpaper yang sesuai dengan keinginan.

Ada juga cara cepat untuk mengganti wallpaper di laptop, yaitu dengan menekan tuts Windows dan I pada keyboard secara bersamaan. Kemudian, pilih Personalization -> Desktop Background. Sisanya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas.

Baca juga: 4 Indikator Laptop yang Bagus Untuk Kerja

3. Windows 10

Atau mungkin Anda memiliki laptop dengan OS Windows yang paling mutakhir, yaitu Windows 10. Tampilan OS ini sangat sederhana tetapi elegan, sehingga memudahkan kita mengganti wallpaper di laptop tidak seperti pendahulunya.

Kelebihannya, OS ini bisa menampilkan preview di layar sesuai dengan gambar yang kita pilih sebelum kita memilihnya sebagai wallpaper. Langsung saja ikuti cara mengganti wallpaper di laptop untuk Anda penggemar Windows 10 ini.

  1. Klik kanan bagian desktop yang kosong, kemudian pilih Personalize. Anda bisa langsung melihat menu Background yang digunakan untuk mengatur wallpaper.
  2. Pada menu Background, pilih dulu jenis wallpaper apa yang ingin ditampilkan. Pilihan Picture untuk menampilkan gambar yang kita pilih, Slideshow untuk menampilkan beberapa gambar yang berbeda, atau Solid Color untuk menampilkan hanya warna polos.
  3. Pada bagian Choose your picture, pilihlah gambar yang diinginkan. Klik Browse apabila Anda ingin menampilkan gambar yang lain.
  4. Kemudian, atur ukuran tampilan dengan menu choose a fit.
  5. Setelah selesai mengatur wallpaper, klik Save dan keluarlah dari menu.

Itulah cara mengganti wallpaper di laptop yang bisa Anda lakukan sesuai dengan jenis OS yang dimiliki. Bila Anda adalah warga Jakarta Barat dan membutuhkan laptop yang kompatibel untuk pekerjaan, cobalah menggunakan jasa sewa laptop Jakarta Barat dari Indorental ini. Kami juga melayani konsultasi sehingga Anda bisa mengetahui spesifikasi laptop yang dibutuhkan untuk pekerjaan atau kegiatan.

Baca juga: 5 Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop