Cara Menggabungkan File Word ke PDF Tanpa Aplikasi Online

Cara Menggabungkan File Word ke PDF Tanpa Aplikasi Online

cara menggabungkan file word ke pdf
Tips dan Trik

Cara menggabungkan file Word ke PDF bisa dilakukan dengan trik sederhana tanpa harus terhubung dengan jaringan internet. Hasil file PDF-nya pun tidak kalah rapi dibandingkan dengan cara online tersebut. Langkah ini lebih mudah dilakukan, apalagi jika laptop sedang tidak bisa terhubung ke jaringan internet.

Terlepas dari banyaknya situs untuk mengelola file PDF di internet, tidak sedikit yang memilih untuk mengoperasikannya secara offline. Bayang-bayang kecemasan antara pencurian data hingga jaringan internet yang tidak bisa diakses membuat orang lebih memilih cara offline. Fitur yang ditawarkan secara offline di laptop juga tidak kalah lengkap.

Bagaimana Cara Menggabungkan File Word ke PDF dengan Mudah?

Dokumen seperti skripsi, makalah, laporan, naskah buku dan sejenisnya sering dibuat dalam file Word yang berbeda demi memudahkan proses pengeditan. Pemilik dokumen pun bisa mengakses data di dalamnya tanpa perlu menggulir lebih banyak halaman.

Beberapa file Word tersebut kemudian harus disatukan dalam format PDF agar lebih nyaman dibaca secara keseluruhan. File berformat PDF juga memungkinkan agar tampilan dalam dokumennya tidak mudah berubah saat dibaca. Tampilan dokumen terlihat lebih rapi saat di-print apabila formatnya sudah diubah menjadi bentuk PDF.

Baca Juga: Miliki 7 Aplikasi PDF di Laptop Anda Sekarang

Sayangnya, masih ada yang bingung dengan cara menggabungkan file Word ke format PDF. Tidak sedikit orang menggunakan situs file converter sebagai solusinya. Sah-sah saja jika memilih cara tersebut, tapi tidak semua situs memiliki file untuk menggabungkan beberapa file Word.

Anda tidak perlu berselancar di internet hanya untuk menggabungkan beberapa file Word menjadi PDF. Laptop dengan sistem operasi (OS) Windows dan Mac pun memiliki fitur untuk menjalankan perintah tersebut. Langkah yang dilakukan tidak sulit, cukup ikuti panduan di bawah ini dengan sabar.

1. Menggunakan OS Windows

Anda harus memastikan bahwa file Word yang digabungkan sudah di-rename sesuai dengan urutannya. Misalnya, file skripsi di-rename dengan ‘Bab 1’, ‘Bab 2’, dan seterusnya. Langkah ini wajib agar Anda tidak perlu lagi mengatur urutan halaman saat menggabungkan file.

  • Buka Word, kemudian buat dokumen baru. Bisa juga dengan menggunakan shortcut CTRL + N di aplikasinya.
  • Klik tab ‘Insert’, kemudian pilih ‘Object’ yang berada di bagian ‘Text’.
  • Klik tanda panah di sebelah ikon ‘Object’ tersebut, kemudian pilih ‘Text from File…’
  • Kemudian, muncul jendela ‘Insert File’. Pilihlah beberapa file Word yang ingin Anda gabungkan. Setelah memilih file-nya, klik ‘Insert’.
  • Cek lagi file-nya untuk memastikan bahwa urutan halamannya sudah benar.
  • Simpan file dengan format PDF. Caranya, klik ‘Save As’, kemudian klik ‘Browse’. 
  • Di bagian ‘Save as type’, pilih format PDF. Klik opsi ‘Standard (publishing online and printing) pada bagian ‘Optimize for’. Kemudian, klik Save.

Baca Juga: Inilah Cara Menambah File di Word yang Mudah

2. Menggunakan OS Mac

Pengguna Macbook juga dihadapkan dengan format file yang berubah saat membuka file Word. Pasalnya, software pengolah kata di Mac memiliki format yang berbeda dengan Windows, membuat tampilan file Word terlihat lebih berantakan. Solusi yang bisa dilakukan adalah mengubah file tersebut ke format PDF.

Namun, bagaimana jika ingin menggabungkan beberapa file menjadi satu? Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan bernama Preview. Hanya saja, semua file Word tersebut harus diubah ke format PDF sebelum digabungkan.

Setelah semua format file Word diubah, lakukan langkah-langkah menggabungkan file di bawah ini.

  • Buka dokumen PDF yang ingin digabungkan.
  • Pilih opsi ‘Edit’, kemudian pilih ‘Insert’ dan klik ‘Page from File…’
  • Pilin beberapa dokumen yang ingin digabungkan, kemudian klik ‘Open’.
  • Simpan dengan menekan shortcut ‘Command + S’.

Tanpa menggunakan website pun, Anda bisa menggabungkan beberapa file Word ke format PDF dengan mudah. Laptop atau komputer di rumah sedang mengalami kendala dan Anda memiliki tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan? Gunakan saja layanan sewa laptop dari Indorental yang bisa disewa harian, mingguan, dan bulanan. Anda tidak perlu menunda-nunda pekerjaan karena laptop rusak, karena penyewaan laptop di Indorental bisa menjadi solusi andalan.

Agar cara menggabungkan file Word ke PDF di atas berhasil, lakukan dengan teliti dan perhatikan urutan dokumen yang ingin digabungkan, ya.