Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop dengan Mudah

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop dengan Mudah

cara mengetahui spesifikasi laptop
Uncategorized

Anda perlu tahu bahwa cara mengetahui spesifikasi laptop sangatlah mudah dan bahkan ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencari informasi lengkap mengenai spesifikasi laptop. Sebelum kami membahas lebih lanjut mengenai cara mengetahui spesifikasi laptop, apa saja sih informasi yang dapat diketahui melalui spesifikasi laptop?

Dalam informasi spesifikasi laptop, Anda dapat mengetahui beberapa hal mulai dari model laptop yang digunakan, kecepatan prosesornya, hingga seberapa bagus kemampuan laptop tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui berapa banyak ruang kapasitas penyimpanan pada laptop yang digunakan hingga kemampuan adapter jaringan seperti ethernet ataupun WiFi.

Sekarang, setelah mengetahui apa itu spesifikasi laptop, kami akan memberikan informasi yang dapat Anda gunakan untuk mencari tahu spesifikasi dari laptop yang digunakan. Cara ini tentu saja dapat digunakan untuk mengetahui spesifikasi komputer, namun khusus bagi pengguna sistem operasi Windows saja.

Bagaimana Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop?

Berikut ini, ada 4 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui spesifikasi laptop, yaitu:

1. Melalui This PC atau My Computer

Cara yang pertama dan tentunya sangat mudah untuk dilakukan adalah dengan melalui ‘This PC’ atau ‘My Computer’ Anda. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan masuk ke dalam ‘Windows Explorer’ atau cukup menekan tombol ‘Windows + E’ secara bersamaan, kemudian cari ‘This PC’ pada kolom di sebelah kiri.

Setelah itu, klik kanan pada ‘This PC’ kemudian pilih ‘Properties’. Maka selanjutnya layar laptop Anda akan menampilkan spesifikasi laptop secara rinci. Cara ini mudah sekali, bukan?

2. Melalui Settings

Cara mengetahui spesifikasi laptop yang kedua adalah melalui ‘Settings’. Anda hanya perlu masuk ke dalam bagian ‘Settings’ pada laptop, kemudian pilih menu ‘System’ > ‘About’, kemudian spesifikasi laptop akan muncul persis seperti rincian informasi bila menggunakan cara pertama.

3. Menggunakan Command Prompt

Kata ‘command prompt’ pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda sebagai pemilik laptop ataupun komputer, bukan? Secara penjelasan awamnya, ‘command prompt’ adalah sebuah software yang dapat digunakan dengan memasukkan perintah-perintah tertentu.

‘Command prompt’ ini juga dapat digunakan untuk mengetahui spesifikasi laptop yang Anda gunakan. Anda hanya perlu masuk ke dalam ‘Command Prompt’ melalui kolom search bar, kemudian masukan kata “systeminfo’ lalu tekan enter dan seluruh rincian spesifikasi laptop akan ditampilkan.

4. Menggunakan DXdiag

DXdiag atau DirectX Diagnostic Tools merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui spesifikasi laptop. Caranya sangat mudah, Anda dapat langsung menekan tombol ‘Windows + R’ secara bersamaan, kemudian akan muncul comment box.

Masukkan “dxdiag” pada bagian kolom yang tersedia lalu klik ‘OK’. Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan spesifikasi laptop atau komputer yang digunakan saat ini.

Baca juga: 4 Indikator Laptop yang Bagus Untuk Kerja

Bagaimana Cara Membaca Spesifikasi Laptop?

Mungkin beberapa dari Anda ada yang bingung, setelah spesifikasi laptop muncul pada layar monitor, lalu bagaimana cara membacanya? Apa itu CPU, RAM, VGA, dan lainnya? Oleh karena itu, simak pembahasan berikut ini karena IndoRental akan menjelaskan secara rinci mengenai cara membaca spesifikasi laptop, yaitu:

  1. CPU (Central Processing Unit) / Processor: Bisa dibilang, processor adalah part terpenting di balik berjalannya sebuah laptop atau komputer. Mayoritas laptop menggunakan processor dari produk Intel Core. Semakin tinggi angka seri dari produk Intel Core sebuah laptop, maka semakin tinggi pula kemampuan kerjanya. Sebagai contoh, Core i5 tentu lebih baik dari Core i3, namun Core i7 merupakan processor keluaran Intel yang lebih baik lagi.
  2. RAM / Memory: RAM menunjukkan kapasitas kerja maksimum dari sebuah laptop. Biasanya ukuran RAM terdiri dari 4GB, 8GB, dan 16GB.
  3. Storage Unit: Anda tentu tahu dan paham betul bahwa storage unit menunjukkan seberapa besar kapasitas ruang penyimpanan pada laptop, bukan?
  4. Display: Spesifikasi laptop juga dapat menunjukkan spesifikasi layar yang digunakan. Biasanya Anda dapat mengetahui apakah layar laptop yang digunakan menggunakan layar LED atau LCD.
  5. Sistem Operasi: Anda juga dapat mengetahui sistem operasi Windows manakah yang dipasang pada laptop tersebut.
  6. VGA: Tingginya kualitas layar laptop bergantung pada seberapa bagus VGA yang digunakan. Jika Anda memiliki keperluan desain ataupun gaming, maka sangat penting untuk mencari laptop dengan VGA yang baik.

Dari keempat cara di atas, cara manakah yang akan Anda coba untuk mengetahui spesifikasi laptop dengan mudah? Seluruh cara di atas terlihat sangat mudah sekali untuk dilakukan, bukan?

Sebagai informasi tambahan, IndoRental akan memiliki jasa penyewaan alat-alat elektronik seperti printer, mesin fotocopy, komputer, bahkan hingga laptop. Oleh karena itu, jika ada yang membutuhkan laptop untuk urusan pekerjaan, khususnya untuk yang tinggal di daerah Bandung, silakan gunakan jasa layanan sewa laptop perusahaan dari IndoRental dan jangan lupa untuk melakukan percobaan dari salah satu cara mengetahui spesifikasi laptop di atas karena siapa tahu, spesifikasi laptop kami merupakan spesifikasi laptop yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan Anda.