4 Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang

4 Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang

cara mengembalikan suara tv yang hilang
Uncategorized

Cara mengembalikan suara TV yang hilang sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, hanya saja Anda harus mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu. Suara TV yang tiba-tiba menghilang sendiri merupakan masalah yang cukup normal, baik itu pada TV LED, LCD, maupun tabung.

Masalah tersebut biasanya dapat terjadi karena beberapa faktor, dan yang paling umum adalah adanya masalah pada sistem speaker atau IC audio dan diperlukan penggantian. Namun selain kedua masalah tersebut, ada beberapa faktor lainnya juga.

Berikut ini adalah hal yang menyebabkan suara TV hilang dan cara mengembalikan suara TV yang hilang.

Kenapa TV Tidak Ada Suara?

Suara TV yang tiba-tiba hilang dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain:

1. Fitur Mute Aktif

Pada remote TV terdapat satu tombol yang berfungsi untuk mengecilkan volume menjadi 0 (nol) atau menghilangkan suara secara keseluruhan, yaitu tombol Mute. Terkadang seseorang tidak sengaja menekan tombol yang satu ini dan otomatis suara TV pun akan hilang tapi gambar tetap normal.

2. Speaker TV Rusak

Dalam beberapa kasus, TV LED dan tabung sering menemukan kerusakan pada speaker TV, baik itu kabel konektor yang putus atau kabel yang melingkar di dalam speaker. Sebenarnya kerusakan speaker TV jarang terjadi, namun bukan tidak mungkin jika speaker justru rusak dan menjadi penyebab utama TV tidak mengeluarkan suara.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Garis Horizontal Pada TV LED Anda

3. Blok Audio Bermasalah

Pada blok ini terdapat beberapa komponen, diantaranya IC audio dan komponen kecil di sekitarnya. Jika TV Anda tidak mengeluarkan suara, maka ada kemungkinan bahwa IC audio rusak, retak, atau kaki-kaki IC tidak lagi menempel dengan sempurna. Selain itu, tidak jarang juga ditemukan masalah jalur audio yang rusak setelah pengukuran menggunakan multitester.

Bagaimana Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang?

Jika Anda sudah mengetahui penyebab mengapa suara TV Anda tiba-tiba menghilang, maka selanjutnya Anda bisa menemukan cara mengembalikannya, antara lain:

1. Nyalakan Ulang TV

Sebelum melangkah lebih jauh, disarankan untuk mencabut kabel TV selama beberapa menit, lalu hidupkan TV kembali. Tip sepele ini terkadang bekerja pada beberapa jenis TV, terutama pada TV LED atau yang sudah dilengkapi dengan sistem reboot.

Jika masih tidak bisa juga, Anda perlu mencoba mencabut kabel dan mematikan TV selama beberapa jam agar mesin dan semua komponennya tidak terlalu panas karena digunakan dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Semut di TV LED dan Penyebabnya

2. Matikan Fitur Mute

Ada banyak tombol yang terdapat pada remote TV, dan ada salah satu tombol yang berfungsi untuk meredam suara yaitu tombol “Mute”. Jika tombol ini tidak sengaja tertekan, maka otomatis suara TV pun akan hilang.

Selain itu, jika tombol ini aktif biasanya Anda akan melihat ikon speaker disilangkan di sudut bawah atau atas layar TV Anda. Untuk menonaktifkannya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan kembali tombol mute atau volume + pada remote TV.

3. Reset Pengaturan Suara (TV LED)

Biasanya, beberapa merk TV LED dilengkapi dengan menu yang memungkinkan Anda untuk mengatur ulang pengaturan suara ke versi pabrik. Menu ini ada di opsi “Suara” dan Anda dapat membukanya menggunakan remote.

Setelah reset selesai, pengaturan suara seperti equalizer, sound balance, auto volume, audio delay, dan sound feedback juga perlu disesuaikan dengan kenyamanan Anda.

Baca Juga: Mengenal TV Digital, Teknologi Televisi yang Semakin Terdepan

4. Cek Kondisi Speaker ke Ahli Elektronik

Jika hal-hal di atas masih tidak bisa mengembalikan suara TV Anda yang hilang, maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan atau perbaikan ke tenaga profesional. Jangan sampai Anda melakukan perbaikan sendiri, jika Anda tidak begitu mengerti takutnya hal tersebut hanya akan merusak kondisi TV Anda lebih parah lagi.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Jika Anda sedang mencari tempat untuk melakukan sewa TV Jakarta, maka Anda dapat melakukannya di IndoRental. Semoga cara mengembalikan suara TV yang hilang pada artikel ini dapat membantu Anda, ya!