Inilah Cara Mengecilkan Tampilan Layar Laptop Anda

Inilah Cara Mengecilkan Tampilan Layar Laptop Anda

cara mengecilkan tampilan layar laptop
Tips dan Trik

Ketika dihadapkan tampilan layar laptop terlalu besar, kita bingung mencari cara mengecilkan tampilan layar laptop, lantaran tidak ada panduan pasti yang tersedia. Ada pula kondisi di mana ukuran layar laptop sudah fit to screen, tapi tulisan atau konten di dalamnya terlalu besar sehingga tidak nyaman untuk dilihat. Tampilan layar yang terlalu besar juga membuat kita harus menggeser layar ke samping hanya untuk melihat kontennya secara lengkap, karena layar tidak mampu menangkap semua informasi yang terlalu banyak.

Tentunya, semua keluhan di atas juga menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas dengan laptop. Lagipula, jarak antara laptop dengan tubuh kita bisa dibilang cukup dekat, sehingga mata kita merasa tidak nyaman apabila kita terus-terusan melihat layar. Selain itu, kita juga butuh mengecilkan layar saat sedang bekerja, terutama ketika membuat worksheet dengan menggunakan Microsoft Excel atau Google Spreadsheet, agar konsentrasi kita tidak buyar saat memasukkan data.

Bagaimana Cara Mengecilkan Tampilan Layar Laptop?

Jangan khawatir, Indorental akan membagikan cara mengecilkan tampilan layar laptop yang mudah dipraktikkan. Jenis browser yang digunakan juga memiliki cara mengecilkan layar yang berbeda. Belum tentu cara mengecilkan layar di Google Chrome sama dengan tips menggunakan Mozilla Firefox atau Microsoft Edge. Yuk, ketahui beberapa shortcut dan trik mengecilkan tampilan layar laptop.

1. Menggunakan keyboard

Tips ini adalah cara paling praktis yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan tampilan layar laptop. Anda cukup menekan tombol Ctrl dan minus (-) secara bersamaan hingga mencapai tampilan layar laptop yang diinginkan. Selain untuk mengecilkan tampilan, Anda juga dapat Mematikan Laptop dengan Keyboard

2. Menggunakan trackpad atau mouse

Selain menggunakan keyboard, Anda juga bisa mengecilkan layar dengan trackpad atau mouse. Cara ini lebih menantang, sebab trackpad lebih sulit dikendalikan. Bila tidak teliti, Anda bisa mendapatkan ukuran layar yang tidak ideal. Oleh karena itu, tips ini lebih cocok digunakan untuk pengguna mouse.

Tipsnya, tekan dan tahan tombol Ctrl. Kemudian scroll roda mouse atau trackpad Anda ke bawah sehingga mencapai ukuran layar yang diinginkan.

3. Menggunakan Google Chrome

Apabila Anda berselancar dengan Google Chrome, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan tampilan layar. Caranya, klik ikon menu yang ditandai dengan tiga titik vertikal. Posisinya ada di kanan atas, sejajar dengan kolom URL bar.

Kemudian, pilih menu Zoom. Di situ ada pilihan (-) dan (+) untuk mengatur ukuran layar Anda. Klik simbol minus (-) beberapa kali hingga Anda mencapai ukuran layar yang diinginkan. Angka 100% merupakan ukuran layar yang ideal untuk digunakan, tapi Anda bisa mengecilkannya apabila ukuran tersebut tidak membuat Anda nyaman untuk browsing.

4. Menggunakan Mozilla Firefox

Berbeda jenis aplikasi browsing yang digunakan, berbeda pula ikon dan tampilan yang Anda lihat. Namun, caranya hampir mirip. Dengan aplikasi Mozilla Firefox, klik ikon tiga baris yang Anda di kanan atas.

Kemudian, pilihlah menu Zoom, dan klik ikon minus (-) beberapa kali hingga Anda mendapatkan ukuran layar yang diinginkan.

Baca juga: 4 Indikator Laptop yang Bagus Untuk Kerja

5. Menggunakan Microsoft Edge

Lain pula cara mengecilkan tampilan layar laptop dengan Microsoft Edge. Untuk mengecilkan tampilan layar laptop, ikon Menu yang dipilih disimbolkan dengan tiga titik horizontal. Setelahnya, pilihlah menu Zoom dan klik ikon minus (-) berkali-kali hingga layar laptop Anda memiliki tampilan yang sesuai.

6. Mengubah Resolusi Layar

Terakhir, Anda juga bisa mengubah resolusi layar laptop menjadi lebih kecil. Tentunya, cara ini dilakukan melalui menu Settings yang terdapat di menu Start. Caranya, klik ikon Start yang merupakan ikon Windows. Anda juga bisa menggunakan tombol Windows yang ada di keyboard. Kemudian, klik menu Settings.

Setelah masuk ke dalam jendela Settings, klik System. Kemudian klik Display, dan scroll ke bawah hingga Anda menemukan menu Display Resolution. Di beberapa versi Windows, menu ini ada setelah Anda mengklik Advanced Display Settings yang terdapat di bagian bawah menu Display.

Pada opsi Display resolution, pilihlah resolusi yang diinginkan. Semakin besar angkanya, layar akan terlihat semakin mengecil. Apabila Anda sudah mendapatkan tampilan yang diinginkan, klik Keep Changes. Anda harus mengkonfirmasinya dalam 15 detik sebelum ukuran layar kembali seperti semula.

Tips terakhir ini tidak hanya mengecilkan tampilan layar laptop di browser, tetapi juga seluruh tampilan layar di laptop Anda. Oleh karena itu, pilihlah resolusi layar yang Anda inginkan dan cocok untuk melakukan kegiatan serta pekerjaan di laptop.

Enam cara mengecilkan tampilan layar laptop di atas sangat mudah dipraktikkan, bukan? Niscaya, Anda akan menikmati browsing di laptop dengan ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila Anda berada di Bandung dan sedang laptop yang kompatibel dengan kebutuhan pekerjaan ataupun event, hubungi Indorental sekarang juga. Kami menyediakan jasa sewa laptop sesuai dengan permintaan dan spesifikasi yang dibutuhkan, sehingga Anda tidak perlu khawatir pekerjaan akan terbengkalai.

Baca juga: 3 Cara Screenshot di Laptop Windows dan Mac